Tanpa Disadari, 7 Zodiak Ini Berlambang Hewan

oleh -9 kali dilihat
Tanpa Disadari, 7 Zodiak Ini Berlambang Hewan
Logo zodiak-foto/Ist
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Setiap orang memiliki tanggal lahir, bulan, dan juga tahun. Untuk menandai waktu lahir, seseorang kerap merayakannya, yang kita kenal dengan ulang tahun.

Perayaan ulang tahun saat ini telah membudaya. Rasanya tanggal lahir tak berarti apa-apa tanpa dirayakan. Tanggal lahir juga kini dijadikan sesuatu yang penting. Ia menegaskan identitas seseorang.

Selain tanggal lahir, satu hal lagi yang biasa disematkan, yakni zodiak atau bintang. Hal ini pun kadang menjadi pertanyaan basa-basi agar lebih akrab dengan kenalan baru, “Apa zodiakmu?”

Zodiak dimanfaatkan banyak orang untuk meramal masa depan, baik asmara, keuangan, dan juga karier.

KLIK INI:  Mendengar Suara Lingkungan dari Grup Kasidah Legendaris, Nasida Ria

Untuk ramalan zodiak sendiri, diperkirakan mulai masuk ke media massa pada abad ke-20. Pada saat itu  kebudayaan modern mulai berkembang di tiap-tiap negara dengan cara yang berbeda.

Menurut Widie Ayu Ravita, masing-masing zodiak memiliki karakter dan elemen-elemen yang berbeda. Seperti warna keberuntungan, bunga keberuntungan, lambang, dan planet yang mengitarinya serta sifat yang berbeda

Zodiak mengikuti hitungan bulan dalam setahun, yakni berjumlah dua belas. Namun, berbeda dengan kalender atau tanggal. Zodiak tidak berpatokan pada tanggal satu, semisal bintang Libra, disandang oleh orang yang lahir di tanggal 23 September-22 Oktober.

Nah, untuk menandai perbedaan zodiak yang berjumlah 12 itu, maka digunakanlah logo atau lambang untuk membedakannya. Di antara lambang yang digunakan, beberapa menggunakan hewan sebagai lambangnya, yaitu:

  • Aries

Bagi Anda yang lahir tanggal 21 Maret – 19 April, secara otomatis Anda akan berzodiak Aries. Zodiak ini menggunakan kambing jantan sebagai lambangnya.

Bukan tanpa filosofis menggunakan kambing jantan, hewan ini dianggap  suka mencari tantangan dan punya energi yang besar.

Konon pada zaman kepercayaan kuno, kambing jantan adalah simbol kepemimpinan, keberanian dan kekuasaan. Kambing jantan suka membela temannya.

KLIK INI:  Pela, Pelindung Ponsel yang Ramah Lingkungan
  • Taurus

Zodiak ini berlambang banteng, sebagai penggambaran bahwa orang yang lahir pada tanggal 21 April – 20 Mei memiliki sifat yang tangguh dan berjiwa tenang.

Namun, jika merasa terusik banteng bisa berubah jadi beringas. Orang yang berzodiak Taurus diyakini memiliki hasrat untuk memegang kendali dalam lingkungan.

Taurus sesungguhnya adalah zodiak yang penyabar, namun jangan coba-coba terus mengusiknya sebab ia bisa membahayakan Anda.

  • Cancer

Lambang Cancer adalah kepiting. Orang berzodiak Cancer dipercaya akan memilih jalan alternatif sebagai soluisi untuk mencapai tujuannya.

Karakter itu digambarkan melalui kepiting yang  berjalan miring. Cancer disandang oleh orang yang lahir di tanggal 21 Juni – 22 Juli.

  • Leo

Singa menjadi  lambang dari zodiak Leo. Singa biasa juga disebut sebagai sang raja hutan. Ini menggambarkan sifat Leo yang memiliki kepribadian rileks, tapi dibekali rasa percaya diri yang besar.

Leo disandang oleh mereka yang lahir pada tanggal 23 Juli – 23 Agustus. Karakternya kurang bisa bekerja secara maksimal apabila menjadi bawahan.

Namun, sisi baiknya Leo memiliki sifat  yang selalu bersikap jujurdalam situasi apa pun itu.

  • Scorpio

Zodiak ini memiliki lambang kalajengking. Kalajengking memiliki sikap yang agresif ketika dia merasa terganggu.

Scorpio disandang oleh orang yang lahir pada  tanggal 24 Oktober – 22 November. Ia menyukai dan  sangat menikmati kesendiriannya.

Scorpio memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Ia lihai menyelesaikan masalah. Meski begitu, sifat lainnya biasa merasa pesimis dan melihat banyak hal sebagai ancaman bagi dirinya.

KLIK INI:  Demi Perkembangan Otak Anak, Sebaiknya Ajak Bermain di Luar Ruangan!
  •  Capricorn

Kambing laut atau capricornus menjadi Capricornus. Hewan tersebut adalah makhluk mitologi.  Tubuh bagian depan berbentuk kambing dan tubuh bagian belakang berbentuk ikan.

Capricorn juga kerap dilambangkan sebagai kambing gunung, hewan dengan 4 kakinya yang kuat untuk terus jalan menuju puncak.

Orang yang berhak menyandang bintang Capricorn yang lahir pada 22 Desember – 20 Januari. Ia dianggap punya punya dedikasi yang tinggi terhadap karier, memiliki sikap disiplin, dan keinginan yang besar untuk meraih kesuksesan.

  • Pisces

Pisces disandang oleh mereka yang lahir pada tanggal 20 Februari – 20 Maret. Zodiak ini menggunakan ikan sebagai lambangnya.

Para penyandang bintang ini, dipercaya menyukai hal-hal sepi. Ini digambarkan melalui Ikan sering tinggal dan bersembunyi di tempat-tempat misterius.

Itulah zodiak atau bintang yang menggunakan hewan sebagai lambangnya. Sahabat hijau, adakah di antara kalian yang berzodiak seperti di atas?

KLIK INI:  Membaca Pesan dalam Trilogi Buku "Indonesia Menghadapi Perubahan Iklim"