Jinjit, Cara Gampang dan Murah Dapatkan Bokong yang Indah

oleh -2,187 kali dilihat
https://doktersehat.com/manfaat-jinjit/
Ilustrasi jinjit/foto-ist
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – “Jinjit mentransfer kita lakukan dengan tujuan untuk olahraga sangat baik untuk melancarkan sirkulasi darah pada kaki dan mengencangkan otot-otot pada betis.”

Pendapat di atas diungkapkan oleh ahli fisioterapi, Indra Lesmana 2018 lalu. Iya, jika kita membuat jinjit menjadi bentuk olahraga, maka banyak manfaat yang bisa didapat.

Jinjit adalah sebuah aktivitas yang memanfaatkan jari kaki untuk menumpu seluruh badan. Meski sering disepelekan, berjinjit bisa memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Syarief Hasan Lutfie, seorang dokter spesialis fisik dan rehabilitasi mengatakan jinjit berhubungan dengan koordinasi dan keseimbangan.

KLIK INI:  10 Manfaat Joging: Dari Mengurangi Stres Hingga Merawat Gairah Seksual

Dengan berjinjit, orang-orang yang mengalami masalah dalam mencapai keseimbangan tubuh pun akan terlatih. Untuk mendapatkan manfaat ini, Syarief lantas menyarankan agar dilakukan sepuluh menit setiap hari.

“Ada beberapa orang yang karena berbagai masalah kesehatan, seperti kelainan di sistem saraf, mengalami hal ini. Untuk membenarkannya, bisa latihan jinjit ini,” ujarnya, Rabu, 14 Agustus 2019, seperti yang ditulis Sarah Ervina Dara Siyahailatua di Tempo.co.

Hal lainnya, khususnya bagi pria yang dalam kesehariannya menggunakan sepatu pantofel ketat. Ini bisa menimbulkan rasa tegang pada otot-otot sehingga keseleo dan kecetit pun sangat mungkin dirasakan. Namun dengan melakukan jinjit masalah ini bisa dihindari.

Bukan hanya itu, jinjit juga memiliki beberapa manfaat:

KLIK INI:  Baikkah Berolahraga di Malam Hari? Begini Penjelasannya!
  • Mengencangkan bokong

Harus diakui bokong yang kencang adalah impian bagi setiap wanita. Dengan berjinjit setiap hari bisa membuat bokong menjadi kencang.

  • Mengecilkan betis

Jika memiliki betis besar dan ingin mengecilkannya, maka harus memanfaatkan jari kaki untuk berjinjit.

Sebab, saat sedang berjinjit, jaringan otot pada betis akan lebih terlatih sehingga merasakan kontraksi sejekan. Jika ingin hasil yang maksimal, lakukanlah jinjit sambil jalan secara rutin setiap hari.

  • Mengecilkan paha

Jika ingin mengecilkan paha secara efektif, maka bisa melakukan olahraga jinjit setiap hari minimal 10 menit.

KLIK INI:  Air Putih Mampu Menjaga Kesehatan Anak, Begini Penjelasannya!

Paha adalah salah satu bagian tubuh yang sangat sulit untuk dibentuk. Hanya saja saat melakukan jinjit, otot paha akan terasa sakit. Maka kamu harus menahannya beberapa saat, sebab otot pada paha sedang bekerja dalam mengencangkan jaringan yang kendur.

Namun, menurut Indra Lesmana melakukan jinjit perlu dipertimbangkan. Sebab melakukan jika  tidak benar atau terus-menerus juga terbukti negatif untuk kesehatan kaki.

“Jika kamu melakukan ini secara rutin dan terus menerus juga tidak baik, karena akan menyebabkan penyelesaian otot atau kram pada kaki kedua,” kata Indra.

Jadi, lakukanlah sesuai porsi yang dibutuhkan!

KLIK INI:  Perlu Diketahui, Ini Manfaat yang Diperoleh dari Makan Petai