Ingin Diet, Jangan Marah sebab Marah Bisa Bikin Gendut!

oleh -145 kali dilihat
Ingin Diet, Jangan Marah sebab Marah Bisa Naikkan Berat Badan!
Ilustrasi marah/foto-Ist
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Jangan marah nanti cepat tua.” Teguran itu sering kita dengar jika ada orang yang marah. Tujuannya agar bisa meredakan amarah yang sedang bara.

Marah membuat darah serasa mengalir deras ke sekujur tubuh. Membuat kita rasanya sulit terkendali. Marah juga marah juga membuat kita berada dalam suasana hati yang buruk.

marah rupanya memiliki pula efek samping yang tak terduga dan mengejutkan, sebab bisa penambahan berat badan berlebih alias gemuk.

Manifestasi saat kita marah tak hanya dalam keadaan emosional, tapi juga dalam proses kimiawi tubuh kita. Ketika kita marah, adrenalin dilepaskan. Ini membuat kita aktif dan menyebabkan cemas.

KLIK INI:  Ini Segudang Manfaat Dark Chocolate, Cocok untuk Diet

Karena aliran darah dari organ internal ke otot, kita tak bisa merasa lapar ketika marah. Tapi ini hanyalah efek jangka pendeknya.

Menurut artikel yang ditulis Sulung Lahitani di Liputan6, setelah tingkat adrenalin berkurang, kita merasa perlu untuk mengisi kembali energi yang hilang dan mulai memikirkan untuk makan dan makan.

Namun dengan fakta bahwa kita merasa cemas, ini dapat menyebabkan kita beralih ke makan yang emosional dan tanpa pikiran.

Sedangkan menurut arikel suara.com yang melansir dari Bright Side, secara ilmiah ini penjelasannya kenapa marah bisa membuat gemuk.

  • Berawal dari adrenalin

Adrenalin membuat seseorang jadi siaga sekaligus merasa cemas. Setelah tingkat adrenalin berkurang, kita cenderung merasa lapar. Menginginkan untuk memakan sesuatu, dan mengisi kembali energi yang hilang.

KLIK INI:  Benarkah Tidur dengan Lampu Menyala di Malam Hari Bisa Bikin Gemuk?

Karena adrenalin juga memicu kecemasan, kita cenderung mengambil makanan tanpa pikir panjang. Dengan demikian, kita berpotensi mengonsumsi sesuatu yang tidak baik untuk tubuh atau tidak sehat, misalnya mengandung banyak lemak yang bisa memicu badan gemuk.

Saat marah, terjadi berbagai proses kimiawi di dalam tubuh. Salah satunya, tubuh melepaskan adrenalin. Fungsinya adalah untuk membuat kita siap bertarung.

  • Cemas dapat lahirkan stres

Kecemasan dapat meningkatkan stres dan menyebabkan hormon kortisol ikut meningkat. Selain berbahaya bagi jantung dan tekanan darah, hormon kortisol juga memengaruhi berat badan.

KLIK INI:  Buah Pisang Dapat Menurunkan Berat Badan, Benarkah?

Kortisol mengubah gula darah menjadi lemak dan menghambat pencernaan. Dan hasilnya adalah penambahan berat badan dan pembentukan lemak yang dapat berbahaya bagi kesehatan kita.

  • Hilangkan kendali nafsu makan

Stres dapat menyebabkan masalah tidur. Dan ketika kurang tidur, tubuh pun akan kekurangan energi. Dan kita cenderung mengisinya dengan karbohidrat, yang terkandung dalam minuman manis, permen, dan makanan tidak sehat lainnya. Kesemuanya itu bisa menyebabkan berat badan naik.

KLIK INI:  Berbahaya, Kebiasaan Ini Tak Baik Bagi Kesehatan