Pohon Tin, Pohon ‘Surga’ yang Memiliki Banyak Khasiat

oleh -1,538 kali dilihat
Pohon tin/foto-Yahya
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Tahukah kamu jika penulis menanyakan kata tin. Kata itu adalah nama tumbuhan yang bernama pohon tin, kata itu serupa dengan nama surah ke 95 dalam kitab suci Al – Quran.

Pohon tin awalnya banyak tumbuh di Asia Barat, namanya diambil dari bahasa Arab, tin. Pohon yang memiliki nama latin Ficus carica L ini ini juga dikenal dengan nama ara. Ia memiliki segudang manfaat dan khasiat. Mulai dari buah hingga daunnya.

Pohon ini bisa tumbuh hingga 10 meter dengan daunnya memiliki lekuk 3 hingga 5 cuping.

KLIK INI:  4 Manfaat Daun Jeruk Purut, Poin Terakhir Paling Didambakan Pria Dewasa

Karen buah hingga daunya memiliki banyak khasiat sehingga dijuluki pohon dari ‘Surga’. Buahnya banyak mengandung nutrisi

Dilansir dari notepam.com bahwa di dalam 100 gram memiliki banyak nutrisi di antaranya, energi 250 kcal 1040 kj, karbohidrat 63.87 g, gula 47.92 g, dietary fiber (serat) 9.8 g, lemak 0.93 g, protein 3.30 g, thiamine (Vit. B1) 0.085 mg 7%, niacin (Vit. B3) 0.619 mg 4%, riboflavin (Vit. B2) 0.082 mg 5%.

Bukan hanya itu, buah tin juga mengandung pantothenic acid (B5) 0.434 mg 9%, vitamin B6 0.106 mg 8%, magnesium 68 mg 18%, Folat (Vit. B9) 9 μg 2%, vitamin C 1.2 mg 2%, Zinc 0.55 mg 6%, kalsium 162 mg 16%, Iron 2.03 mg 16%, Fosfor 67 mg 10%, potassium 680 mg 14%.

Dengan segudang kandungan nutrisi di dalamnya, seharusnya menjadikan buah tin sebagai buah popular yang banyak dikonsumsi. Sayangnya, di Indonesia sendiri masih jarang yang membudidayakan pohon tin dan buah tin ini.

KLIK INI:  Ini Satu Manfaat Daun Pepaya yang Jarang Difungsikan

Selain itu, sejak zama kuno, pohon tin telah dikenal memiliki banyak manfaat. Hingga pohon tin, terutama buahnya juga bisa digunakan sebagai obat tradisional. Ini detail manfaatnya:

  • Mencegah diabetes

Dengan ekstrak dari daun pohon tin meningkatkan sensitivitas insulin dan memiliki sifat antidiabetes lainnya.

  • Mengobati penyakit kulit

Dalam beberapa tradisi pengobatan tradisional, manfaat buah tin mampu mengobati berbagai masalah kulit seperti eksim, vitiligo, dan psoriasis.

  • Menjaga berat badan

Khasiat buah tin dapat membantu menurunkan berat badan dan sering direkomendasikan untuk orang-orang mempunyai berat badan lebih.

  • Mengobati disfungsi seksual

Selama berabad-abad, manfaat buah tin telah diakui mampu mengatasi disfungsi seksual seperti disfungsi ereksi. Buah tin ini diyakini sebagai obat kuat atau suplemen seksual selama berabad-abad lampau. Sebagian besar karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.

KLIK INI:  Tepung dari Umbi Tire Ternyata Baik Bagi Kesehatan, Ini Manfaatnya
  • Baik untuk kulit

Buah tin merah mampu menjadi sumber vitamin, antioksidan, dan mineral yang sangat baik untuk kulit.

  • Mengatasi anemia

Kandungan zat besi yang sangat tinggi di dalam buah tin merah, membuat buah ini memiliki kemampuan yang baik untuk menambah jumlah HB (Hemoglobin) di dalam darah.

  • Mengurangi kolestrol

Dengan kandungan serat yang banyak dalam buah tin, sehingga ia dapat menurunkan kolestrol dalam tubuh.

  • Menguatkan tulang

Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang bisa dicegah dengan cara mengonsumsi buah tin secara berkala.

KLIK INI:  Begini Pemanfaatan Bandotan di Beberapa Negara di Dunia

Oya, jika menganggap hanya buahnya saja banyak manfaatnya, kamu jelas keliru, sebab daun pohon tin juga memiliki sebukit manfaat:

  • Mengobati batu ginjal

Daun tin yang memiliki kandungan saponin dan alkaloid dapat menggerus batu ginjal yang telah mengendap di saluran kantung kemih dan ginjal. Batu ginjal ini akan terbawa saat buang air kecil.

  • Meningkatkan sistem imun

Bahwa manfaat daun tin bisa berfungsi sebagai imunomodulator. Hal ini dikarenakan daun tin dapat mengatur sistem kekebalan tubuh.

  • Meredakan rasa nyeri

Kandungan flavonoid pada daun tin tersebut memiliki sifat antiinflamasi sehingga bisa mengurangi rasa nyeri.

KLIK INI:  Tentang Kecombrang dan 10 Manfaat Istimewanya, Poin Terakhir Menakjubkan!
  • Menurunkan gula darah

Manfaat lain dari daun tin dapat menurunkan gula darah Sebagaimana kita ketahui, gula darah merupakan salah satu penyakit yang cukup mengerikan

  • Sebagai anti kanker

Tidak seperti manfaat daun tin lainnya yang menggunakan air rebusan daun tin. Manfaat yang satu ini didapat dengan menggunakan getah yang ada di dalam pucuk daun tin.

  • Memperbaiki fungsi hati

Dengan beberapa memberikan ekstrak daun tin dapat mengobati fungsi hati pada penelitian yang dilakukan.

Nah, itu beberapa khasiat dan manfaat buah dan daun pohon tin. Beberapa khasiat diatas telah dibuktikan secara klinis dan ilmiah.

Jadi, silakan mencobanya untuk membuktikannya sendiri. Selamat hidup sehat.

KLIK INI:  Ini Satu Manfaat Daun Pepaya yang Jarang Difungsikan