Cara Sederhana Mengajarkan Anak Cinta Lingkungan

oleh -632 kali dilihat
Ilustrasi anak cinta lingkungan
Ilustrasi anakcinta lingkungan/foto-sagligabiradim.com
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Ingatkan padanya bahwa penting sekali untuk cinta lingkungan dan menjaga kelestariannya, minimal dengan tidak membuang sampah sembarangan, supaya ia bisa terus menikmati alam bebas hingga tua nanti.

  •  Hindari pemakaian produk tidak ramah lingkungan

Si kecil tentu masih belum bisa mengerti apa itu efek rumah kaca, bahaya karbondioksida, dan pentingnya menggunakan produk yang ramah lingkungan. Tapi, kalau Anda secara aktif terus bercerita dan memberikan pemahaman dengan contoh nyata, balita pasti bisa mengikutinya, jadi lakukan saja

Misalnya, membawa tumbler atau tempat minum saat bepergian, tidak menggunakan plastik

KLIK INI: Memanfaatkan Sampah Botol Plastik Untuk Membuat Kebun Hidroponik, Ini Tipsnya!
  • Buang sampah pada tempatnya

Kebersihan menjadi hal yang tak kalah penting diterapkan untuk melestarikan lingkungan. Menurut naeyc.org, jika anak-anak diajarkan untuk membuang sampah di tempatnya sejak dini, maka seiring perkembangannya akan mendorong anak tersebut untuk selalu membuang sampah di tempatnya, di mana pun ia berada. Sebab, jika dibiarkan begitu saja, sampah yang berserakan tidak hanya mengotori lingkungan, tetapi juga dapat merusak ekologinya

  • Ajarkan untuk hemat listrik

TV, game player, dan aneka peralatan elektronik membutuhkan konsumsi listrik yang besar. Ajari anak-anak untuk mematikan dan mencabut gadget elektronik setelah menggunakan peralatan tersebut untuk mengajari mereka hemat energi.

Kurangi aktifitas anak pada alat-alat tersebut. Gantilah dengan memperbanyak kegiatan-kegiatan lain semisal membaca, bersepeda, membuat kerajinan, dan berbagai kegiatan di luar rumah yang membuat anak tetap aktif secara fisik dan melatih imajinasi mereka.

  • Hemat air

Mengajari anak untuk menghemat air bisa ditanamkan dengan membiasakan menutup keran air, atau menggunakan gelas ketika sedang menyikat gigi. Begitu juga saat anak mandi, batasi air yang digunakan.

  • Ajak berkebun

Mengajak anak berkebun atau memelihara taman selain menyehatkan juga menanamkan rasa cinta pada lingkungan. Jika tidak memiliki ruang untuk membuat taman, coba siasati dengan membuat taman mungil di beranda atau teras sekalipun dengan pot.

  • Jadilah panutan bagi si kecil

Agar anak mempunyai sikap menghargai dan mencintai lingkungan tentunya tidak bisa dipisahkan dari sikap dan perilaku orang tuanya. Akan percuma, meskipun kita berteriak-teriak meminta anak mencintai lingkungan tetapi perilaku kita sendiri tidak. Misalnya dengan melakukan aktifitas pemahaman mengenai lingkungan alam, yaitu melakukan diskusi sederhana dengan tentang mencintai alam saat merawat tanaman atau bisa saja menceritakan dongeng yang berisi nilai-nilai cinta lingkungan alam. (kh)