Anda Peminum Berat Kopi? Klik dan Ketahui Risikonya

oleh -221 kali dilihat
Anda Peminum Berat Kopi? Klik dan Ketahui Risikonya
Ilustrasi kopi/Foto-pixabay

Klikhijau.com – Kebanyakan orang lebih suka menikmati kopi sebagai solusi praktis untuk meningkatkan energi dan fokus. Selain itu, banyak juga yang menjadikannya sebagai minuman favorit ketika sedang nongkrong dengan teman.

Bahkan, banyak orang yang tak segan menghabiskan lebih dari lima cangkir sehari karena merasa secangkir enggak mempan lagi.

Terlalu banyak mengonsumsi kafein sudah jelas berisiko bagi kesehatan. Sebenarnya, berapa sih batas aman untuk mengonsumsi kopi? Berikut penjelasannya seperti ditulis Ariska Puspita Anggraini di Kompas.com.

Menurut sebuah studi dalam American Journal of Clinical Nutrition, minum enam atau lebih cangkir kopi per hari dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 22 persen.

Riset yang dilakukan oleh peneliti dari University of South Australia dengan menganalisis data kesehatan dan pola diet dari 347.077 peserta berusia 37 hingga 73 tahun.

KLIK INI:  Mau Turunkan Berat Badan, Cobalah Minum Kopi di Pagi Hari!

Peneliti juga menganalisis varian gen tertentu pada peserta riset, yang disebut CYP1A2. Varian gen tersebut memungkinkan orang untuk memetabolisme kafein lebih cepat daripada mereka yang tak memilikinya.

Peneliti juga menyimpulkan korelasi antara konsumsi kopi dan risiko penyakit kardiovaskular tidak tergantung pada susunan genetik.

Dengan kata lain, risiko ini juga berlaku pada orang yang memiliki variasi gen CYP1A2. Terlalu banyak minum kopi dapat menyebabkan masalah jantung karena konsumsi kafein terlalu tinggi menyebabkan hipertensi.

Menurut salah satu peneliti Elina Hypponen, kebanyakan mengonsumsi kafein akan membuat kita merasa gelisah, emosional atau bahkan mual. “Itu karena kafein membantu tubuh Anda bekerja lebih cepat dan lebih keras.

Namun, efek samping tersebut bisa saja terjadi karena kita terlalu banyak mengonsumsinya,” tambahnya.

Sebelumnya, sebuah penelitian yang membuktikan kopi sebagai minuman yang kaya antioksidan dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Namun, manfaat itu bisa kita dapatkan jika dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tanpa tambahan gula atau pun produk susu.

KLIK INI:  Begini Dampak Kafein Kopi Terhadap Tubuh, Harap Jangan Kaget!