Cetar Mempesona, Ini 8 Karya Daur Ulang Sampah Terbaru yang Mengagumkan!

Publish by -916 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
daur ulang sampah plastik semakin kreatif
Bunga-bunga plastik dari limbah plastik sekali pakai-Foto/Liean

Klikhijau.com – Para penggiat daur ulang sampah plastik semakin kreatif. Mereka sukses menghasilkan beragam karya bermutu dengan ide-ide brilian. Hasil karya mereka pun semakin mendapat tempat di hati masyarakat. Terlebih karya daur ulang sampah itu menjadi bagian dari upaya meminimalkan beban plastik sekali pakai, yang kini semakin mencemaskan.

Menariknya, para penggiat atau pengrajin itu tidak segan-segan memposting hasil karyanya di sosial media. Mereka tidak takut ide kreatifnya ditiru orang lain. Justru sebaliknya, mereka saling berbagi pengetahuan dan pengalaman satu sama lain demi kesempurnaan karyanya.

Mereka saling mengapresiasi, memberi pujian dan masukan. Paling penting adalah mereka ingin menebarkan praktik cerdas yang digelutinya agar dilakukan banyak orang. Ada semacam kesadaran mendalam bahwa gerakan daur ulang perlu dukungan yang lebih massif lagi. Dengan cara itu, kelak semakin banyak orang paham bahwa satu cara terbaik menghadapi beban sampah adalah dengan daur ulang.

Sahabat Hijau, kami mengikuti secara intens perkembangan karya-karya kreatif daur ulang sampah. Diantaranya melalui satu grup Facebook Kreasi Daur Ulang Indonesia (KDUID). Di grup ini, karya-karya keren dipajang langsung pembuatnya. Berikut ini kami merangkum 8 karya daur ulang yang sangat mengagumkan dan bernilai seni tinggi.

KLIK INI:  Baru Dicanangkan, Jawi-Jawi Mangrove Mulai Intens Berkolaborasi
  1. Angrek bulan cantik dari kantong kresek
bunga angrek
Angrek bulan cantik dari kantong kresek-Foto/Nadia Craft

Pesona angrek memang sangat disenangi banyak orang. Memiliki angrek tentu satu kebanggan luar biasa. Sayangnya, harga bunga angrek semakin tinggi seiring permintaan pasar yang massif. Kamu tidak perlu khawatir, sebab ada replika bunga angrek yang benar-benar mirip aslinya.

Dikreasi oleh Nuraini Aini dari Nadila Craft, karya kerennya ini diposting di grup KDUID. Tampilannya sangat menarik. Tak heran bila puluhan komentar positif berdatangan pada pemilik karya ini. Perpaduan warna terang kuning, pink dan hijau membuat angrek bulan ini sangat otentik dan menggoda. Jangan salah, karya ini dibuat dari limbah kantong kresek yang selama ini banyak mengotori lautan kita.

  1. Tempat permen dari koran bekas
Tempat permen
Tempat permen dari koran bekas-Foto/Naning Hudiyono

 Bila terlihat sepintas, tempat permen ini tampak seperti guci yang  terbuat dari tanah liat. Warnanya yang cokelat berkilauan, terlihat seperti benda antik. Jangan salah, ini hanyalah benda yang dibuat dari koran-koran bekas. Karya ini diperkenalkan oleh Naning Hudiyono pada 3 Maret 2020. “Salam 3R dari Purwodado Grobongan,” tulis Naning di grup KDUID.

KLIK INI:  Margini, Ratu Daur Ulang Sampah dari Riau yang Karya-Karyanya Memukau
  1. Tas rajut dari plastik kresek bekas
tas rajut dari plastik
Tas rajut dari plastik kresek bekas-Foto/Reny

Karya satu ini dibuat oleh Reny Puspitaningrum dari Yogyakarta. Beragam tas-tas menarik berhasil dihasilkan oleh Reny. Sepintas terlihat, buah tangan Reny ini seperti benda super mahal yang terbuat dari bahan tertentu. Faktanya, tas ini dibuat dari kantong kresek bekas. Corak dan warnanya yang terang dan dinamis bakal membuat kamu tertarik memiliki tas daur ulang ini.

