Festival Butta Lompoa, Cara Keren Pemuda Kindang Merawat Bumi

Publish by -51 kali dilihat
Penulis: Idris Makkatutu
Festival Butta Lompoa, Cara Keren Pemuda Kindang Merawat Bumi

Pemuda Kindang merawat bumi dan tradisi dengan cara yang gembira

Klikhijau.com – Tradisi atau adat, hal yang mengikat dan memikat di masyarakat Indonesia. Tradisi biasanya ada pula yang berbentuk ritual.

Namun, apa pun bentuknya, tradisi dalam masyarakat selalu memiliki daya tarik untuk ditelisik bahkan dirayakan dalam berbagai bentuk.

Apalagi sekarang ini, tradisi dalam bentul ritual telah banyak ditinggalkan. Semisal ritual panen, mulai jarang kita temui ada hal serupa itu.

Untuk mengingat dan mentransformasi nilai-nilai adat dalam kehidupan yang serba modern dan bergerak cepat ini, yang diserang berbagai bentuk budaya baru baik dari dalam maupun dari luar.

KLIK INI:  Jeneponto Akan Gelar WCD dengan Konsep Sendiri yang Lebih Memukau

Pemuda Kindang yang didukung Pemerintah Daerah Bulukumba akan melaksanakan Festival Panen Raya Rakyat Butta Lompoa, Minggu 30 November 2019.

Festival itu seperti “mengulang” apa yang sering dilakukan leluhur tempo dulu dalam mengungkapkan rasa syukur setelah memanen hasil bumi mereka.

Festival ini akan digelar di Kafe Sawah Baturapa, Kelurahan Borong Rappoa, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba.

Festival ini merupakan wujud syukur atas berkah yang dberikan Allah Swt setelah semua komoditi atau hasil bumi seperti kopi, cengkih, dan padi telah dipanen.

KLIK INI:  Lelaki yang Berjalan di Atas Air, Adakah?

Ketua panitia, Sirajuddin menguraikan, target yang ingin dicapai pada acara tersebut adalah mempererat kembali silaturahmi khusunya petani masyarakat Kecamatan Kindang.

“Supaya tak ada lagi sekat pembeda baik itu para pemuda-pemudi, dan antar organisasi-organisasi yang ada di Kecamatan Kindang.” ungkapnya

Dia juga mengungkapkan, selain mempererat tali silaturrahmi, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan kepada publik bahwa di Kecamatan Kindang ada banyak potensi wisata yang tak kalah menariknya dari daerah lain,” terangnya.

Tentang muatan kegiatannya, kamu bisa melihatnya digambar bawah ini:

Editor: Idris Makkatutu

KLIK Pilihan!