Alami Gejala Kekurangan Kalium? Atasi dengan Makanan Ini

oleh -1,114 kali dilihat
Alami Gejala Kekurangan Kalium? Atasi dengan Makanan Ini
Ilustrasi

Klikhijau.com – Jika Anda kekurangan kalium dalam tubuh atau berada di bawah batas normal, beberapa gangguan kesehatan dapat terjadi. Ini disebabkan kalium adalah salah satu jenis mineral dan elektrolit yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Olehnya, asupan kalium harus dicukupi sesuai jumlah yang direkomendasikan setiap harinya. Normalnya, kadar kalium dalam darah berkisar antara 3,6-5,0 mmol/L.

Salah satu cara agar kadar kalium tercukupi. Misalnya, dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang yang mengandung kalium tinggi.

Jenis makanan tinggi kalium sangat mudah didapatkan sebagai bagian dari menu makan sehari-hari. Berikut beberapa makanan yang mengandung banyak kalium.

KLIK INI:  Perihal Serdawa dan Hal-Hal yang Jadi Pemicunya
# Pisang

Selain kandungan karbohidrat dan serat, pisang juga ternyata mengandung kalium yang baik untuk tubuh. Satu buah pisang mengandung sekitar 400 mg kalium.

Buah-buahan segar dengan kalium tinggi lainnya yang bisa Anda konsumsi adalah aprikot, alpukat, melon, kiwi, jeruk, dan stroberi.

# Alpukat

Banyak orang yang tidak mau mengonsumsi alpukat karena dianggap sebagai buah yang tinggi lemak. Namun, perlu diketahui bahwa satu buah alpukat mengandung lebih dari dua kali kandungan kalium pada pisang.

Karena itu, buah alpukat sangat baik membantu mencukupi kebutuhan asupan kalium.

# Tomat

Tomat segar adalah salah satu sumber kalium. 1 buah tomat mengandung sekitar 300 mg kalium.

Tetapi, kandungan kalium yang lebih tinggi justru terdapat di saus tomat atau tomat yang sudah dikeringkan.

# Kentang

Kentang merupakan salah satu makanan dengan sumber kalium tinggi. Kadungan kaliumnya sekitar 600 mg kalium dalam 1 buah kentang berkuran sedang.

Anda bisa mengonsumsi kentang dengan cara yang sehat, seperti memanggang atau mengukus kentang bersama dengan kulitnya.

# Makanan laut

Sebagian besar jenis seafood memiliki kandungan kalium tinggi, terutama ikan kakap, tuna, dan salmon. Namun, Anda perlu hati-hati mengonsumsi ikan laut.

Pastikan ikan yang dikonsumsi tidak memiliki kandungan merkuri tinggi. Selain itu, hindari mengolah ikan dengan cara menggoreng.

# Kacang merah

Secangkir atau sekitar 100 gram kacang merah, terdapat kurang lebih 600 mg kalium. Jenis kacang lain yang juga kaya akan kalium dan bisa mengatasi kekurangan kalium adalah kacang kedelai, lentil, dan kacang mete.

KLIK INI:  Memasuki Musim Hujan, Begini Tips Menjaga Kesehatan