Ampas Kopi, Solusi Cantik Berkelanjutan

oleh -26 kali dilihat
Minum Kopi 3 Gelas Dapat Turunkan Berat Badan, Benarkah?
Kopi hitam/Foto-IK Media

Klikhijau.com – Ampas kopi lebih banyak terbuang daripada dimanfaatkan. Padahal banyak manfaat yang dikandungnya. Jadi, sangat sayang jika terbuang.

Ampas kopi dipercaya bisa menyuburkan tanaman, terlepas dari itu, juga bisa dijadikan sebagai skincare untuk menyehatkan, menghaluskan, dan mempercantik kulit.

Kulit bersih menjadi dambaan setiap orang, khususnya perempuan. Banyak perempuan rela mengeluarkan biaya yang besar untuk mendapatkan kulit yang glowing nan cantik.

Merawat kulit agar terihat lebih cerah dan bersih—meski mengeluarkan biaya yang banyak sah-sah saja. Namun, jika ada produk yang murah dan alami, dan juga bisa membuat lingkungan lebih lestari, tak ada salahnya berpaling kepadanya.

KLIK INI:  Keren, Kacamata dari Ampas Kopi Ini Bisa Jadi Pupuk

Ampas kopi merupakan salah satu bahan yang bisa membersihkan kulit secara alami. Banyak permasalahan kulit yang bisa diatasi, tapi upayakan ampas kopi yang tak menggunakan gula atau susu. Berikut manfaatnya:

  • Mengencangkan lemak selulit pada kulit

Selulit pada umumnya ditemukan pada wanita. Selulit adalah tekstur kulit yang menyerupai kulit jeruk yang diakibatkan adanya timbunan emak, biasanya mucul pada bagian paha, pantat, ketiak, dan perut.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menggunakan ampas kopi. Karena mampu membantu menghaluskan kulit. Ampas kopi juga bisa merangsang aliran darah, sehingga kulit kembali menjadi kencang.

  • Memulihkan kantung mata

Terkadang kantung mata terlihat membengkak. Penyebabnya cukup beragam, mulai dari begadang, infeksi, alergi hingga mengonsumsi minuman kurang sehat

Jika hal itu terjadi, tak perlu risau. Kamu bisa memanfaatkan ampas kopi untuk mengatasinya. Caranya dengan membuat krim ekstrak kopi dari ampas kopi kemudian mengoleskannya ke bagian kantung mata.

Kopi memiliki kandungan senyawa bernama asam klorogenik, kandungan tersebut mampu mengikis pembengkakan temporer di sekitar mata.

Kandungan senyawa asam klorogenik tersebut dapat mengempeskan pembengkakan kantung matamu.

KLIK INI:  7 Kiat Simpel Menjaga Berat Badan Usai Lebaran
  • Mengatasi sel kulit mati

Kopi mengandung senyawa, di antaranya antioksidan dan asam caffeic. Kandungan tersebut mampu meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini sel tubuh. Asam caffeic memiliki sifat anti-mikroba, sehingga bisa membantu melindungi kulit dari kuman.

Karena itu, jika kamu mengalami persoalan kulit yang hampir terkelupas pada bagian tubuh tertentu. Itu disebabkan sel kulit mati. Kamu bisa mengatasinya dengan ampas kopi. Telah banyak peneliti  menjelaskan kandungan kopi dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit.

  • Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Senyawa polifenol yang terkandung dalam kopi dapat mengurangi bercak bintik pada kulit karena  penuaan, yang disebabkan oleh paparan sinar radiasi ultraungu atau UV.

Untuk mencegahnya kamu bisa menggunakan kopi, baik diminum maupun dengan mengoleskannya pada wajah atau bagian tubuh yang biasa terpapar UV. Karena salah satu  manfaat kopi kopi adalah dapat  melindungi kulit dari sinar UV berlebihan.

  • Menyehatkan kulit kepala dan rambut

Ampas kopi dipercaya pula dapat merawat kulit kepala dan mengatasi masalah rambut yang kusam. Cara menggunakannya cukup mudah.  Bilas rambut dengan kopi bersuhu normal. Gosoklah  menggunakan ampas kopi. Pastikan menyentuh kulit kepala, setelah itu  bilas dengan air bersih.

KLIK INI:  Penasaran Berwisata ke India? Ini 14 Tips Sederhana Saat Beribur di Sana
  • Air  rendaman kaki

Dengan menambahkan  ampas kopi pada  air rendaman kaki. Akan membantu  membersihkan sel kulit mati dari telapak kaki. Selain itu, juga bisa menstimulasi aliran darah pada bagian yang terendam.

Jika kamu ingin merendam kaki dengan ampas kopi, kamu bisa memilih air sesusai selera, bisa dingin dan bisa pula air hangat. Saat merendam merendam kaki dengan kopi, ampasnya digunakan untuk menggosok bagian kaki tertentu yang ingin dibersihkan.

  • Mencegah dan mengobati jerawat

Jerawat membuat kamu kurang percaya diri. Penyebab terbentuknya jerawat di wajah karena kulit berminya, adanya sel kulit mati, dan zat lain yang menyumbat pori-pori wajah.

Dengan mengolesi dan menggosok wajah menggunakan ampas kopi, diyakini dapat membersihkan sel kulit mati dan membuka pori-pori pada wajah yang tersumbat

Ampas kopi  mengandung senyawa antioksidan, asam klorogenat, stimulan sehingga mampu melawan jerawat dengan menjadikannya pembersih wajah alami.

Ampas kopi bisa kamu jadikan sebagai masker wajah. Dengan mengoleskannya sebagai masker, yakinlah kulitmu akan bersih dan kotoran di pori-pori dapat terangkat.

  • Mencerahka dan menghaluskan kulit wajah

Manfaat lain kopi adalah  dapat mencerahkan wajah. Caranya cukup mudah,  campurkan kopi  dengan minyak zaitun secukupnya. Aduk hingga merata. Oleskan  pada permukaan wajah dan leher. Diamkan selama 30. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat yang bersih.

Lalu bagaimana bisa hanya dengan menggunakan ampas kopi sebagai skrincare bisa melestarikan bumi dan menjadikan kamu cantik berkelanjutan, sila baca di SINI.

KLIK INI:  Bagaimana Menaruh Ampas Kopi sebagai Penyubur Tanaman Anda?

 Berbagai sumber