Cara Sederhana Mengajarkan Anak Cinta Lingkungan

oleh -606 kali dilihat
Ilustrasi anak cinta lingkungan
Ilustrasi anakcinta lingkungan/foto-sagligabiradim.com
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com- Bagaimana cara mengajarkan anak cinta lingkungan? Rasa cinta kepada lingkungan memang perlu selalu dipupuk. Sebak jika tidak, kita akan semakin abai pada kerusakannya.

Jika ingin bumi ini baik-baik saja hingga beratus tahun ke depan, maka rasa cinta generasi penerus harus dibiakkan sejak dini.

Beberapa cara bisa dicoba agar anak-anak cinta lingkungan sejak kecil. Hal ini penting mengingat lingkungan kita semakin hari semakin kritis. Mengutip orami.co.id dan environment-indonesia.com ini hal yang bisa diterapkan kepada si kecil agar cinta lingkungan.

KLIK INI: SDIT Insatama Makassar Tanamkan Sikap Cinta Lingkungan Sejak Dini
  • Ajarkan reduce, reuse, recycle

Mengenalkan konsep reduce, reuse, recycle akan membantu si kecil lebih cinta lingkungan. Jelaskan dengan sederhana bahwa reduce berarti sebisa mungkin setiap orang berusaha harus mengurangi sampah yang dihasilkannya, sedangkan reuse dan recycle berarti memanfaatkan kembali sampah yang masih bisa dipakai atau mendaur ulangnya.

Berikan contoh nyata mengenai cara mengurangi, memakai kembali, serta mendaur ulang sampah setiap hari. Hal ini dilakukan agar si kecil melihat sendiri dan mempraktikkannya. Misalnya tidak menggunakan kantong plastik atau menggunakan botol bekas untuk sebagai media tanam

  • Buat kegiatan mendaur ulang menjadi menyenangkan

Jika ingin si kecil menghabiskan waktu dengan aktivitas produktif? Anda bisa mengajaknya berkreasi sekaligus mendaur ulang, supaya si kecil tahu bahwa sampah bisa disulap menjadi permainan yang menyenangkan. Dengan begini, si kecil bisa bermain, belajar, sekaligus memanfaatkan sampah yang tak terpakai di rumah.

Buat kegiatan daur ulang sebagai waktu kreatif. Si kecil bisa membuat beragam bentuk dari berbagai macam sampah, seperti plastik, kardus, atau kertas. Siapkan saja lem, karton, gunting, crayon, dan kertas berwarna sebagai tambahan agar hasilnya semakin seru.

  •  Pergi ke alam bebas

Nah, ajak si kecil pergi ke alam bebas yang belum terpapar polusi suara dan udara, seperti daerah pegunungan atau pantai yang masih bersih. Biarkan si kecil melihat dan menikmati alam bebas dengan udara segar serta lingkungan asri yang kaya akan flora dan fauna yang indah.