6 Kekayaan Sumber Daya Alam Teratas yang Dibutuhkan Demi Kelangsungan Makhluk Hidup

Publish by -407 kali dilihat
Penulis: Redaksi
6 Kekayaan Sumber Daya Alam Teratas yang Dibutuhkan Demi Kelangsungan Makhluk Hidup
Ilustrasi-foto/fixabay.com

Klikhijau.com Lingkungan menjadi salah satu faktor pendukung kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Tentu saja karena lingkungan menyediakan beragam sumber untuk melangsungkan hidup, seperti makanan, minuman, dan lain sebagainya. Inilah yang disebut kekayaan alam atau sumber daya alam.

Kekayaan alam menjadi sesuatu yang dapat digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan kata lain, alam menyediakan kekayaan yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kesejahteraan hidupnya.

Ada enam jenis sumber daya alam teratas yang harus dimanfaatkan oleh manusia untuk bertahan hidup, yakni:

  1. Tanah

Tanah menjadi penyusun utama litosfer dan memiliki banyak sumber mineral penting bagi manusia maupun organisme lain. Tanah membentuk seperlima dari permukaan bumi (sekitar 13,393 juta hektar).

Sekitar 36,6 persen dari luas daratan digunakan sebagai tempat tinggal manusia, pabrik, jalan, rel kereta api, rawa, es, kutub, pegunungan, hingga bebatuan. 30 persennya terdiri dari daratan yang berada di bawah hutan, sekitar 22 persen ditempati oleh padang rumput dan hanya 11% persennya saja yang subur dan digunakan untuk bercocok tanam.

KLIK INI:  Catat, Ini Tempat Wisata Indonesia dengan Pemandangan Alam Menakjubkan!
  1. Air

Air adalah penyusun utama hidrosfer dan menutupi hampir empat per lima permukaan bumi. Faktanya, air telah menjadi bagian dari hidup kita. setiap milimiter kubik udara dan bahkan gurun yang kering pun memiliki kandungan uap air

Volume total air yang berada didalam hidrosfer adalah 1,4 miliar kilometer kubik, sekitar 97,5% air di bumi ini asin, sedangkan 2,5% air di bumi ini tawar dan kedua jenis air ini tidak bisa digunakan langsung oleh manusia.

Sebagian besar air tawar telah membeku sebagai es kutub sebesar 1,97%. Air tawar yang tersisa dan menjadi air tanah sebanyak 0,5%  saja. Air danau dan sungai 0,02%, tanah 0,01%, dan atmosfer 0,001%. Jadi, air yang bisa kita konsumsi hanya sebagian kecil saja.

  1. Daratan

Daratan menjadi penyusun utama litosfer dan merupakan kekayaan sumber daya alam terpenting bagi manusia dan organisme lain. Seperempat bumi ini dibentuk oleh daratan yang sebagain besar tertutup oleh hutan, padan rumput, pemukiman, pedesaan, hingga pertanian.

KLIK INI:  Siti: Minggu Depan Kita Sudah Harus Berlari Kencang

Sekitar 36,6 persen daratan ditempati oleh manusia dan didirikan tempat tinggal, pabrik, jalan, rel, kereta api, gurun, bukit pasir, rawa, bebatuan, hingga pegunungan. Sekitar 30 persen total daratan berada di bawha hutan dan 22 persennya ditempati oleh padang rumput dan hanya 11% saja yang digunakan untuk pertanian. Ada juga lahan basah yang berupa dataran rendah dan tertutup air dangkal. Inilah yang menjadi zona peralihan antara darat dan perairan.

  1. Energi

Krisis energi menjadi salahs atu masalah yang terjadi saat ini. Jika masalah ini tidak segera diatasi, maka kelangsungan hidup manusia pun akan terganggu, terlebih populasi manusia yang semakin meningkat akan membuat kebutuhan energi semakin banyak.

Masyarakat industri yang berada di abad 19 menggunakan bahan bakar fosil dan penggunaannya terus meningkat akibat pemakaian dalam berbagai bidang, seperti pertahanan, transportasi, komunikasi, hingga kenyamanan.

Saat ini sumber daya energi dunia telah mencapai tahap kritis. Salah satunya adalah karena bergantungnya manusia secara total pada bahan bakar fosil, batu bara, minyak bumi, hingga gas alam yang menyebabkan penipisan, bahkan diperkirakan bahan  bakar ini hanya bisa bertahan beberapa abad lagi.

KLIK INI:  Sulsel Gandeng KLHK Gagas Satgas Gakkum Lingkungan
  1. Kelautan

Lautan menutupi hampir tiga perempat permukaan bumi. Laut sendiri telah menjadi sumber kebutuhan bagi manusia sejak jaman dahulu. Populasi manusia yang berkembang sangat cepat dan majunya industri membuat terjadinya tekanan besar pada sumber daya dan lingkungan laut.

Sumber daya tanah saat ini semakin menipis dan sebagai gantinya, banyak yang berpikir untuk mulai beralih mengeksploitasi dan memanfaatkan sumber daya laut. Sumber daya laut sendiri dibedakan menjadi dua, yakni sumber daya hayati seperti ganggang dan hewan laut serta kekayaan alam non hayati, seperti mineral.

  1. Mineral

Mineral menjadi elemen penting dalam pembentukan dan fungsi tubuh makhluk hidup, termasuk manusia. Sebagian besar elemen mineral masuk ke dalam tubuh melalui makanan (rantai makanan). Sayangnya, mineral yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari ini menjadi sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Mineral sendiri terbagi menjadi dua, yakni logam yang meliputi emas, besi, tembaga, perak, platina, dan sebagainya serta non logam yang terdiri dari pasir, batu, garam, fosfat, belerang, asbes, dan sebagainya.

Itulah 6 kekayaan alam teratas yang paling dibutuhkan setiap mahluk hidup untuk bertahan di bumi, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  UU Lingkungan Hidup Perlu Harmonisasi Secara Hukum dan Pelaksanaan
Editor: Ahmad Fikri

KLIK Pilihan!