10 Manfaat Joging: Dari Mengurangi Stres Hingga Merawat Gairah Seksual

oleh -671 kali dilihat
10 Manfaat Joging Dari Mengurangi Stres Hingga Merawat Gairah Seksual
Ilustrasi joging/foto-kompas.com
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Apa kata dunia bila joging pun tak Anda sukai? Inilah olahraga paling ringan dan murah, maka siapa pun bisa melakukannya. Bukan hanya soal gerakannya yang ringan, tetapi karena manfaatnya yang menakjubkan.

Joging adalah bentuk latihan sederhana yang dapat dilakukan oleh semua golongan usia.  Joging ternyata dapat meningkatkan kapasitas paru-paru sekaligus meningkatkan kadar kolestrol darah. Sebuah data mengungkapkan bahwa joging secara teratur dapat meningkatkan harapan hidup lima sampai enam tahun pada pria dan wanita.

Terlebih, bila joging dapat dilakukan secara rutin. Berikut 10 manfaat joging yang perlu Anda ketahui, dari mengurangi stres hingga merawat gairah seksual.

KLIK INI:  4 Manfaat Daun Jeruk Purut, Poin Terakhir Paling Didambakan Pria Dewasa
  • Membuat pikiran yang sehat

Joging yang teratur ternyata dapat mengurangi stres dan melepaskan hormon endorfin yang membuat pikiran bahagia. Pelepasan hormon ini akan membuat Anda selalu merasa bahagia secara alami. Joging menyehatkan pikiran sehingga tubuh seenantiasa segar bugar.

  • Lebih muda bernafas

 Joging akan mengurangi efek asma dan memperkuat paru-paru. Joging membuat sistem pernapasan bekerja secara efisien. Oleh sebab itu, jika Anda menderita masalah pernapasan, joging adalah pilihan yang baik.

  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh

 Perlu Anda ketahui bahwa Joging dapat mengurangi risiko sakit. Mengapa? Sebab joging dapat meningkatkan produksi sel darah putih serta menurunkan tingkat stres dan kelelahan.

KLIK INI:  7 Manfaat Mengangkat Kaki di Dinding Bagi Perempuan, Poin Terakhir Paling Mengejutkan
  • Menurunkan berat badan

 Perlu diketahui bahwa Joging 1 Mil (sekitar 1,6 km) membakar sekitar 100 kalori. Jika 3 mil (4,8) setara dengan 1 donut besar. Sehingga bila aktivitas ringan ini dilakukan dengan diet yang tepat akan membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Pendeknya, joging membantu tubuh kita melakukan pembakaran lemak.

  • Tulang lebih kuat

 Joging menaikkan densitas tulang dan mencegah osteoporosis. Hal ini karena saat Anda joging tulang mengalami sejumlah tekanan dan jaringan tulang disiapkan untuk beban tambahan setiap hari. Tak hanya itu, joging juga mencegah potensi cedera karena komposisi tulang menjadi lebih kuat.

  • Gampang terlelap

 Joging memberi efek mudah tidur, membuat tubuh mudah mengumpulkan energi kembali.

KLIK INI:  Ingin Hubungan Cinta Berkualitas, Kenakan Kaus Kaki Saat Tidur dan Rasakan Manfaat Lainnya
  • Jantung yang sehat

 Joging dapat mengendalikan tekanan darah, kadar glukosa dan kolestrol, sehingga kebugaran kardiovaskular meningkat. Selain itu, kebiasaan joging akan membantu memompa darah lebih cepat di jantung sehingga mencegah risiko penyakit jantung.

  • Pembentukan otot dan memperbaiki penampilan

 Walau joging adalah olahraga ringan, bila dilakukan secara intensif dapat mengembangkan otot-otot tubuh. Pembentukan otot terutama pada otot betis, dan otot paha belakang dan lain-lain. Dengan demikian, kebiasaan joging akan memperbaiki penampilan Anda.

  •  Kaki menjadi indah

 Kebiasaan joging akan membuat kaki terbentuk lebih baik. Joging adalah cara termuda bagi Anda untuk mendapatkan kaki indah dengan mudah dan ringan.

  • Kehidupan seksual lebih baik

 Joging memperbaiki stamina secara umum termasuk di ranjang. Mencengankan bukan? hal ini karena kebiasaan joging akan memperlancar peredaran darah, menumbuhkan perasaan bahagia dan meningkatnya stamina tubuh.

KLIK INI:  Rasakan, Ini 10 Manfaat yang Tak Terduga Jika Mengonsumsi Jeruk Bali