Kecoak Bisa Buat Kecewa, Ini 7 Alasan di Baliknya!

oleh -585 kali dilihat
Kecoak Bisa Buat Kecewa, Ini 7 Alasan di Baliknya!
Kecoak bisa merayapi makanan untuk menyebar bakteri berbahaya bagi kesehatan/foto-Harapanrakyat
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Saya kerap dikagetkan oleh kecoak atau kecoa, bahkan kerap pula terbangun dari tidur karenanya. Ia bisa berkeliaran ketika malam lalu memanjati tubuh yang buatnya geli. Geli yang ditimbulkan itulah yang biasa membangunkan saya dengan rasa kaget.

Di rumah kekasih (nama rumah yang saya tinggali) juga banyak dihuni kecoa. Telah berkali-kali saya mencoba membasmi, namun gagal. Kecoa tetap membiak dengan subur.

Awalnya saya tak terlalu peduli dengan dampaknya bagi kesehatan. Namun, pandangan itu berubah ketika seorang kawan memperingatkan agar hati-hati dengan kecoa karena bisa mendatangkan banyak masalah.

Lalu, saya mencoba mencari tahu apa bahaya dari kecoa. Hasilnya saya temukan hal ini:

KLIK INI:  Udang Galah, Si Kaya Manfaat yang Galak pada Penderita Alergi
  • Memicu asma

Kecoak membawa alergen, pemicu alergi, yang mirip seperti butiran debu. Karena itu, bagi pemilik asma, kecoak dapat memicu asma kambuh.

Menurut American Lung Association, kecoak juga dapat menyebabkan asma pada anak-anak balita, meski semula tidak memiliki asma.

  • Kontaminasi makanan

Kecoa bisa berdamai dengan makanan apa pun. Terlepas dari makanan yang kita makan, mereka juga memakan tanaman mati, hewan, materi feses, lem, sabun, kertas, kulit, dan bahkan helai rambut yang jatuh.

Sementara mereka merangkak di malam hari, mereka mencemari makanan terbuka dengan membuang kotoran di atasnya, meninggalkan rambut, kulit mati, dan juga kulit telur yang kosong di dalamnya.

  • Keracunan makanan

Dalam wabah epidemi dari keracunan makanan, ditemukan bahwa penurunan kasus tersebut baru terjadi setelah kecoa tersingkirkan. Serangga ini juga merupakan rumah bagi bakteri Salmonella yang dapat menyebabkan tifus dan keracunan makanan.

KLIK INI:  Suka Minum Susu Beruang? Manfaat Ini yang Akan Anda Peroleh!
  • Mengandung bakteri penyebab penyakit

Sebuah studi menemukan bahwa bakteri Pseudomonas aeruginosa dapat berkembang biak secara ekstensif dalam usus kecoak. Hal ini dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti infeksi saluran kemih, masalah pencernaan, dan sepsis (keracunan darah).

Bahaya kecoak lainnya adalah dari air liur mereka. Ketika kecoak makan, mereka memuntahkan air liur dan cairan pencernaan dari mulut mereka sendiri untuk menyuntik makanan dengan kuman atau bakteri yang berada di usus mereka.

  • Bahaya gigitan kecoak

Beberapa spesies kecoak telah ditemukan dapat menggigit manusia. Bahaya kecoa yang ini memang jarang terjadi, tetapi jika rumah disesaki dengan serangga ini, maka harus berhati-hati karena mereka dapat menggigit kuku, jari kaki, dan bagian lunak dari kulit yang dapat menyebabkan luka.

  • Alergi

Kecoak bisa menyebabkan alergi. Sekresi air liur dan bagian tubuh mereka yang berisi ratusan alergen dapat memicu reaksi yang tidak diinginkan.

Menurut American College of Allergy, Asthma, and Immunology, orang yang memiliki alergi kecoa biasanya akan mengalami sesak napas, batuk-batuk, infeksi hidung dan telinga, serta muncul bercak-bercak di kulit saat berada di dekat kecoak.

  • Bisa masuk ke tubuh

Kecoa tidak hanya dapat menghuni rumah, tetapi juga bagian tubuh. Ada beberapa kasus bahwa kecoak memasuki telinga dan hidung ketika tidur. Kecoak kecil dapat dengan mudah masuk ke lubang tubuh ketika berada dalam tidur yang nyenyak.

Seorang wanita dari Florida, AS pernah mengalaminya. Selama sembilan hari, seekor kecoak bersarang di dalam telinganya dan sulit untuk dikeluarkan. Ia harus mengunjungi beberapa dokter demi mengeluarkan kecoa dari dalam telinganya.

Jadi mari waspada, kecoa bisa melahirkan kekecewaan karena kesehatan terusik karenanya!

KLIK INI:  Bila Merasakan Hal Ini, Petanda Anda Sedang Dehidrasi Kronis