Menurut Ahli Teh, Ini Cara Terbaik Menyimpan Teh Agar Tetap Berkualitas

Publish by -68 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Menurut Ahli Teh, Ini Cara Terbaik Menyimpan Teh Agar Tepat Awet
Menyimpan teh memiliki cara tersendiri agar tetap awet/foto-Ist

Teh harusnya disimpan pada tempat terbaik agar tetap awet dan segar saat diminum

Klikhijau.com – Salah satu minuman yang rasanya wajib ada di rumah adalah teh. Meski menjadi barang wajib, teh kerap disimpan begitu saja. Baik teh celup atau yang bukan.

Padahal ada cara terbaik menyimpan teh menurut ahli teh dunia, Ottilie Cunningham. Katanya, teh harusnya disimpan dalam kaleng atau toples gelap yang kedap udara.

Jika sudah demikian, teh bisa diletakkan di mana saja di dapur atau tempat lain selama tempatnya kering.

“Kecuali campuran yang langka, teh tidak boleh disimpan di lemari es,” ajar dia seperti dilansir dimuat Republika yang melansi realsimple, Jumat, 17 Januari 2020.

KLIK INI:  Begini Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Lama!

Cunningham menambahkan daun teh kering nyatanya memiliki kadar air tiga hingga lima persen. Hal tersebut mencegah daun teh membusuk seperti makanan lain ketika dikeringkan.

“Karena dikeringkan dengan sangat baik, ini berarti bahwa teh sangat hidroskopi — yaitu. akan menyerap air dengan mudah seperti spons jika dibiarkan di lingkungan yang lembab,” katanya.

Menyimpannya dalam wadah bersih dan kering serta kedap udara, berfungsi untuk membantunya mencegah teh menyerap kelembaban yang berlebih.

Semakin segar semakin baik

Cara itu menurut Cunningham berlaku juga untuk teh dengan kantong, ataupun daun teh biasa. Di mana, keduanya harus disimpan dan dirawat dengan cara yang sama.

Ketika menyimpan teh dengan cara tersebut, upayakan untuk terhindar dari apapun yang beraroma kuat atau menyengat.

“Karena teh akan siap menyerap rasa lain,” kata Cunningham.

Selama teh yang dimiliki dijaga dan dinikmati dengan benar, tak akan ada masalah berarti. Sebab, semakin segar teh nya, maka kualitas akan semakin baik. Terlepas dari seberapa baik disimpannya.

“Jika varietas favorit teh pribadi dijual dalam jumlah besar, Anda lebih baik membelinya dalam kualitas yang lebih kecil. Pasalnya, penyimpanan kecil akan lebih mudah untuk penyegarannya, dari pada teh tersebut,” tutupnya.

KLIK INI:  Minum Teh Membuat Struktur Otak Lebih Baik, Benarkah?

Sedangkan menurut situs fimela ini hal yang harus dihindari sebagai tempat menyimpan teh

  • Teh sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas karena kondisi kulkas yang sangat lembab akan lebih mudah diserap teh dan membuatnya berjamur. Udara kulkas juga mampu mengubah rasa dan aroma asli teh.
  • Jangan menyimpan teh di bawah terik matahari karena mampu menguapkan aroma dan minyak esensial teh. Suhu panas akan menurunkan kadar teh. Hindari juga membeli teh yang dikemas dalam kantung plastik.
  • Hindari menyimpan teh bersama dengan bumbu dapur lain yang beraroma kuat seperti cengkeh, kopi, pala dan lain sebagainya, karena teh memiliki sifat mudah menyerap bau. Aroma teh bisa hilang dan kalah dengan aroma lainnya.

Sementara cara menyimpan teh yang benar:

  • Simpan jauh dari apa pun dengan bau yang kuat.
  • Simpan dalam lemari gelap atau wadah yang berwarna buram.
  • Jauhkan teh halus yang terpisah dari teh beraroma kuat.
  • Hindari menyimpan di tempat lembap. Tempatkan di tempat kering dan tidak terkena paparan cahaya.
  • Simpan di wadah tertutup setelah dikemas dalam kertas netral atau tidak berbau.

Sila diterapkan!

KLIK INI:  Sering Insomnia, Minum Teh Ini Bisa Membantu Mengatasinya
Editor: Idris Makkatutu
Sumber: Beberapa sumber

KLIK Pilihan!