Hasil Penelitian: Lakukan Ini Agar Hidup Lebih Lama, Sehat dan Bugar

Publish by -24 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Hasil Penelitian: Lakukan Ini Agar Hidup Lebih Lama, Sehat dan Bugar
Ilustrasi hidup sehat dan bahagia/Foto-etalaseserpong.com

Klikhijau.com – Semua orang tentu ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Nah, jika berbicara tentang kesehatan, banyak orang yang memiliki motivasi yang sama – memiliki umur panjang.

Agar motivasi tersebut bisa terwujud, sebuah studi menyarankan agar berpegang pada kebiasaan sehat.

Sains memang belum benar-benar menemukan kunci awet muda, tapi para ilmuwan telah mengidentifikasi perilaku yang membantu kita hidup lebih lama.

Studi yang disebut tadi adalah studi yang dipublikasikan pada jurnal Circulation. Studi ini menyatakan bahwa hanya dengan berpegang kepada lima kebiasaan sehat, Anda bisa memperpanjang umur hingga satu dekade.

KLIK INI:  Benarkah Kesepian Bisa Sebabkan Kematian Dini?

Apa saja kebiasaan sehat yang dimaksud studi ini? Simak penjelasannya!

# Olahraga teratur

Berolahraga secara teratur sangat baik bagi kesehatan fisik dan mental kita. Olahraga bisa meningkatkan kesehatan jantung hingga memperbaiki mood. Jadi, tidak heran jika olahraga berperan dalam menambah umur.

Pedoman aktivitas fisik merekomendasikan untuk berolahraga setidaknya 150 menit dengan gerakan sedang. Atau 75 menit setiap minggu untuk olahraga berat.

Menurut dua studi pada 2017 dan 2018, aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki dan membersihkan rumah, ternyata mampu meningkatkan rentang hidup pria dan wanita lanjut usia.

Begitu juga jika Anda memilih aktivitas fisik yang lebih berat. Beberapa penelitian mengungkapkan, olahraga tim seperti tenis dan sepak bola merupakan yang terbaik bagi umur panjang karena mereka juga mendorong interaksi sosial.

# Konsumsi makanan sehat

Pola makan sangat berkaitan dengan umur panjang. Sebuah peneliti menyebut bahwa diet Mediterania, membawa banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk membantu hidup lebih lama.

Studi lain juga menyatakan, umur panjang berkaitan dengan makanan dan nutrisi tertentu yang ada dalam diet Mediterania, seperti gandum, serat, ikan, protein nabati dan lemak sehat.

Sebaliknya, makanan seperti camilan dengan pengawet, daging, gorengan, dan minuman manis, berhubungan dengan penyakit kronis dan risiko kematian yang tinggi.

Penelitian bahkan menyebut, sedikit perubahan sudah membawa manfaat yang cukup besar meski diet tidak sempurna.

Hasil studi yang dipublikasikan tahun 2017 menyimpulkan, orang yang mengonsumsi makanan sehat menurunkan risiko kematian hingga 17%.

# Pertahankan berat badan ideal

Diet dan olahraga dapat membantu menjaga berat badan yang ideal. Menurut sebuah studi, berat badan ideal memiliki indeks massa tubuh antara 18,5 dan 24,9.

Obesitas sendiri kerap dikaitkan dengan kondisi kronis, termasuk diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan kanker. Penyakit-penyakit itu semuanya dapat memperpendek usia.

Sebuah studi 2018 pada warga AS menemukan fakta bahwa obesitas mampu memotong harapan hidup seseorang hingga satu tahun. Obesitas juga bertanggung jawab atas 186 ribu kematian di AS per tahun.

# Jangan merokok atau berhenti merokok

Selain kanker paru-paru, merokok juga dikaitkan dengan masalah kesehatan yang serius seperti serangan jantung, stroke, kanker mulut dan tenggorokan. Hal ini menjadikannya ancaman yang signifikan bagi umur panjang.

Cara terbaik untuk mengurangi risikonya adalah dengan berhenti merokok atau jangan merokok sama sekali.

KLIK INI:  Jinjit, Cara Gampang dan Murah Dapatkan Bokong yang Indah
Editor: Ian Konjo
Sumber: Nationalgeographic

KLIK Pilihan!