13 Khasiat Kencur dan Resep Sederhana Mengolahnya untuk Pengobatan

oleh -2,196 kali dilihat
13 Khasiat Kencur dan Resep Sederhana Mengolahnya untuk Pengobatan
Tanaman kencur - Foto/Ist

Klikhijau.com – Kencur (Kaempferia galanga) merupakan tanaman dengan khasiat obat yang telah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Tanaman dari famili Zingiberaceae ini memiliki rimpang yang sangat mirip dengan kunyit, jahe dan temulawak.

Pada sel daun dan rimpang tanaman ini mengandung minyak yang disebut atsiri. Rimpang kencur juga mengandung senyawa kimia diantaranya kamfet, bomeol, sineol dan etil alchohol. Senyawa ini dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati ragam penyakit.

Simak cara menanam tanaman kencur pada artikel ini. Pembahasan mengenai manfaat tanaman kencur juga sudah dijabarkan sebelumnya di sini! Artikel kali ini akan memandu Anda mengenai resep pengolahan kencur untuk ragam pengobatan.

Berikut adalah penjelasan mengenai resep kencur untuk pengobatan 13 penyakit yang dikutip dari Buku Tanaman Obat Tradisional (1989), karya Thomas A.N.S.

KLIK INI:  Cara Menanam dan Budi Daya Kencur agar Tumbuh Baik dan Optimal
  • Radang lambung

Bahan yang dibutuhkan  antara lain 2 rimpang kencur sebesar ibu jari. Cara membuatnya sangat sederhana  yakni kencur dikuliti sampai bersih dan dikunyah. Telan airnya, sedangkan ampasnya dibuang. Minum air putih setelahnya. Ulangi resep ini hingga penyakit radang lambung sembuh.

  • Mengatasi sakit kepala

Untuk pengobatan sakit kepala, bagian dari tanaman kencur yang dimanfaatkan adalah daunnya. Ambil 2 – 4 lembar daunnya lalu tumbuk sampai halus. Lalu, oleskan atau kompres pada bagian dahi.

  • Batuk

Khasiat kencur juga dapat mengobati batuk. Bahan yang dibutuhkan adalah 2 rimpang kencur sebesar ibu jari serta garam secukupnya.

Cara membuatnya, pertama adalah kencur diparut kemudian ditambahkan 1 cangkir air hangat, diperas dan disaring. Ramuan ini diminum setelah ditambahkan garam secukupnya.

  • Menghilangkan darah kotor

Untuk mengatasi darah kotor, diperlukan 4 rimpang kencur sebesar ibu jari, 2 biji cengkeh kering, 2 lembar daun trengguli dan adas pulawaras secukupnya.

Semua bahan ini direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring. Minum ramuan ini 2 kali sehari secara teratur.

KLIK INI:  Oleskan Balsam Pada kaki Jika Batuk Enggan Reda!
  • Diare

Khasiat kencur juga dapat mengobati diare. Bahan utama yang dibutuhkan adalah 2 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya.

Kencur kemudian diparut dan ditambahkan garam secukupnya. Oleskan ramuan ini bagian perut sebagai bedak.

Cara lainnya adalah 2 rimpang kencur sebesar ibu jari dan 2 siung bawang merah ditumbuk halus. Kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dibakar beberapa saat. Ramuan kemudian dioleskan pada perut sebagai bedak.

  • Mengatasi keseleo

Bila mengalami keseleo, kencur ternyata dapat dimanfaatkan. Bahan yang diperlukan adalah 1 rimpang kencur dan 1 genggam beras yang sudah direndam air. Kedua bahan tersebut dipipis dan diberi air secukupnya.

Ramuan dioleskan atau dogosokkan pada bagian yang keseleo sebagai bedak.

  • Melangsingkan tubuh

Untuk menjalankan diet, resepnya juga sangat mudah. Siapkan 1 rimpang kencur, 1 sendok tepung beras basah dan 1 potong gula aren. Semua bahan tersebut diseduh dengan 1 gelas air panas dan disaring.

Minum ramuan ini secara teratur 3 kali sehari dan rutin untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.

KLIK INI:  Ingin Tubuh Anda Sehat? Cobalah Minum Jahe Sebelum Tidur
  • Masuk angin

Bahan yang diperlukan adalah 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya. Kencur dikuliti hingga bersih, lalu dimakan dengan garam secukupnya. Kemudian minum 1 gelas air putih. Resep ini dapat diulangi 2 kali sehari untuk mengatasi masuk angin

  • Influenza pada bayi

Untuk pengobatan influenza pada bayi, kencur juga dapat dimanfaatkan. Bahan yang diperlukan adalah 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan 2 lembar daun kemangi. Kedua bahan ini ditumbuk halus. Kemudian ditambah beberapa sendok air hangat. Ramuan kemudian dioleskan di seputar hidung.

  • Mengobati mata pegal

Bahan yang diperlukan adalah 1 rimpang kencur lalu dibelah menjadi dua bagian. Permukaan yang masih basah dipakai untuk menggosok pelupuk mata yang pegal.

  • Memperlancar haid

Untuk memperancar haid pada wanita, kencur juga bisa jadi obatnya. Bahan yang diperlukan adalah 2 rimpang kencur sebesar ibu jari, 1 lembar daun trengguli, 1 biji buah cengkeh tua, adas pulawaras secukupnya.

KLIK INI:  Kencur, Khasiatnya untuk Pengobatan dan Cara Mengolahnya

Kencur dicincang, kemudian dicampur dengan bahan yang lain. Rebus bersamaan dengan 3 geas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring. Minum ramuan ini 2 kali sehari 2 cangkir.

  • Radang anak telinga

Untuk mengatasi radang anak telinga, rimpang kencur dapat dimanfaatkan. Bahan utamanya adalah 2 rimpang kencur sebesar ibu jari dan ½ biji buah pala.

Cara membuatnya sederhana yakni kedua bahan ini ditumbuk halus  dan diberi 2 sendok air hangat. Ramuan dioleskan di sekitar telinga.

  • Menghilangkan lelah

Untuk mengatasi kelelahan dibutuhkan 1 rimpang kencur besar, 2 sendok beras digoreng tanpa minyak dan 1 biji cabai merah.

Semua bahan kemudian direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hinggal tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Ramuan ini diminum sekaligus dan diulangi sampai sembuh. Untuk pria dewasa dapat ditambahkan 1 potong lengkuas dan tepung lada secukupnya.

Itulah 13 resep sederhana untuk memanen khasiat kencur pada ragam pengobatan. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Memasuki Musim Hujan, Begini Tips Menjaga Kesehatan