  1. Sajadah tikar dari bungkus kopi
sajadah tikar dari plastik bekas
Sajadah tikar dari bungkus kopi-Foto/Mbah Wage

 

Tikar atau sajadah hasil daur ulang seperti ini dibutuhkan saat perayaan hari raya di lapangan terbuka. Selain ramah lingkungan, benda satu ini dapat menekan penggunaan koran dan plastik yang selama ini jadi sampah buangan. Dishare oleh akun bernama Mbah Wage, karya kreatif ini dianyam dari sisa-sisa bungkus kopi.

Walau tampak sederhana, sajadah buatan Wage terlihat bermotif. Sepertinya mereka mendesain khusus penempatan warna-warni bahannya secara teratur sehingga tampak berseni dan bergambar.

  1. Bunga kresek naik pelaminan
Pelaminan dari bunga daur ulang
Hias pengantin dari daur ulang sampah-Foto/Dini Kholidah

Sudah saatnya sebuah dekorasi pernikahan dibuat dari benda-benda ramah lingkungan. Selain murah, tentu juga mengedukasi masyarakat. Dini Kholidah misalnya membagikan pengalamannya membuat bunga kresek untuk pernak-pernik pelaminan. Bahkan, hampir semua bagian dari pelaminan, kabarnya terbuat dari bahan bekas. “Low dudget beneran. Heee….” tulis Dini Kholidah di grup facebook KDUID, Minggu 8 Maret 2020.

KLIK INI:  Menyorot Bahaya Sampah Elektronik
  1. Bonsai plastik yang tampak hidup
bonsai plastik
Bonsai plastik-Foto/Nurhadi

Ada banyak karya daur ulang sampah yang membuat bonsai berbahan sampah. Satu diantaranya adalah yang dibuat oleh Nurhadi. Replika bonsai, karya Nurhadi sangat khas karena dibuat dari bahan styrofoam, jenis sampah abadi yang sulit terurai dalam tanah. Karya-karya Nurhadi dishare di grup facebook KDUID dan mendapat banyak pujian. Tidak sedikit pula yang tertarik akan mencobanya.

  1. Gelang dari botol air mineral
gelang dari botol bekas
gelang plastik dari botol bekas-Foto/Yessi

Beragam perhiasan unik juga bisa dihasilkan dengan berbahan sampah plastik. Yessi Viola Gift membagikan hasil karyanya berupa gelang dari botol air mineral. Gelangnya sangat berwarna dan tampil beda. Anak-anak pasti akan menyukai gelang satu ini. Oleh Yessi, di grup KDUID ia membeberkan alat dan bahannya yang sederhana antara lain; gunting, lem, uhu, botol air mineral kemasan 600 ml yang digunting bagian tengahnya.

KLIK INI:  TN Taka Bonerate Melakukan Pemeliharaan Hasil Transplantansi Terumbu Karang

Bahan lainnya adalah pita 1/8 inch atau pita selebar 3 mm serta mutiara renteng. Caranya mudah. Lilit bersamaan dengan mutiara rentengnya setelah selesai bagian ujung pita dan mutiara dilem. Tekan agak lama dan tunggu kering baru bisa dipakai gelangnya. Begitu penjelasan Yessi. Mudah bukan?

  1. Bunga warna-warni dari botol bekas
bunga plastik
bunga warna warni dari botol bekas-Foto/Liean

Bunga warna-warni beragam model ini terbuat dari botol plastik. Dikreasi oleh Liean dari Balikpapan. Pembuatnya sengaja menempatkan karya-karyanya dengan sangat teratur sehingga tampak sangat hidup dengan warna-warni ceriah.

Itulah 8 Karya Daur Ulang Sampah terbaru yang sungguh mengagumkan. Masih banyak karya-karya lainnya yang tak kalah menariknya! Semoga aksi baik ini terus tertular ke banyak orang, sehingga aksi daur ulang berkontribusi besar dalam pengurangan sampah.

KLIK INI:  Pengusaha Asal Prancis Ini Membangun Pulau Terapung dari Botol Plastik
Editor: Anis Kurniawan
Sumber: Klikhijau.com

KLIK Pilihan!