Selain Penyedap Masakan, Ini Manfaat Lain Daun Perilla

oleh -3,381 kali dilihat
Selain Penyedap Masakan, Ini Manfaat Lain Daun Perilla
Daun perilla/Foto-pixabay

Klikhijau.com – Tanaman perilla atau tanaman basil dari Tiongkok adalah tanaman yang daunnya sering dijadikan sebagai bahan dalam ramuan obat. Selain itu, daunnya juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran penyedap masakan.

Daun perilla sering digunakan sebagai hiasan sushi atau diolah dalam makanan Korea seperti kimchi.

Daun perilla juga memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan. Dalam 100 gram daunnya terdapat 37 kalori, 1 gram lemak, 7 gram karbohidrat, 7 gram serat, vitamin C, dan mineral kalsium.

Berikut manfaat daun perilla untuk kesehatan jika dikonsumsi dengan cara yang tepat.

# Mencegah dan menghambat perkembangan kanker

Zat perillyl alcohol dapat menghambat perkembangan tumor pada kanker kulit. Selain itu, zat ini juga dapat meningkatkan peluang hidup pada hewan ujicoba pengidap kanker hingga 80 persen.

Hal tersebut diungkap dari sebuah penelitian tahun 2012 terbitan International Journal of Nanomedicine. Penelitian itu menemukan bahwa zat perillyl alcohol dalam daun perilla bermanfaat untuk pengobatan kanker.

KLIK INI:  Apa Saja Khasiat Daun Mint untuk Kesehatan? Klik Ini!
# Obat alergi

Mata gatal, bersin, hidung meler dan masalah pernapasan seringkali dialami bagi siapa saja yang menderita alergi.

Dalam banyak studi, daun perilla efektif mengobati alergi, termasuk hidung tersumbat, sinusitis, asma terkait dengan alergi, kondisi kulit dan iritasi mata.

Studi yang dipublikasikan dalam Experimental Biology and Medicine terungkap bahwa daun tanaman ini secara signifikan memperbaiki reaksi inflamasi alergi seperti hidung dan sinus, serta iritasi mata.

Para ilmuwan Jepang di Departemen Kampo Ilmu Pengetahuan Obat, Hokkaido College of Pharmacy, menemukan perilla lebih efektif digunakan untuk alergi dibanding obat tranilast. Temuan ini dipublikasikan di Phytotherapy Research.

Studi dalam jurnal Food Chemical Toxicology juga menemukan bahwa minyak diet perilla mungkin memiliki efek cukup menguntungkan pada alergi asma.

KLIK INI:  Kabar Baik Jika Anda Suka Minum Jus Seledri! Begini Manfaatnya
# Obat stress

Pada pengobatan tradisional Tiongkok, daun perilla digunakan untuk meredakan gejala stress yang bisa berisiko depresi. Hal ini diperkuat oleh penelitian dari Journal Molecules tahun 2018 yang menguji manfaat ekstrak daun tanaman ini pada tikus yang cemas.

Hasilnya ditemukan bahwa senyawa fenolik dalam daunnya dapat menimbulkan efek antidepresan pada tikus. Senyawa ini juga dapat menghambat gangguan pemrosesan emosi yang dihasilkan oleh stres di otak tikus.

***

Manfaat daun perilla ini memang dahsyat, tapi tetaplah konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Hal itu bertujuan agar berbagai manfaat kesehatan yang telah Anda baca bisa optimal.

Oh ya, manfaat daun perilla tersebut ditulis oleh Novita Joseph dan dipublish di laman Hellosehat.com setelah direview dan diedit oleh dr. Tania Savitri.

KLIK INI:  Rutin Minum Jus Wortel, Rasakan Segudang Manfaat Ini