Sekilas Tentang TNBK, Kawasan Konservasi Lintas Batas Pertama di Asia

Publish by -118 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Lebih Dekat dengan TNBK, Kawasan Konservasi Lintas Batas Pertama di Asia
Lebih Dekat dengan TNBK, Kawasan Konservasi Lintas Batas Pertama di Asia/foto-GPSwisataindonesia

TN ini dijadikan menara air bagi lingkungan sekitarnya

Klikhijau.com – Indonesia memiliki banyak taman nasional dan kawasan konservasi Tempat berbagai flora dan fauna hidup dan berkembangbiak, tempat yang cukup aman karena dilindungi oleh pemerintah.

Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) hanyalah salah satu dari banyak tanam nasional.   TN Betung Kerihun berada di jantung hutan Kalimantan, tepatnya di Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Kapuas Hulu.

Betung merupakan nama gunung yang berada di bagian barat kawasan dan Kerihun adalah gunung yang berada di bagian timur kawasan

Di TN tersebut banyak dihuni jenis flora dan fauna yang unik, juga pemandangan bentangan alam yang didominasi pegunungan dan memiliki ekosistem hutan hujan yang lengkap.

KLIK INI:  Desa Wisata Kahayya, Tempat Tetirah Bagi yang Luka Cinta

Dikatakan memiliki ekosistem hujan yang lengkap karena  terdapat  hutan hujan dataran rendah hingga hutan hujan pegunungan.

TN ini dijadikan menara air bagi lingkungan sekitarnya. Karena memiliki   ratusan sungai membuat karakteristik hidrologi yang dominan.

Hal tak lain yang tak terduga dari TN ini, sebab merupakan merupakan kawasan konservasi lintas batas pertama yang ada di Asia yang  berbatasan langsung dengan salah satu Animal Wildlife Sanctuary, Sarawak, Malaysia.

Pada tahun 1982 TN  Betung Kerihun adalah kawasan konservasi yang berstatus sebagai Cagar Alam. Lalu pada tahun 1995 Betung Kerihun resmi dijadikan sebagai Taman Nasional

Di tahun 1992 luas Betung Kerihun diperluas menjadi 800.000 hektar yang sebelumnya hanya memilik luas kurang lebih  6.000 hektar saja.

TNBK memiliki nilai strategis yang amat penting. Setidaknya ada 5 nilai penting tersebut antara lain:

  • Sebagai sumber kehidupan  karena merupakan bank plasma (genetic resource)dan sumber air.
  • Sebagai focus area berbagai program konservasi seperti Heart of Borneo dan Kabupaten Konservasi,
  • Berada dalam program nasional pengembangan wilayah perbatasan negara.
  • Sebagai nominasi warisan alam dunia lintas batas (trans-boundary rainforest heritage of borneo)
  • Sebagai salah satu target pembangunan taman nasional model. Dengan memiliki nilai strategis yang cukup tinggi ini TNBK cukup banyak mendapat perhatian, baik dari dalam maupun luar negeri.
Dihuni ribuan flora

TN ini memiliki potensi  yang sangat besar. Di dalamnya ada berbagai jenis keberagaman hayati, potensi hidrologi, dan juga potensi jasa wisata.

Untuk potensi flora sendiri TN ini memiliki kurang dari 1.216 jenis flora.  75 di antaranya merupakan tanaman endemik Kalimantan. Bahkan di TN ini ditemukan kantong semar dan spesies pisang jenis baru.

Hal unik lain yang bisa dijumpai adalah   12 jenis jamur yang tercatat tumbuh di kawasan Betung Kerihun. Kemudian ada juga 133 jenis tanaman paku-pakuan.

KLIK INI:  BBKSDA Sulsel Gelar Forum Penyegaran Bagi Pejabat Fungsional dan Tenaga Teknis

Sedangkan keanekaragaman lumut di Betung Kerihun mulai dari yang sederhana hingga jenis lumut yang sudah canggih.

Lumut yang tumbuh di atas tanah berfungsi sebagai filter air, media yang baik untuk persemaian biji, dan membantu mempercepat regenerasi tumbuhan hutan.

Sementara untuk fauna sendiri TN ini memiliki kurang lebih   48 jenis mamalia. Mamalia besar yang ada di Betung Kerihun adalah orang utan yang merupakan satwa primadona yang bisa kita jumpai hampir di semua kawasan.

Selain orang utan,  primata yang bisa dijumpai, yaitu owa kelawat atau klampiau dan lainnya  semisal  jenis amfibi, repitil, burung, ikan, dan lain-lain.

Untuk ekosistem hutannya,  ada hutan dipterokarpa dataran rendah, hutan aluvial, hutan rawa, hutan sekunder tua, hutan dipterokarpa bukit, hutan berkapur, hutan sub gunung, dan hutan pegunungan.  Hutan dipterokarpa dataran rendah merupakan ekosistem yang paling luas.

Saat berkunjung, kamu akan mudah sekali menemukan pohon-pohon berdiameter besar di kawasan TN Betung Kerihun.  Di dalam hutan kamu juga bisa menemukan berbagai macam tanaman obat.

Itulah sekilas tentang TN Betung Kerihun, semoga bermanfaat bagi sahabat hijau.

KLIK INI:  Memperpanjang Napas Pesut Mahakam di Tangan Konservasi
Editor: Idris Makkatutu

KLIK Pilihan!