Kaya Nutrisi dan Antioksidan, Begini Manfaat Avokad untuk Kecantikan

Publish by -60 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Kaya Nutrisi dan Antioksidan, Begini Manfaat Avokad untuk Kecantikan
Manfaat avokad untuk kecantikan/Foto-pixabay

Klikhijau.com – Avokad merupakan salah satu buah kesukaan banyak orang. Beberapa suka mengonsumsinya dengan cara dijus atau dibuat puding. Ada juga yang memakannya secara langsung dengan menambahkan susu atau creamer.

Selain kaya akan nutrisi, avokad juga mengandung senyawa antioksidan, seperti saponin, alkaloid, dan flavonoid.

Karena kandungan itulah, avokad sering dimanfaatkan untuk merawat kesehatan kulit dan kecantikan.

Bermanfaat sebagai apa saja buah avokad untuk kecantikan? Simak tulisan Rizky Wahyu Permana dilaman Merdeka.com dan beberapa sumber lainnya.

KLIK INI:  Perihal Rumanang dan 4 Jenis Buah yang Menarik Dikonsumsi Pria Dewasa
# Mengobati Luka

Dari penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, ditemukan bahwa minyak avokad dapat membantu mengobati luka.

Keberadaan asam lemak esensial dan asam oleik di dalam avokad bisa membantu mengatasi luka. Kedua kandungan asam tersebut bisa mendorong sintesis kolagen serta mengurangi parahnya luka.

Asam lemak juga mampu mengurangi peradangan selama proses penyembuhan.

# Menutrisi kulit dan memudarkan flek penuaan

Menurut Shrankhla Holecek, pendiri perusahaan produsen minyak organik Uma, minyak avokad merupakan sumber lecithin yang baik. Lecithin merupakan sejenis lipid yang membantu penyerapan nutrisi hingga ke aliran darah dan lapisan terdalam kulit.

Manfaat avokad juga bisa didapat dari sterolin yang terkandung di dalam minyaknya. Nutrisi ini cukup efektif untuk melembutkan kulit dan menyamarkan flek akibat penuaan.

# Pelembap Kulit

Buah ini merupakan salah satu sumber terbaik untuk melembapkan dan memelihara kesehatan kulit. Minyak avokad memiliki kandungan antioksidan dan sifat anti-inflamasinya.

Keduanya berfungsi untuk menjaga kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan pemakaian teratur, akan menjadikan kulit bebas kekeringan dan lebih elastis.

Menurut jurnal ilmiah yang dipublikasikan di dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, penggunaan minyak avokad pada kulit bisa merangsang produksi dan sintesis kolagen karena kandungan sterolinnya.

Selain itu, sejumlah nutrisi penting seperti potassium, vitamin E, dan lecithin bermanfaat untuk bagian luar kulit.

KLIK INI:  Biofase, Ubah Biji Alpukat Jadi Peralatan Makan Bioplastik
# Meredakan kulit terbakar

Kulit terbakar adalah masalah umum yang biasa terjadi pada wajah. Jika sering keluar ruangan dan terpapar matahari, besar peluang mengalami kulit terbakar ini.

Minyak avokad bisa membantu mengatasi gejala kulit terbakar seperti gatal, perih, dan lain sebagainya.

Lamdimham antioksidan, beta karotin, vitamin D, vitamin E, protein, dan asam lemak esensial bisa membantu proses penyembuhan kulit terbakar.

# Mengobati dan mencegah jerawat

Jerawat merupakan kondisi kulit yang terjadi ketika minyak dan kulit mati terakumulasi di dalam atau dekat folikel rambut. Hal ini mencegah masuknya oksigen ke bagian dalam kulit.

Masalah kulit ini bisa dicegah dengan mengonsumsi avokad setiap hari. Buah ini bisa menghidrasi kulit dan mencegah penumpukan residu minyak.

Selain itu, terdapat kandungan anti peradangan yang mampu membantu meredakan kemerahan di kulit serta peradangan yang berhubungan dengan jerawat.

# Meredakan eksim

Eksim adalah masalah yang menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal. Keberadaan antioksidan dan vitamin di dalamnya bisa membantu mengobati kulit dan mengatasi eksim secara bertahap.

Untuk mengatasinya, gunakan minyak avokad untuk meredakan eksim. Tapi, penting untuk melakukan tes terlebih dahulu pada bagian kulit untuk mengetahui apakah pengobatan ini bisa efektif atau tidak.

# Memerahkan bibir

Selain manfaat-manfaat di atas, avokad juga dapat memerahkan bibir secara alami.

Caranya siapkan irisan secukupnya dan haluskan hingga lembut, lalu tambahkan beberapa tetes minyak zaitun. Oleskan pada bibir dan biarkan sejenak, lalu bilaslah dengan air hangat.

# Tingkatkan kesehatan kuku

Untuk mengatasi kuku kering dan pecah-pecah, avokad merupakan solusi bagi masalah tersebut. Untuk mendapat manfaat ini, kamu bisa menggunakan minyak avokad.

Mengoleskannya pada kuku dan kulit di sekitarnya bisa mengobati masalah pecah-pecah yang terjadi.

KLIK INI:  Selain Turunkan Asam Urat, Kulit Melinjo Juga Cegah Penyakit Kronis
Editor: Ian Konjo
Sumber: Merdeka.com

KLIK Pilihan!