Daun Sirsak, Obat Murah dan Efektif Atasi Berbagai Jenis Penyakit

oleh -1,453 kali dilihat
Daun Sirsak, Obat Alami Murah dan Efektif untuk Berbagai Jenis Penyakit
Daun sirsak/foto-Wolipop - Detik
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com –  Ia bernama latin annona muricata. Memiliki rasa yang manis dan sedikit asam. Bukan hanya buahnya. Daunnya juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengusir berbagai penyakit.

Di Indonesia ia lebih dikenal dengan nama sirsak. Jika kamu kerap mengunjungi kafe atau warkop, di daftar menu akan mudah kamu temukan namanya: jus sirsak. Ia bisa jadi obat mengusir dahaga.

Iya, sirsak adalah salah satu buah yang kerap diolah menjadi minuman segar.  Ternyata bukan hanya buahnya bisa dikonsumsi, tetapi juga daunnya bisa jadi obat.

KLIK INI:  4 Manfaat Daun Jeruk Purut, Poin Terakhir Paling Didambakan Pria Dewasa

Bahkan daun sirsak dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan:

  •  Asam urat

Rebusan daun sirsak mampu menyembuhkan asam urat. Hal ini dikarenakan kandungan acetogenin, asam gentisic, caclourin, annocatalin, dan asam linoleat yang terdapat di dalam daun sirsak ternyata tidak hanya bisa menyembuhkan kanker, melainkan juga dapat menyembuhkan asam urat.

Caranya, hanya perlu merebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air. Rebus hingga air tersisa 1 gelas saja. Kemudian minum air rebusan tersebut sampai habis.

  •   Anti kanker

Menurut beberapa penelitian, kanker dapat disembuhkan dengan campuran daun sirsak dan buahnya. Hal ini dikarenakan efek zat penyembuhan kanker akan bekerja lebih efektif dengan adanya daun sirsak.

KLIK INI:  Pada Buah Manggis, Anda Bisa Temukan Manfaat Ini!
  • Obat diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Penyakit ini disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi gula terlalu berlebih sehingga menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat.

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang berbahaya. Pasalnya, penyakit ini bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, bagi yang sedang menderita diabetes sebaiknya harus segera disembuhkan.

  • Tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat daun sirsak diyakini memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kamu hanya perlu merebus 4 hingga 5 lembar daun sirsak, lalu meminum air rebusan tersebut secara rutin.

  • Turunkan berat badan

Teh daun sirsak yang kuat ini mengandung sejumlah vitamin B, banyak di antaranya terlibat dalam mengoptimalkan metabolisme.

KLIK INI:  Tepung dari Umbi Tire Ternyata Baik Bagi Kesehatan, Ini Manfaatnya

Hal ini dapat menyebabkan pembakaran lemak pasif lebih tinggi dan memberi tubuh lebih banyak energi, yang mengarah pada keberhasilan yang lebih besar dalam upaya penurunan berat badan.

  • Cegah penuaan dini

Bagi yang mulai khawatir akan penuaan sel-sel tubuh, manfaat daun sirsak yang satu ini akan menolong Anda “menunda” penuaan. Kandungan antioksidan memainkan peranan penting untuk mencegah penuaan dini.

Antioksidan melawan radikal bebas di dalam tubuh yang menjadi sebab penuaan dini sehingga tubuh tetap awet muda.

  • Membuang racun dari dalam tubuh

Salah satu khasiat daun sirsak adalah membuang racun dari dalam tubuh manusia. Mengonsumsi air rebusan daun sirsak secara teratur dapat dijadikan terapi toksik.

  • Cegah kolesterol

Salah satu cara untuk menurunkan kolestrol dengan mengonsumsi daun sirsak. Studi membuktikan kandungan yang terdapat di dalam daun sirsak dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

  • Obati eksim dan rematik

Manfaat daun sirsak dapat mengobati nyeri radang sendi. Cukup menumbuk daun sirsak sampai menjadi halus dan oleskan pada area tubuh yang mengalami rasa sakit akibat radang sendi dan eksim. Lakukan cara ini secara teratur dua kali sehari.

  • Menyehatkan pencernaan

Keseimbangan vitamin dan mineral yang baik, serta senyawa anti-inflamasi, dapat membantu sistem pencernaan dan mencegah sembelit, gangguan pencernaan, kram, kembung, dan diare.

KLIK INI:  4 Manfaat Rumput Fatimah dan Bahayanya Untuk Ibu Hamil

Kandungan kalsium dalam daun sirsak juga membantu tubuh menyerap zat besi lebih efektif, sementara efek antimikroba dari teh daun sirsak dapat membantu menyeimbangkan lingkungan mikroflora usus.

  •  Obati bisul

Khasiat daun sirsak untuk kesehatan dapat menyembuhkan bisul. Kamu bisa memetik beberapa daun sirsak muda dan menempelkannya pada bisul.

  • Lindungi kesehatan jantung

Kadar kalium tinggi dan senyawa aktif dalam teh daun sirsak dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam jumlah yang signifikan.

Untuk penderita hipertensi, ini adalah cara terbaik untuk menurunkan tekanan pada jantung dan mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

  • Tingkatkan sistem peredaran darah

Berkat tingginya kandungan kadar zat besi, manfaat daun sirsak untuk kesehatan dapat membantu merangsang sistem peredaran darah dan meningkatkan energi ke seluruh tubuh.

Zat besi adalah komponen kunci sel darah merah, yang membawa energi ke sistem dan jaringan organ, mempercepat perbaikan dan mengoptimalkan aktivitas metabolisme.

Cobalah jika salah satu dari penyakit di atas kamu alami!

KLIK INI:  Tidur Mendengkur, Atasi dengan Cara Sederhana Ini!