Push Up Sebelum Tidur, Ini 8 Manfaat Ajaibnya Bagi Kesehatan

oleh -2,736 kali dilihat
Push Up Sebelum Tidur, Ini 8 Manfaat Ajaibnya Bagi Kesehatan
Ilustrasi push up/foto-ist
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Saya pikir push up adalah olahraga yang hanya cocok dilakukan dipagi hari atau sore hari. Ternyata anggapan saya itu salah. Push up ternyata bisa dilakukan sebelum tidur. Bahkan jika dilakukan dengan rutin sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan

Sebagai olahraga yang bertumpu pada sebuah gerakan sederhana yang dilakukan dengan tujuan untuk membentuk otot perut. Dengan gerakan yang benar, push up dapat membuat otot perut semakin kuat dan kalori terbakar sempurna. Push up rutin juga merupakan cara diet yang cukup efektif.

Jika kamu penasaran apa manfaat push up sebelum tidur, saya akan memberikan bocorannya brdasarkan artikel yang dimuat Dailymail.co.id. Yang juga dirangkum dari berbagai sumber, Selasa, 10 September 2019:

  • Memperbaiki postur tubuh

Mendapatkan postur tubuh yang ideal merupakan salah satu manfaat push up sebelum tidur. Melakukan olahraga ini dengan teratur dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat, sehingga juga berpengaruh pada perkembangan postur tubuh yang juga semakin baik.

KLIK INI:  10 Manfaat Joging: Dari Mengurangi Stres Hingga Merawat Gairah Seksual
  • Menjaga kesehatan jantung

Melakukan gerakan push up sebelum tidur dapat meningkatkan proses pemompaan darah oleh jantung. Sehingga hal ini dapat menghilangkan plak yang menempelpada pembuluh darah dan tentunya membantu untuk kesehtan jantung.

Karenanya manfaat lain push up sebelum tidur adalah menjaga kesehatan jantung .

  • Membakar kalori

Melakukan push up dapat membakar hingga 2 kalori dalam tubuh, khususnya bila sebelum tidur. Push up dapat dilakukan sebagai salah satu aktivitas fisik atau olahraga yang efektif dalam menjaga kesehatan.

Dengan manfaatnya membakar kalori, tentunya bagi kamu yang sedang dalam program diet hal ini juga berguna. Apalagi gerakannya yang sederhana bisa dilakukan siapa saja dan di mana saja.

KLIK INI:  4 Manfaat Tanaman Hias Bagi Kesehatan, Poin Terakhir Menakjubkan!
  • Mengurangi risiko osteoporosis

Manfaat push up sebelum tidur lainnya adalah dapat mengurangi risiko osteoporosis. Kegiatan yang padat setiap harinya dan usia yang semakin bertambah tentunya dapat mempengaruhi kekuatan tulang kamu. Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan untuk berolahraga untuk menjaga kekuatan tulang.

Olahraga ringan yang dapat mempertahankan kekuatan tulang salah satunya adalah push up. Dengan bantuan asupan kalsium setiap harinya, tulang tidak akan mudah keropos atau mengalami osteoporosis.

Jadi, dengan melakukan push up dan menjaga pola makan yang sehat setiap harinya, maka kamu akan terbebas dari risiko osteoporosis.

  • Membentuk otot tubuh bagian atas

Meski hanya fokus pada tubuh bagian atas, karena lebih banyak menggunakan otot bagian atas tubuh, yaitu triceps (otot bagian luar lengan atas) dan dadapush-up. Push up juga dapat memperkuat bagian tubuh lainnya. Karena pada saat melakukan gerakan push-up yang baik, maka otot-otot lain, termasuk otot perut, punggung, dan tungkai akan ikut aktif.

Hal ini menjadi salah satu manfaat push up sebelum tidur yang bisa dapatkan.

KLIK INI:  7 Manfaat Tersembunyi Mengunyah Permen Karet Bagi Kesehatan, Klik Ini!
  • Mencegah cedera bahu dan punggung bawah

Manfaat push up sebelum tidur lainnya adalah dapat mencegah cedera bahu dan punggung bawah. Push up yang dilakukan secara rutin bisa membuat kamu terhindar dari kasus cedera secara efektif. Gerakan push up akan membuat otot-otot tubuh menjadi stabil.

Selain itu, push up juga akan mendukung kekuatan otot primer dan sekunder yang ada pada bahu dan punggung bawah. Otot-otot primer dan sekunder akan mencegah terjadinya cedera atau mengurangi efek cedera pada bahu dan punggung bawah.

  • Meningkatkan proses metabolisme

Lancarnya metabolisme tubuh membuat lemak dan racun di dalam tubuh bisa dibuang dengan cepat. Metabolisme yang lancar juga dapat menghindari diri kamu dari kegemukan karena bahan makanan yang masuk lambat diolah.

KLIK INI:  Patah Tulang Bisa Obati Banyak Penyakit, Begini Penjelasannya

Saat melakukan push up secara rutin, sistem kerja otot pun ikut terlatih. Aliran tubuh pun akan menjadi semakin lancar karenanya. Hal ini akan berpengaruh pada suplai oksigen serta aliran darah menjadi lebih baik. Hal inilah yang menjadi manfaat push up sebelum tidur, yaitu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh.

  • Meningkatkan mood keesokan hari

Banyak penelitian membuktikan bahwa ketika kamu terbiasa push up sebelum tidur, maka pada saat bangun tidur keesokan harinya, suasana hati akan terasa lebih bahagia. Inilah salah satu manfaat push up sebelum tidur yang bisa kamu dapatkan.

Dengan melakukan push up sebelum tidur, aktivitas keesokan harinya akan dihadapi dengan lebih bersemangat dan bekerja lebih efektif

Jadi, selamat mencoba!

KLIK INI:  5 Manfaat Skipping Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui