Pakai Ransel dan Tas Selempang Pengaruhi Kesehatan, Benarkah?

oleh -408 kali dilihat
Pakai Ransel dan Tas Selempang Pengaruhi Kesehatan, Benarkah?
Ilustrasi tas ransel/Foto-pixabay

Klikhijau.com – Apakah Anda termasuk orang yang suka menggunakan tas ransel? Atau Anda lebih suka menggunakan tas selempang?

Dua jenis tas yang tadi disebutkan merupakan jenis tas yang paling digemari. Alasannya tentu karena mudah dibawa ke mana pun. Selain itu, berbagai barang bawaan juga bisa dimuat di dalamnya.

Selama ini, saya pernah menggunakan dua jenis tas di atas. Tapi tak pernah peduli, apakah ada dampaknya untuk kesehatan atau tidak.

Hingga akhirnya saya menemukan sebuah artikel berjudul “Ransel vs. Tas Selempang, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?” di laman Hellosehat.com. Berikut perbandingan tas ransel dengan tas selempang dan pengaruhnya bagi kesehatan yang ditulis Nabila Azmi.

KLIK INI:  Langkah Sederhana Menjaga Lingkungan, Cobalah Tren Kekinian Ini!
Mana yang lebih baik, ransel atau selempang?

Banyaknya kebutuhan dan barang yang harus dibawa ketika bepergian, terutama ketika jaraknya cukup jauh pasti menggunakan tas. Mulai dari laptop, buku, kunci rumah, dompet, dan berbagai hal lainnya.

Banyaknya barang yang dimasukkan ke dalam tas membuatnya semakin berat. Tanpa sadar, Anda telah membebani bahu dan punggung sehingga rentan membuatnya sakit.

Dua jenis tas yang paling populer dan bisa memuat banyak barang adalah tas ransel dan selempang. Namun, tentu keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan.

Pada dasarnya, ransel atau tas punggung memiliki banyak bagian yang membuat isi tas lebih teratur. Seperti yang dikutip dari laman Teens Health, ransel adalah pilihan yang baik jika membawa barang yang banyak.

Ini karena penggunaan ransel akan membuat beban yang dibawa memiliki porsi yang seimbang pada otot terkuat manusia, yaitu otot punggung dan perut.

KLIK INI:  Benarkah Olahraga Membantu Pertahankan Kenangan Berharga?

Sebuah penelitian tahun 2015 menyatakan, tas ransel lebih baik karena dapat mengurangi gejala nyeri punggung belakang dibandingkan jenis tas lain pada perempuan remaja.

Meski beban otot seimbang, bisa mengakibatkan postur tulang belakang jadi terganggu.

Barang bawaan yang terlalu berat akan membebani punggung sehingga tas bisa menarik tubuh ke belakang. Anda pun akan memajukan tubuh pada bagian panggul dan lengkung tulang belakang.

Di sisi lain, jika memilih menggunakan tas selempang dengan beban yang berat juga dapat memengaruhi gaya berjalan Anda. Saat berjalan, lengan dan kaki akan berayun dan membutuhkan keseimbangan yang baik.

Ketika isi tas terlalu membebani salah satu bahu atau salah satu sisi tubuh, bisa mengganggu keseimbangan dan berisiko menderita sakit punggung.

Jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. Jika Anda hanya membawa sedikit barang, tas bahu atau tas selempang adalah jawabannya. Anda juga bisa terlihat lebih modis.

Dari baik buruknya menggunakan kedua jenis tas yang telah disebutkan tadi, tas ransel pilihan terbaiknya. Dibandingkan dengan tas selempang, tas ransel membuat beban pada otot seimbang.

KLIK INI:  Main Gawai dan Nonton TV Sambil Tiduran, Berbahaya?
Agar terhindar dari sakit punggung

Sakit punggung yang diakibatkan oleh penggunaan tas memang tidak bisa dihindari sepenuhnya. Tetapi, risiko tersebut dapat dikurangi dengan memakai ransel sebagai pengganti tas bahu dan selempang.

Masih ada tips lain yang bisa membantu meringankan beban bawaan tas Anda. Misalnya, memilih ukuran tas yang kecil.

Semakin besar tas yang Anda pakai, semakin besar pula kecenderungan memasukkan barang yang sebenarnya tidak terlalu penting. Akibatnya, tas menjadi lebih berat.

Gunakan tas dengan tali yang tebal dan lebar. Tali tas yang kecil akan membuat otot bahu sakit. Pilihlah tas berdasarkan kebutuhan Anda. Misalnya, tas yang digunakan ketika berangkat bekerja tentu berbeda ketika Anda berwisata.

Tips terakhir adalah menggunakan kedua tali ransel. Gunakan sisi bahu bergantian ketika menggunakan tas selempang untuk menjaga postur tubuh.

Yang paling utama dalam memilih tas ransel atau selempang adalah mengetahui barang apa saja yang harus dibawa.

KLIK INI:  Rupanya Pembalut Sekali Pakai Berbahaya Bagi Lingkungan