Kapus P3E Suma Ajak Masyarakat Sehatkan Bumi 30 Maret Mendatang

oleh -193 kali dilihat
Kapus P3E Suma, DR. Darhamsyah
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Video berdurasi 42 detik masuk ke grup klikhijau.com pada jam 06:45 pagi ini. Pengirimnnya adalah DR. Darhamsyah, Kepala   Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawasi Maluku (P3E Suma) Kementerian Lingkungan hidupn dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Darhamsyah dalam video singkatnya mengimbau kepada masyarakat agar mengistirahatkan bumi dengan cara memadamkan listrik pada tanggal 30 Maret mendatang.

Video berlatar sungai mengalir tersebut dibuat untuk memperingatan Earth Hour (Jam Bumi) tahun ini yang jatuh pada tanggal 30 Maret.

Earth Hour adalah sebuah kegiatan global yang diselenggarakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) pada setiap hari Sabtu di akhir bulan Maret.

KLIK INI:  Diskusi Bersama, P3E Suma dan ICMI Ungkap Kata Al Quran Tentang Lingkungan

“Saya mengimbau kepada masyarakat yang cinta bumi, mari kita peringati   Earth Hour tahun ini yang jatuh pada tanggal 30 Maret 2019. Yuk, kita padamkan lampu, istirahatkan bumi selama satu jam 20.30 sampai 21.30! Ingat bersama kita hemat energi, kita sehatkan bumi,”” ujarnya.

Selain video, Darhamsya juga mengirim gambar pada jam yang sama bertuliskan This Earth Hour #Connect2earth

Earth Hour sendiri berawal dari acara mematikan semua sumber cahaya di Sydney pada 2007. Namun, kini aksi Earth Hour dilakukan di 180 negara termasuk Indonesia.

KLIK INI:  Kapus P3E Suma Kembali Gaungkan Pentingnya Eco Masjid

WWF, salah satu organisasi lingkungan terbesar di dunia mengungkapkan jika mematikan lampu selama 60 menit menjadi simbol yang menunjukkan solidaritas untuk planet bumi. Mengapa harus berpartisipasi dalam aksi ini?

WWF menyebut bumi sedang krisis. Kerusakan bumi berjalan begitu cepat. Dari laporan WWF-UK Living Planet Report, sebanyak 80 persen spesies air musnah, sedangkan lebih dari 50 persen populasi hewan darat punah. Ada 40 persen hutan berubah menjadi lahan pertanian dengan 15 juta pohon hilang tiap tahun untuk bahan baku produksi minyak.

Imbauan DR. Darhamsyah melalui video singkatnya patut dilakukan untuk menjaga bumi agar tetap lestari. Bumi yang kita huni ini juga perlu istirahat, jadi mari bersama-sama memadamkan lampu tanggal 30 Maret mendatang selama satu jam!

KLIK INI:  Menonton Film Black Beauty dengan Rasa Haru