Mahasiswa kirimi KLHK Surat Cinta Terkait Lingkungan

oleh -139 kali dilihat
Mahasiswa kirimi KLHK Surat Cinta Terkait Lingkungan
Wamen KLHK, Alue Dohong/foto-KHLK
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Mahasiswa mengirimi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Surat cinta. Surat cinta itu kemudian dibahas pada web seminar (Webinar) yang bertema “Merah putih di dadaku, lingkungan di hatiku untuk Indonesia maju”.

Webinar NGOPI atau Ngobrol Pintar itu diselenggarakan oleh(KLHK) belum lama ini. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian memperingati 75 Tahun Kemerdekaan Indonesia dan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2020.

Webinar NGOPI menjadi wadah diskusi interaktif antara pemerintah dan mahasiswa seluruh Indonesia. Ini diselenggarakan untuk menjaring pelibatan mahasiswa dalam upaya mewujudkan Indonesia maju melalui kontribusi pelestarian alam.

Peserta yang mengikuti webinar NGOPI kurang lebih  1.000. Peserta sendiri berasal dari mahasiswa dan umum  yang dibagi menjadi dua bagian, yaitu Pre Session dan Main Session.

KLIK INI:  Dua Pelaku Penyelundup Kayu Ilegal Dipenjara 5 Tahun Plus Denda Rp 2.5 M

Pada Pre Session mengangkat bincang pengalaman narasumber yang berasal dari generasi muda. Mereka adalah  Puteri Indonesia Lingkungan 2020, Putu Ayu Saraswati, mahasiswa perprestasi UI 2020, Dizza Aliftsa Agus, dan Eco- Entrepreneurship, Vania Santoso.

Sedangkan pada main session diisi  narasumber yang menjawab surat cinta dari mahasiswa. Surat cinta itu berupa pandangan dan pertanyaan yang diajukan kepada Menteri LHK, Siti Nurbaya.

Isi surat cinta  yang dikirimkan perwakilan mahasiswa cukup beragam, di antaranya isu karhutla, deforestasi, pencemaran, hingga RUU Cipta Kerja.

Untuk membahas surat cinta itu, hadir  panelis yang terdiri dari Wakil Menteri LHK Alue Dohong, Penasehat Senior Menteri LHK, yang juga Guru Besar Sosiologi UI Imam B Pradsodjo, Penasehat Pemerintah pada isu anti terorisme dan anti radikalisme Yenny Wahid. Diskusi ini dimoderatori Puteri Indonesia 2020, RR. Ayu Maulida.

Sampaikan gagasan melalui surat Cinta

Penyampaian gagasan melalui surat cinta, bukti bahwa generasi muda juga paham terhadap permasalahan pelestarian lingkungan. Mereka juga mampu memberikan usulan solusi dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, serta kelestarian hutan Indonesia.

KLIK INI:  Tanpa Disadari, Pakaian Kita Mencemari Lautan

“Di samping mengemukakan permasalahan, mereka juga menawarkan solusi untuk mengatasinya. Kita apresiasi usulan-usulan yang positif tersebut, sebagian sudah kita jalankan, dan ada usulan-usulan baru yang perlu kita pertimbangkan untuk diadopsi,” ungkap Alue Dohong.

Kementerian LHK berupaya menginternalisasi nilai dan kesadaran lingkungan serta meningkatkan peran serta generasi muda dari tahapan peduli (awareness) menjadi kesadaran penuh (eco consciousness).

“Kami yakin bahwa saat nilai dan kesadaran lingkungan telah menjadi bagian dalam pola pikir dan perilaku generasi, akan muncul tanggung jawab dan semangat cinta lingkungan yang nyata dari generasi muda. Potensi dan modal besar ini harus dibina dengan sebaik mungkin,” ungkapnya.

Wamen Alue Dohong juga mengapresiasi antusiasme dari seluruh peserta lomba yang diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2020.

Banyaknya animo peserta yang menyampaikan karya merupakan bukti bahwa penerapan “Adaptasi Kebiasaan Baru” tidak membatasi kreativitas masyarakat Indonesia untuk berkontribusi kepada lingkungan dan alam.

Cara berkreativitas yang baik dengan tetap menerapkan “Adaptasi Kebiasaan Baru” adalah gaya hidup baru yang perlu diteruskan dan menjadi tren yang akan terus berkembang.

KLIK INI:  KLHK Berduka, Kepala Balai Gakkum Jabalnusra Meninggal Dunia

“Banyak kreativitas dan inovasi dari para pemenang lomba. Mereka dapat menjadi motivator bagi mahasiswa lain di seluruh Indonesia, untuk menghasilkan ide-ide kreatif dalam rangka menjaga, mengelola lingkungan hidup, dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup kita,” tutur Wamen Alue Dohong.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK,  Karliansyah menyampaikan ada 3 ttujuan dari penyelenggaraan webinar ini.

  • Pertama, sebagai ruang diskusi antara Wakil Menteri LHK dan para narasumber bersama mahasiswa. Tema yang dibahas yaitu perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan pelestarian hutan Indonesia.
  • Kedua, menggalang masukan konstruktif untuk implementasi kebijakan lingkungan.
  • Ketiga, menciptakan jejaring solusi dan komitmen generasi muda.
  • Keempat, ajang untuk mengapresiasi pemenang lomba Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2020.
KLIK INI:  Dua Perempuan Dikukuhkan Sebagai Profesor Riset oleh KLHK