Gunakan Cara Ini untuk Mencegah Gangguan Sendi dan Tulang

oleh -558 kali dilihat
Gunakan Cara Ini untuk Mencegah Gangguan Sendi dan Tulang
Ilustrasi osteoporosis/Foto-istockphoto.com

Klikhijau.com – Osteoporosis adalah penyakit tulang yang menyebabkan kerapuhan pada tulang. Hal ini dikarenakan massa tulang yang rendah disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang.

Osteoporosis bukanlah penyakit yang muncul secara tiba-tiba dan gejalanya mungkin tidak begitu terlihat. Gaya hidup yang kurang sehat dan kurangnya kalsium yang dibiarkan untuk waktu yang lama sehingga terjadi pengeroposan tulang.

Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr Muliaman Mansyur mengatakan bahwa gangguan tulang dan sendi ini sering dihubungkan dengan gaya hidup yang kurang sehat.

“Gangguan tulang dan sendi ini juga sering dihubungkan dengan kekurangan nutrisi khususnya vitamin D, dan obesitas,” kata dr Muliaman dikutip dari detikHealth.

KLIK INI:  Jangan Dibuang Begitu Saja, Ini Ragam Manfaat Air Cucian dan Rebusan Beras!

Menurutnya, penyakit ini sering terjadi pada lansia dan wanita berusia di atas 60 tahun. Penyakit ini juga dapat disebabkan oleh kekurangan kalsium, penggunaan kortikosteroid dalam jangka panjang atau gangguan hormon.

“Penderita osteoporosis dapat mengalami gejala berupa nyeri tulang atau punggung, perubahan postur tubuh, tulang mudah patah, hingga berkurangnya tinggi badan,” katanya.

Organ tulang ini sangat penting untuk menopang bagian tubuh sehingga perlu dijaga dan dipelihara. Faktor-faktor yang menyebabkan gangguan ini terjadi juga perlu diperhatikan.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga dan mencegah gangguan sendi dan tulang.

# Rutin mengecek keadaan tulang

Pemeriksaan sederhana dapat dilakukan dengan bone scan. Ini bertujuan untuk menilai kepadatan, kekuatan tulang termasuk keadaan sendi.

# Rutin berolahraga

Berolahraga yang rutin dapat membantu anda membangun tulang yang kuat dan mencegah tulang menjadi keropos. Misalnya dengan berjalan kaki, jogging, aerobik low impact, yoga, menari, dan latihan beban.

# Menjaga berat badan ideal

Memiliki berat badan yang terlalu kurus atau gemuk (obesitas) dapat meningkatkan risiko terkena osteoporosis. Hindari rokok guna mencegah terjadinya kelainan tulang.

# Konsumsi kalsium dan vitamin D

Mengonsumsi susu tinggi kalsium jelas dibutuhkan untuk membantu mengatasi osteoporosis. Kalsium dan vitamin D adalah nutrisi yang berperan penting dalam memelihara kesehatan dan kekuatan tulang.

KLIK INI:  Otak Juga Butuh Dilatih Agar Diet Berhasil, Benarkah?