Potret Mak Muji Antar Elisabetta Menangi Earth Photo 2019

oleh -106 kali dilihat
Potret Mak Muji Antar Elisabetta Menangi Earth Photo 2019
Potret Mak Muji karya Elisabetta Zavoli/foto-nationalgeographic.grid.id
Irhyl R Makkatutu

[hijau]Ia terlihat tangguh di antara sepi dan gunungan sampah[/hijau]

Klikhijau.com – Cahaya senter di kepalanya menghadap ke atas. Seolah ia sedang menyenter langit, tapi pandangannya terlihat menoleh ke kiri. Barangkali sedang melihat kamera Elisabetta Zavoli yang mengabadikan dirinya.

Tangan kanannya memegang tongkat. Tak jauh dari ia brdiri terpasang “tenda”. Mungkin itu tempat berlindung dari sengatan matahari siang atau gigil malam. Di belakang tenda terdapat gunungan sampah.

Ia terlihat tegar berdiri di atas ‘karpet’ yang telah kusut dengan sepatu larasnya. Namanya Mak Muji,  ia menjadi model foto fotografer Elisabetta Zavoli.

KLIK INI:  11 Aksi Sederhana Sebagai Tanda Cinta Pada Bumi, Anda Sudah Melakukan Apa?

Elisabetta memulai proyek fotonya tersebut melalui pendekatan kepada Mak Muji, yang berprofesi ganda, yakni sebagai pemulung dan sebagai dukun anak.

Di tangan Elisabetta foto itu diberi judul The Landfill Midwife kemudian dikutkan lomba pada  Earth Photo 2019. Foto tersebut berhasil memukau dewan juri.

Dan hasilnya bisa kamu tebak, foto itu memenangi Earth Photo 2019 yang diselenggarakan di London. Foto ini juga menjadi pemenang kategori People.

Isu bumi dan manusia

Earth Photo merupakan proyek fotografi internasional yang dikembangkan bersama oleh Forestry England dan Royal Geographical Society. Proyek ini berupaya memfokuskan tentang isu bumi dan manusia, serta bagaimana perlakuan kita terhadap keduanya.

KLIK INI:  Bumi Bulat atau Datar, Begini Penjelasan Sains dan Alquran

Bagi dewan juri potret Mak Muji begitu mengesankan. Elisabetta berhasil membuat ekspresi wajah Mak Muji yang begitu kuat dan percaya diri.

Dalam bayangan juri, sampah yang menggunung dan bayangan hitam begitu sangat mengancam, namun justru bertolak belakang dengan rona wajah Mak Muji yang begitu berani dan menantang.

Potret Mak Muji itu diambil oleh Elisabetta di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantargebang, Bekasi. Elisabetta menceritakan kondisi TPA Bantargebang, Bekasi, yang sampahnya kian menggunung.

Foto itu merupakan salah satu rangkaian foto ceritanya yang berjudul “Kehidupan di Pembuangan Sampah Akhir” terbit sebagai kisah feature majalah National Geographic Indonesia pada edisi November 2018.

Potret Mak Muji dipamerkan di Royal Geographical Society, London. Mulai 6 Juli lalu hingga 22 Agustus 2019 bersama karya-karya foto pemenang Earth Photo 2019 lainnya.

KLIK INI:  Ingin Berperan Ciptakan Bumi yang Lebih Hijau? Simak Tips Mencuci Pakaian Berikut!