Rahman, Nahkoda Baru DPW IPEHINDO Sulselbar

oleh -85 kali dilihat
Rahman, Nahkoda Baru DPW IPEHINDO Sulselbar
Rahman, Nahkoda Baru DPW IPEHINDO Sulselbar-foto/Ist
Taufiq Ismail

Klikhijau.com – Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) lingkup Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat berkumpul. Mereka menggelar musyawarah wilayah perdana untuk Dewan Pengurus Wilayah Ikatan Pengendali Ekosistem Hutan Indonesia Sulawesi Selatan (DPW IPEHINDO Sulsel).

Gelaran ini berlangsung di ruang Bangun Praja P3E Suma, pada Senin, 26 Februari 2024.

Musyawarah wilayah I ini menjadi momen memilih Ketua DPW IPEHINDO Sulsel. Pada pembukaan musyawarah wilayah, menghadirkan Plt. Kepala P3E Suma sekaligus Kepala Balai BBKSDA Sulsel, Kepala Dinas LHK Sulsel, Kepala Balai Taka Bonerate, Kepala Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, dan Kepala BPDAS Karama.

Sedikitnya 50 peserta hadir saat acara pembukaan dimulai. Peserta daring pun bergabung melalui tautan yang dibagikan. Plt. Kepala P3E Suma dan Kepala Dinas LHK Sulsel memberi sambutan. Ketua IPEHINDO Pusat juga memberikan sambutannya secara daring.

KLIK INI:  DWP UPT KLHK Sulsel Gelar Diskusi Perihal Peran Perempuan dalam Lingkungan

Kepala Dinas LHK Sulsel membuka acara secara resmi. “Dengan mengucapkan, Bismillahirrahmanirrahim, saya buka Musyawarah Wilayah Pertama DPW IPEHINDO Sulsel,” ucap Ir. Andi Hasbi Nur, M.T., Kepala Dinas LHK Sulsel, sembari mengetuk mic-nya sebanyak tiga kali.

Peserta pun menyambutnya dengan tepuk tangan yang meriah. Plt. Kepala P3E Suma, Ir. Jusman dalam arahan dan motivasinya menyebutkan bahwa sosok PEH di setiap UPT memiliki karakter yang serba bisa. Menjadi andalan setiap pimpinan. Mereka berada di segala lini, mulai dari bagian administrasi, keuangan, teknis, hingga petugas lapangan. Mereka selalu bisa menghandle pekerjaan yang terkadang di luar tupoksinya.

“Karena itu saya berharap, agar setiap pimpinan satker, terus mendukung kegiatan IPEHINDO ini. Memberi sedikit uluran tangan untuk kemajuan organisasinya, terutama dari segi anggaran. Sedikit banyaknya bisa dialokasi untuk kemajuan mereka,” terang Pak Jusman, sapaan akrabnya.

Pada gelaran inti. Tiga presidium sidang duduk manis di podium, memimpin jalannya musyawarah. Dr. Muh. Asdar, S.Hut., M.Si., memimpin jalannya sidang. Dra. Najmatun Baroroh, M.Hum, perwakilan IPEHINDO Pusat, membacakan tata tertib sidang.

KLIK INI:  Pemanasan Global, Perubahan Iklim dan Krisis Iklim, Apa Makna Istilah Ini Sama?

Sumber tata tertib berasal dari AD/ART  IPEHINDO yang telah disahkan pada Musyawarah Nasional DPN IPEHINDO 2022 lalu. Sementara Saleh Rahman, S.Hut., M.Sc., membantu keduanya dalam proses pemilihan ketua.

Harapan pada ketua baru

Asdar membuka peluang teknik yang akan digunakan dalam pemilihan ketua. Apakah sistem voting (setiap peserta memiliki satu suara ataukah satu suara per UPT) atau melalui aklamasi.

Salah seorang peserta angkat bicara. “Berdasarkan jadwal kegiatan kita hari ini, pukul 12 siang sudah selesai. Jadi, baiknya menggunakan teknik aklamasi atau jika tidak berdasarkan satu suara per satuan kerja,” pungkas Mustari Tepu, PEH Ahli Muda P3E Suma.

Pimpinan sidang kemudian menanyai setiap perwakilan satker. Menunjuk bakal calon ketuanya.

KLIK INI:  Hutan Hujan, Pengertian, Manfaat dan Fakta Menarik yang Penting Diketahui

Perwakilan PEH BPDAS Karama mengacungkan jari. Meminta kesediaan agar PEH lingkup Sulbar bisa bergabung pada IPEHINDO Sulsel. “Jika memungkinkan kami bisa bergabung bersama teman-teman di Sulawesi Selatan. Di kantor kami ada sekitar 17 PEH,” ungkap Syamsuryati, Perwakilan PEH BPDAS Karama.

Pimpinan sidang dan peserta pun menyambut baik keinginan PEH di lingkup Sulbar untuk bergabung di kepengurusan DPW IPEHINDO Sulsel. Karena itu, mereka sepakat dan mengganti nama organisasinya menjadi: DPW IPEHINDO Sulselbar.

“Kami mengusulkan Pak Rahman sebagai bakal calon ketua,” tambah Syamsuryati.

Terpilihlah dua usulan bakal calon: Rahman, S.Hut dan Hamka, S.Hut. Sebagian besar satker mengusulkan Rahman sebagai bakal calon usungannya.

KLIK INI:  Kapus P3E Suma Ajak Masyarakat Sehatkan Bumi 30 Maret Mendatang

Peserta dan pimpinan sidang kemudian meminta konfirmasi kesediaan kedua  bakal calon. “Bismillah, saya siap,” ungkap Rahman dengan tegas.

Berbeda dengan Hamka, usulan bakal calon dari BBKSDA Sulsel ini menyampaikan ketidaksediaannya menjadi bakal calon ketua.

Karena itu, maka terpilihlah Rahman, PEH Ahli Madya BPHL Wilayah XIII Makassar sebagai Ketua DPW IPEHINDO Sulselbar periode 2024-2029. Pimpinan sidang kemudian membacakan hasil sidang dan menetapkan ketua terpilih.

Pada akhir gelaran, Ir. Jusman kembali memberi wejangan kepada ketua terpilih.

“Kita berharap Pak Rahman mampu menjalankan tugas dengan menjunjung tinggi profesionalisme. Bekerja dengan penuh tanggung jawab. Termasuk ide-ide brilian untuk kemajuan IPEHINDO dan satker masing-masing. Semoga Allah SWT meridhoi apa yang kita kerjakan untuk kemaslahatan bersama,” terangnya.

Secara simbolis Plt. Kepala P3E Suma memberikan bendera pataka IPEHINDO kepada ketua baru sebagai pertanda peresmian sebagai ketua terpilih.

“Terima kasih kawan-kawan semua atas dukungannya. Satu bulan ke depan akan kami susun pengurus kami. Saya meminta kesediaan teman-teman untuk bahu membahu memajukan organisasi bersama kita,” tutup Rahman, Ketua DPW IPEHINDO Sulselbar periode 2024-2029.

KLIK INI:  Anak SMA, Imajinasi dan Sajak-Sajak yang Menghujam ke Bumi