7 Manfaat Istimewa Buah Jamblang, Poin Terakhir Paling Ajaib

oleh -2,523 kali dilihat
Manfaat Istimewa Buah Jamblang
Buah Jamblang/Foto-Ahmad Akbar

Klikhijau.com – Buah Jamblang, mungil dan menggemaskan. Rasanya nano-nano. Nama ilmiahnya adalah Syzygium cumini. Di Indonesia lebih dikenal dengan pula dengan Duwet.

Bila sudah matang, Jamblang akan berubah warna menjadi lebih hitam keunguan. Siapa yang melihatnya pasti tergoda memakannya.

Dikutip dari intisari.grid.id, pohon tropis yang tumbuhnya lambat ini merupakan tanaman asli Indian Subbenua. Tetapi, buah ini menyebar ke belahan dunia. Walau mulai langka karena pertumbuhannya yang lambat dan kurang familiar.

Belum lama ini, seorang Netizen dari Majene Sulawesi Barat memposting gambar buah tersebut di akun facebooknya. Sontak, banyak yang mempertanyakan. Namanya apa dan apa manfaatnya.

Ternyata, di balik bentuknya yang mungil, buah Jamblang memiliki kandungan istimewa yang bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan gizinya sangat tinggi yakni banyak protein, minyak esensial, minyak atsiri, asam organik, flavonoid, asam ellagik dan lainnya.

Buah Jamblang juga mengandung mineral seperti natriun, kalium, fosfor, magnesium dan kalsium. Kandunan vitamin C nya sangat tinggi, serta bobot vitamin B6 yang banyak.

Lantas, apa saja manfaat paling istimewa dari buah Jamblang alias duwet.

KLIK INI:  Teh dan Kopi, Penyelamat dari Risiko Kematian karena Penyakit Diabetes
Baik untuk gigi dan guzi

Kandungan vitamin C nya yang banyak akan sangat bermanfaat pada gigi dan guzi. Vitamin C juga dapat berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka pada guzi berdarah.

Buah Jamblang memiliki kandungan antibakteri yang dapat mengusir bakteri yang masuk ke dalam mulut, sehingga memakan buah ini juga dapat mencegah masalah bau mulut.

Menyehatkan jantung

Kandungan tritepenoid dalam buah Jamblang dapat menghentikan akumulasi atau produksi kolestrol dalam tubuh.

Selain itu, buah mungil ini mengandung mineral spesial yakni kalium yang dibutuhkan untuk kesehatan jantung, hipertensi dan stroke.

Menambah nafsu makan

Bila nafsu makan sedang berkurang, tidak ada salahnya mencoba buah ini. Mengonsumsi 50 gram buah Jamblang segar yang dicampur madu akan membuat perut lebih nyaman dan meningkatkan nafsu makan.

Mengobati Batuk

Bila terserang batuk, boleh dicoba mengkonsumsi buah mungil ini. Duwet segar yang kaya akan vitamin C dan atioksidan dapat melawan bakteri penyebab batuk.

KLIK INI:  Manfaat Buah Jamblang, Menyehatkan Jantung hingga Pencernaan
Baik untuk penderita diabetes

Indeks glikemik yang rendah dalam buah ini dapat berfungsi untuk mengacaukan gula darah bahkan mencegah tingginya.

Lebih istimewa lagi, sebab Jamblang mengandung asam oleanolic yang memiliki sifat anti-diabetes yang berfungsi mengrangi gejala diabetes.

Jamblang juga bermanfaat dalam hal memperlambat akumulasi gula dan lipid dalam darah.

Membantu Pencernaan

Rasanya yang manis dan sedikit pekat, dapat membantu menyembuhkan penyakit pencernaan seperti  diare, gangguan pencernaan, disentri dan dispepsia.

Buah ini adapat menginduksi produksi air liur yang membantu memecah makanan lebih cepat sehingga pencernaan lebih mudah.

Pembersih darah alami dan membantu pembentukan zel darah merah

Kadar zat besih dalam buah Jamblang akan memastikan darah dalam tubuh beroksigen dengan jumlah hemoglobin yang baik dan dapat menjangkau seluruh bagian tubuh.

Cukup mengonsumsi 100 gram buah jamblang sehari sudah bisa memeuhi kebutuhan sel darah merah dalam tubuh.

KLIK INI:  Manfaat Mengkudu dan 6 Cara Mengolah Buahnya untuk Ragam Pengobatan