Ramadan, Masakan Ibu, dan Sebuah Rahasia Tetap Segar Saat Berpuasa, Klik Ini!

oleh -192 kali dilihat
Ilustrasi
Ilustrasi/foto-harian.analisadaily.com
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Jelang Ramadan, ada ritus yang “wajib” saya lakukan—melakukan perjalanan ke sebelah selatan Kota Makassar, melewati tiga kabupaten.

Ritus itu biasanya saya lakukan sehari sebelum puasa, atau kadang lebih cepat. Rasanya ada yang “ganjil” jika tak melakukannya., meski taka da paksaan.

Perjalanan itu saya lakukan agar bisa menyambut bulan puasa di kampung, berkumpul dengan ayah dan ibu. Itu menjadi kebahagian yang berlipat-lipat.

Menikmati masakan ibu di sahur dan buka puasa pertama adalah berkah yang patut disyukuri berkali-kali lipat.

KLIK INI:  Puasa Tetap Lancar Walau Diabetes, Ini Syaratnya!

Menyantap masakan ibu di waktu sahur akan melahirkan semangat luar biasa untuk berpuasa keesokan harinya. Apalagi jika ditunjang dengan tips berikut ini:

  • Minum dengan pola 242

Walaupun berpuasa, tubuh harus tetap mendapatkan asupan air putih yang cukup. Minum dengan pola 242 dapat menjaga asupan cairan selama puasa.

Kita dapat mengatur konsumsi air dengan minum 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas saat makan malam dan 2 gelas air putih saat sahur.

  • Jaga asupan buah

Saat berpuasa, tubuh kita diminta untuk bertahan tanpa air dalam waktu yang lama. Guna mengimbangi terkurasnya stamina dan untuk mengembalikan tubuh pada kondisi optimal, dibutuhkan asupan-asupan buah selepas berbuka puasa.

KLIK INI:  Ternyata Bukan Hanya Makanan, Waktu Makan Juga Pengaruhi Kesehatan

Buah yang dapat dikonsumsi setelah berbuka puasa seperti kurma, semangka, jeruk, dll

  • Tetap berolahraga

Berpuasa bukan alasan bagi kita untuk tidak berolahraga. Olahraga tetap penting untuk menjaga kebugaran. Kita dapat berolahraga ringan 20-30 menit sebelum berbuka puasa.

  • Jangan makan berlebihan saat berbuka

Saat berpuasa, waktu berbuka puasa adalah waktu yang sangat dinantikan. Tidak jarang saat berbuka puasa kita kalap sehingga perut langsung penuh. Hal ini tidak dianjurkan karena maag dapat menyerang akibat pola makan berlebih. Jadi makanlah secukupnya saat berbuka puasa.

  • Mulai biasakan tidur siang sejenak

Saat bulan Ramadan, jam tidur malam kamu akan berubah karena beribadah. Kamu harus pulang malam setelah shalat tarawih dan harus bangun sangat pagi untuk bersiap santap sahur. Untuk menjaga waktu istirahat, kita dapat tidur siang sejenak untuk memulihkan kesegaran.

Selamat mencoba dan selamat menyambut bulan suci Ramadan…

KLIK INI:  Jangan Lakukan Kebiasaan Ini, Bisa Bikin Anda Rentan Kena Flu