Buah Pisang Dapat Menurunkan Berat Badan, Benarkah?

oleh -595 kali dilihat
Buah Pisang Dapat Menurunkan Berat Badan, Benarkah?
Ilustrasi buah pisang.

Klikhijau.com – Umumnya, buah pisang disukai siapapun semua usia. Buah pisang bisa dimakan langsung atau pun dibuat menjadi makanan lain, bahkan minuman.

Banyak orang yang percaya bahwa buah pisang dapat menurunkan berat badan. Benarkah?

Diet dengan pisang bermula dari Sumiko dan Hitoshi. Sumiko, seorang farmasis dan ahli dalam bidang pengobatan untuk pencegahan penyakit di Jepang. Sedangkan Hitoshi, mempelajari ilmu pengobatan dan konseling tradisional Cina.

Hitoshi berhasil menurunkan berat badannya, lalu menyebarkan diet ini ke komunitas di internet hingga dikenal dengan naman The Morning Banana Diet.

Aturan utama diet ini adalah mengutamakan konsumsi pisang di pagi hari.

Pendapat para ahli gizi

Banyak ahli gizi mengungkapkan bahwa pisang memiliki banyak manfaat. Misalnya sebagai antioksidan, kecantikan, dan menurunkan berat badan.

Henry menuliskan pendapat ahli tentang buah pisang di laman Liputan6.com seperti berikut ini.

KLIK INI:  7 Manfaat Tersembunyi Mengunyah Permen Karet Bagi Kesehatan, Klik Ini!

Ahli gizi dari India mengatakan, buah berwarna kuning ini bisa membantu menurunkan berat badan meski mengandung banyak kalori.

Pisang juga mengandung karbohidrat baik dan rendah lemak yang bisa membakar kalori berlebih.

Dalam Healing Food’s oleh DK Publishing House disebutkan, buah pisang mengandung glukosa yang cepat dilepaskan dan fruktosa yang lambat dilepaskan.

Hal ini bisa memasok energi hingga tak mengherankan, pisang bisa mengembalikan energi tubuh yang hilang selama berolahraga atau aktivitas fisik lainnya.

Pisang juga memiliki kandungan serat tinggi yang membantu pergerakan usus halus dan meningkatkan pencernaan.

Serat dalam buah pisanglah yang membantu menurunkan berat badan. Begitu kata ahli gizi Beth Warren, R.D.N., dalam laman Women’s Health.

Kandungan pada buah pisang

Pada laman Hellosehat.com yang ditulis oleh Monika Nanda, bahwa pisang memiliki kandungan nutrisi seperti kalium, serat, vitamin C dan B6 serta antioksidan yang punya sifat anti-inflamasi.

KLIK INI:  Berpegangan Tangan dengan Orang yang Dicintai, Cara Sehat yang Romantis

Kandungan serat dan kadar vitamin C yang tinggi dapat mendukung penurunan berat badan dengan cepat.

Peneliti University of Massachusetts Medical School, mengungkapkan makan serat 30 gr per hari bisa membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, ahli gizi dari India, Sunali Sharma mengatakan bahwa pisang berukuran sedang mengandung 27 gram karbohidrat, 3 gram serat makanan, 14 gram gula alami, dan 105 kalori.

Pisang banyak mengandung nutrisi mikro yang penting. Kalium pada pisang mengontrol retensi air dalam tubuh dan mengurangi kembung.

Bagi yang ingin menurunkan berat badan, santap satu buah pisang per hari. Selain itu, sebaiknya dimakan sebelum atau sesudah olahraga.

Kenapa hanya satu? Karbohidrat pada pisang bisa menyebabkan masalah pencernaan dan menambah berat badan jika terlalu sering dikonsumsi.

Jadi, perhatikan porsinya dan jangan berlebihan. Bukankah berlebihan itu tidak baik?

KLIK INI:  Stress Atau Susah "Move On"? Berkebunlah dan Rasakan 5 Manfaat Ajaibnya!