8 Inovasi Sampah Plastik Bernilai Ekonomi Tinggi yang Layak Dicoba

oleh -121 kali dilihat
8 Inovasi Sampah Plastik Bernilai Ekonomi Tinggi yang Layak Dicoba
Anak Margini seorang pegiat daur ulang sampah berpose di rumahnya berlatar karya kreatif daur ulang-Foto/Ist

Klikhijau.com – Sampah plastik benar-benar seperti hantu yang mencekam, tidak di darat, juga di lautan. Di daratan, sampah plastik telah mencemari lingkungan dan merusak pemandangan. Di lautan, sampah plastik telah mencemari lautan dan menjelma menjadi mikroplastik.

Indonesia tergolong produsen sampah plastik terbesar kedua di dunia. Selain belum adanya policy yang ketat mengenai penggunaan sampah plastik—masalah lainnya adalah perilaku masyarakat yang masih buruk dalam penanganan sampah.

Padahal sampah plastik memiliki nilai ekonomis bila dikelola dengan baik. Selain dapat ditabung di bank sampah, juga dapat didaur ulang sendiri menjadi produk-produk tertentu.

Sejumlah produk olahan sampah bahkan sudah layak jual dan ditelah digandrungi sejumlah pelaku usaha skala rumah tangga. Inovasi sampah plastik ini sekaligus membuktikan bahwa sampah tidak lagi harus dimusuhi, justru dapat dimanfaatkan kembali.

Dari channel Youtube MerdesaId, berikut ini ada 8 inovasi sampah plastik bernilai ekonomi yang mulai banyak digandrungi:

KLIK INI:  Indonesia Butuh Lebih Banyak Penelitian Tentang Dampak Plastik di Laut

#Anyaman dari sampah

Anyaman plastik dapat diperoleh dari botol plastik besar. Caranya mudah yakni botol diiris kecil kemudian dililitkan pada sebuah mistar besih lalu dipanaskan.

Setelah mendapat jumlah yang cukup, langsung dianyam untuk menghasilkan produk tertentu antara lain rendah kamar tidur atau hiasan dinding. Keren dan cukup mudah bukan?

#Bata ekonomis dari sampah

Bata ekonomis dari sampah biasanya disebut juga ecobrik. Bahan utama yang dimanfaatkan adalah botol bekas minuman kemasan.

Caranya muda saja lho Sahabat hijau. Pertama-tama kumpulkan botol bekas ukuran sama sebanyak mungkin. Kumpulkan pula sampah plastik sebanyak mungkin.

Sampah plastik kemudian digunting kecil-kecil lalu dimasukkan ke dalam botol hingga penuh dan rapat. Pastikan seluruh sisi botol benar-benar terisi sampah ditandai dengan botol bekas yang mengeras. Karya sederhana ini dapat dijadikan bata alternatif untuk membangun rumah.

#Bahan baku produksi dari sampah plastik

Inovasi satu ini dibuat dengan mengumpulkan bahan baku sampah sesuai warnanya. Sampah yang dikumpulkan sesuai warna kemudian dicacah dan dibersihkan kemudian dijemur.

Bahan baku produksi dari sampah plastik ini memiliki harga yang cukup tinggi. Namun, memerlukan waktu dan ketelatenan dalam mengolahnya.

KLIK INI:  Tragedi Petani, Bercocok Tanam di Lumbung Sampah Plastik

#Sapu dari sampah

Sampah plastik ternyata dapat diolah menjadi sapu. Caranya adalah dengan memilih botol plastik yang lebih tipis sehingga bisa diiris menjadi lembaran kecil. Irisan kecil ini kemudian dikumpulkan dan digulung. Setelah itu dijepit dan diberi gagang sapu. Jadi deh,….

#Paving blok dari sampah

Produksi sampah plastik menjadi paving blok kini mulai digandrungi banyak orang. Hal itu karena produk paving dari sampah plastik diklaim lebih kuat dari bata biasa berbahan semen.

Proses produksinya memang membutuhkan mesin produksi dan tambahan oli bekas dengan perbandingan 1:1. Sampah plastik dipanaskan dengan mesin hingga mencair dan dimasukkan ke dalam cetakan paving blok.

#Lantai dari sampah

Tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan paving blok, inovasi ini juga membutuhkan mesin khusus. Sampah plastik yang dipanaskan kemudian dimasukkan dalam suatu cetakan keramik yang bisa dibuat sesuai keinginan. Jadilah lantai dari sampah yang bisa menjadi pengganti keramik.

Sama seperti paving blok, lantai dari sampah plastik juga punya ketahanan yang luar biasa.

#Genteng dari sampah

Pembuatan genteng dari sampah plastik tidak jauh beda dengan paving blok dan lantai dari sampah. Bedanya hanya pada cetakannya saja yang dibuat khusus menyerupai genteng rumah.

#Batako dari sampah

Batako dari sampah plastik mulai populer dilakukan oleh komunitas bank sampah di Indonesia. Inovasi ini tergolong menarik karena menghasilkan batako kualitas tinggi.

Inilah 8 inovasi sampah plastik bernilai ekonomi tinggi yang banyak digandrungi saat ini. Caranya cukup mudah sehingga dapat dicoba sendiri bukan?

KLIK INI:  Peneliti Menemukan Cairan Perut Sapi Bisa Hancurkan Sampah Plastik