Pada Buah Manggis, Anda Bisa Temukan Manfaat Ini!

oleh -312 kali dilihat
Pada Buah Manggis, Anda Bisa Temukan Manfaat Ini!
Buah manggis/Foto-honestdocs.id

Klikhijau.com – Buah manggis memang sudah sejak lama dikenal memiliki segudang kandungan berkhasiat. Manggis adalah buah yang memiliki rasa asam dan sedikit manis.

Buah ini merupakan salah satu buah-buahan tropis yang banyak ditemukan di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Selain rasanya yang enak, manggis juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat manggis sebagai pengobatan tradisional dari berbagai negara Asia sudah terbukti dan bukan hanya sebagai mitos.

Seluruh bagian buahnya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan, mulai dari buah hingga kulit luarnya.

Ingin tahu manfaat besar yang dimiliki buah manggis? Berikut manfaat manggis mulai dari kesehatan hingga kecantikan.

KLIK INI:  Hindari Diabetes? Sebaiknya Kurangi Konsumsi Sayuran Ini!
Mengatasi kanker

Manggis mengandung senyawa anti kanker yang disebut xanthone. Beberapa uji coba laboratorium menemukan bahwa xanthone bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk di payudara, perut dan jaringan paru-paru.

Penelitian yang dilakukan oleh Kritsanawong berhasil mengungkapkan bahwa alfa-mangostin yang diekstrak dari buah manggis mampu untuk menghambat terjadinya kanker payudara.

Hal ini dikarenakan alfa-mangostin memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel yang abnormal penyebab perkembangan kanker. Umumnya alfa-mangostin ini, dikonsumsi dalam bentuk suplemen makanan.

Penelitian tersebut didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Wang JJ yang menambahkan bahwa ekstrak etanol yang dihasilkan dari dinding buah manggis mampu mengatasi kanker kulit.

Hal ini karena hasil dari ekstrak etanol tersebut memiliki kemampuan untuk melawan efek yang timbul dari kanker kulit.

Sebagai anti aging

Anti aging adalah proses mencegah penuaan pada wajah. Kandungan Xanthone yang dimiliki buah manggis mampu sebagai anti aging.

Antioksidan didalamnya tidak hanya baik untuk kesehatan tapi juga kecantikan. Zat ini bisa dengan cepat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan menggantinya dengan yang baru.

Dengan mengonsumsi manggis selama 30 hari berturut-turut, membuat wajah terlihat lebih muda.

KLIK INI:  Hindari Konsumsi Ini Jika Tak Ingin Miss V Berbauh “Ikan Asin”!
Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah manggis kaya akan kandungan serat, vitamin C, mineral dan xanthone yang bisa meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh.

Selain itu kandungan senyawa dalam buah manggis juga dapat menangkis bakteri jahat dan mendorong daya tahan tubuh.

Manggis juga sangat baik dikonsumsi bumil (ibu hamil) agar tak mudah sakit.

Mengontrol gula darah

Studi menunjukkan bahwa kandungan xanthone dalam buah manggis dapat membantu mengontrol gula darah. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu obat alami untuk penyakit diabetes.

Dr. Donal O ‘Mathuna, dari Universitas Negeri Ohio, Amerika Serikat pernah membuat buku mengenai pengobatan alternatif. Di dalam buku tersebut, tertulis tentang penggunaan manggis untuk menyembuhkan diabetes.

Secara efektif manggis mampu mengelola dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

Merawat kulit

Xanthone yang ada dalam buahnya sudah diketahui memiliki sifat anti kanker, termasuk kanker kulit.

Selain itu, manggis juga memiliki sifat anti inflamasi, anti bakteri, anti jamur dan anti alergi yang berguna untuk mengurangi risiko peradangan kulit, penuaan kulit, eksim, alergi dan infeksi bakteri.

KLIK INI:  Ingin Tubuh Anda Sehat? Cobalah Minum Jahe Sebelum Tidur
Menurunkan berat badan

Buah manggis merupakan buah yang baik dikonsumsi jika kalian sedang dalam program diet. Berbagai nutrisi yang dikandungnya juga bisa memastikan kesehatan secara baik.

Manggis membantu dalam pencegahan penambahan berat badan, dengan membakar lemak. Xanthone yang ada pada kulit manggis membantu menurunkan berat badan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa sekelompok orang yang meminum jus manggis sebagai suplemen memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah.

Melawan alergi dan peradangan

Penelitian yang dilakukan oleh Nakatani mengungkapkan bahwa salah satu manfaat buah manggis adalah mampu melawan alergi.

Hal ini karena ekstrak dari buah ini mampu menghambat pelepasan histamin, penyebab tubuh gatal-gatal saat alergi dan penyebab tubuh meradang saat alergi.

Selain itu, peneliti Chen LG juga berhasil mengungkapkan bahwa manggis memiliki alfa dan gamma mangostin. Alfa dan gamma mangostin adalah salah satu manfaat buah manggis, terutama melawan peradangan.

Alfa dan gamma mangostin yang terkandung didalamnya memiliki kemampuan untuk menghambat produksi nitrit oksida, suatu gas yang mampu memperburuk kondisi peradangan pada tubuh Anda.

***

Hal yang harus diperhatikan

Sebuah literatur seperti ditulis Theresia Evelyn di laman Hellosehat.com, mengatakan bahwa mengonsumsi suplemen buah manggis saat memiliki gangguan kesehatan pada darah, justru akan membuat kondisi semakin memburuk.

Karena efek inilah, tidak disarankan untuk dikonsumsi dua minggu sebelum melakukan suatu tindakan medis. Jadi, hati-hati makan buah manggis.

KLIK INI:  Jambu Biji Merah dan 4 Hal ini Dijagokan Tangkal Covid-19