Menyerap Beragam Manfaat Kopi tanpa Gula bagi Kesehatan

oleh -54 kali dilihat
Minum Kopi 3 Gelas Dapat Turunkan Berat Badan, Benarkah?
Kopi hitam/Foto-IK Media

Klikhijau.com – Kopi adalah candu. Dan itu benar. Banyak orang yang dibuat kecanduan oleh kopi.  Minum kopi pun telah telah menjadi gaya hidup baru saat ini. Ditambah lagi manfaat kopi bagi keshatan cukup banyak.

Bagi penikmat kopi, tak menyeruputnya dalam sehari adalah “bencana”. Namun, dalam hal menikmati kopi, para penikmatnya terbagi dalam beragam “sekte”.

Ada yang menyukai kopi tanpa gula alias kopi pahit, ada pula yang harus memakai gula. Tidak sedikit juga yang lebih menyukai kopi susu.

Namun, apa pun jenis olahan kopinya. Manfaat kopi  dan sensasi yang didapatkan saat menyeruputnya tetap mengesankan.

KLIK INI:  Ashar, Bibit Porang, dan Manfaat Menakjubkannya bagi Kesehatan

Apalagi ada penelitian yang mengungkapkan jika aktivitas minum kopi, bisa bermanfaatn bagi kelestarian lingkungan (baca di SINI)

Selain bisa menyelamatkan lingkungan, kebiasaan minum kopi, khususnya kopi tanpa gula mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

  • Mengurangi risiko diabetes

Agus Prasetyo1 dan Sutanta (2015) mengatakan bahwa menurut para ahli, kandungan senyawa pada kopi  ampun  menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes

Bahkan pria yang mengkonsumsi 6 gelas atau lebih kopi sehari berisiko lebih rendah  terkena diabetes dibandingkan dengan yang bukan peminum kopi.

Dengan meminum kopi 4 sampai 6 gelas sehari dapat menurunkan risiko 29 persen. Untuk wanita, mengonsumsi 4 hingga 6 gelas  kopi perhari dapat menurunkan risiko terkena diabetes sampai 30 persen.

  • Menyehatkan jantung

Menyeruput kopi tanpa gula diketahui dapat mengurangi terjadinya risiko serangan jantung. Sebuah studi juga menunjukkan, meminum kopi tanpa gula dapat mengurangi kemungkinan penyakit stoke.

  • Membantu proses diet

Bagi kamu yang ingin diet, tak ada salahnya meminum kopi tanpa gula. Karena hal itu dapat membakar lemak.

Sudah bukan rahasia lagi, jika kopi mengandung kafein. Nah, kandungan kafein ini terbukti efektif sebagai tambahan diet yang berfungsi sebagai pembakaran lemak.

Tak hanya itu, kafein  juga bekerja untuk meningkatkan imun tubuh hingga 11 persen.

  • Membantu daya ingat

Kopi pahit yang diserupu memberi manfaat luar biasa terhadap kinerja fungsional memori. Itu karena kafein yang dikandungnya dapat memacu otak untuk terus aktif.

Otak adalah bagian yang sangat vital bagi manusia. jika aktivitas otak bermasalah, maka seluruh kehidupan manusia bisa bermasalah pula. Karena aktivasi otak ini sangat berhubungan dengan memori. Dengan mengonsumsi kopi, maka risiko penyakit Alzheimer bisa dicegah  hingga 65 persen.

KLIK INI:  Masker Ramah Lingkungan dari Bubuk Kopi
  • Membersihkan toksin

Toksin dan bakteri di dalam tubuh rupanya bisa dibersihkan oleh kopi hitam. Cara mengeluarkannya, yakni melalui sekresi urin.

Apalabila  toksin menumpuk di organ hati, maka dalam memicu terjadinya kerusakan hati. Melalui ritus ngopi, maka  diketahui ampuh mencegah sakit sirosis hati. Bahkan risikonya bisa turun hingga 80 persen. Karena kopi  merupakan minuman diuretik yang membantu kita sering buang air kecil.

  • Mencegah penyakit parkinson

Profesor Ahmad Subagio dari Istitut Penelitian Universitas Jember dalam penelitiannya mengungkapkan minum kopi hitam dua kali sehari dapat mengurangi risiko penyakit parkinson.

Itu karena kafein yang terdapat dalam kopi dapat meningkatkan level dopamin pada tubuh. Parkinson merupakan jenis penyakit  yang mengganggu sel otak yang memproduksi dopamin.

Maka dengan meminum kopi hitam tanpa gula gula dapat mengurangi risiko parkinson mulai dari 32 hingga 60 persen.

  •  Melawan depresi

Kafein yang terkandung dalam kopi merupakan stimulus alami. Ia dapat   meningkatkan kadar dopamin. Gejalah depresi ini dapat dicegah oleh level dopamin yang cukup tinggi.

Maka tak mengagetkan jika seseorang yang suka kopi cenderung rendah mengidap stres akut hingga depresi. Karena diketahui seseorang yang minum kopi hingga 4 gelas sehari, memiliki 20% risiko lebih ringan mengalami yang namanya depresi.

  • Menjaga mood

Saat mood lagi kurang baik, cobalah mengonsumsi kopi tanpa gula. Karena itu dapat menjaga pikiran dan tubuh tetap awet muda.

Jadi, selamat menikmati kopi tanpa gula…

KLIK INI:  Bahkan Yogyakarta Pun Mulai Tak Nyaman karena Polusi Udara