‘Pakintaki’, Ini 3 Langkah Jitu Masak Daging Agar Cepat Empuk!

oleh -91 kali dilihat
Jangan Kebanyakan, Protein Hewani Pemicu Sembelit dan Masalah Usus
Ilustrasi daging sapi - Foto/Pixabay

Klikhijau.com – Musim lebaran identik dengan masak daging. Daging akan menjadi menu andalan yang akan menemani ketupat, buras dan masakan lainnya.

Apa pun dagingnya, baik itu daging sapi, domba atau kambing, masakan daging akan selalu dinanti dalam keluarga. Aneka resep masakan bila dibuat, mulai dari rending, coto hingga kari.

Sebelum mengolah daging, kendala yang umum dihadapi adalah bagaimana menyiasati agar daging tetap empuk dan renyah. Ini penting sebab tak jarang daging yang kita masak akan mengeras sehingga tidak baik dikonsumsi.

Apalagi bila daging tersebut tidak benar-benar masak. Ini akan menyiksa gigi saat dikonsumsi, sehingga kelezatannya berkurang.

Sahabat Hijau, itulah sebabnya perlu memahami cara jitu untuk melunakkan masakan daging agar tetap empuk. Bagaimana caranya? Ayo “pakintaki”! Sebagaimana istilah orang-orang Makassar, ayo kita pakintaki daging yang dimasak agar empuk.

Simak tiga langkah jitu berikut ini:

KLIK INI:  Dua Kisah Berbeda tentang Satwa Dilindungi dari Yogyakarta
  1. Ubah bentuk daging

Pada saat memotong daging, upayakan jangan memotongnya serampangan alias asal jadi. Ada trik tersendiri agar tekstur daging akan lembek saat dimakan.

Cobalah mengubah bentuk daging agar daging lebih cepat empuk ketika dimasak. Bagaimana caranya? Potonglah daging lebih kecil.

Dengan potongan kecil, daging tentu akan lebih cepat masak dan empuk saat dimasak. Potongan daging yang kecil juga dapat memudahkan bumbu masakan meresap dengan baik.

  1. Pakai selembar daun pepaya

Daun pepaya bisa jadi resep andalan melunakkan daging. Wah, bagaimana caranya?

Cobalah membungkus daging yang sudah dicuci bersih lalu simpan dalam kulkas selama semalam. Cara ini rupanya cukup jitu pula untuk melunakkan masakan daging.

  1. Rendam dengan baking powder

Umumnya, baking powder hanya dipakai untuk membuat kue. Padahal memakai baking powder juga bisa dipakai membuat daging lebih empuk.

Bagaimana caranya? Rendamlah daging semalaman dalam bumbu yang sudah dicampur dengan baking powder.

Cara ini bisanya digunakan ketika memasak sate atau membuat daging lada hitam.

Itulah tiga langkah jitu yang bisa Sahabat Hijau coba dalam memasak daging agar tetap empuk. Selamat mencoba!

*Sumber: sajiansedap.grid.id 

KLIK INI:  Penyelamatan Penyerbuk Dinilai Semakin Mendesak, Ini yang Perlu Dilakukan!