5 Trik Jitu Membeli Tanaman Hias, Jangan Asal Tergoda dengan yang Kinclong!

oleh -1,739 kali dilihat
5 Trik Jitu Membeli Tanaman Hias, Jangan Asal Tergoda dengan yang Kinclong!
Mas Iwan, ahli tanaman hias dari Bogor - Foto/Ist

Klikhijau.com –Memang perlu suatu trik khusus sebelum membeli tanaman hias. Jangan asal beli apalagi terbujuk tawaran harga miring! Sebaiknya berpikir lebih jernih sebelum memutuskan membeli. Salah pilih, tentu bisa rugi besar.

Apatahlagi tempat-tempat penjualan tanaman hias semakin mudah dijumpai. Tak hanya di tempat-tempat tertentu yang memang permanen dan familiar, aneka bunga-bunga juga dijajal di pinggir jalan.

Tawaran melalui Marketplace pun cukup banyak, termasuk melalui penjualan online di sosial media. Tak sedikit yang gagal mendapatkan tanaman hias terbaik, semisal harganya yang terlampau mahal, kesehatan tanaman hingga pertumbuhannya yang mandek.

Masalah lainnya yang lazim terjadi adalah pilihan yang tidak sesuai dengan jenis yang sedang trending. Faktanya, setiap jenis tanaman memiliki sub-jenis yang beragam dengan corak, warna daun dan pola perawatannya masing-masing.

Ada pula yang terjebak pada penampilan tanaman saat membeli. Dilihatnya kinclong daunnya, padahal beberapa hari setelah dibeli, tanaman itu layu lemas. Oleh sebab itu, tak ada salahnya mempelajari trik di bawah ini sebelum membeli tanaman hias agar tidak salah pilih.

KLIK INI:  Seberapa Sering Anda Perlu Mengganti Media Tanam Pot?
5 trik jitu sebelum membeli tanaman

Ada 5 hal yang perlu Anda lakukan atau perhatikan sebelum memutuskan membeli jenis tanaman hias, antara lain:

  • Pelajari jenis tanaman hias

Ada baiknya mempelajari satu persatu tanaman hias yang sedang trending saat ini, misalnya aglaonema, alocasia, anthurium, philodendron, sukulen dan lainnya. Pemahaman akan tanaman akan memberi Anda suatu preferensi kuat mengenai daya tarik tanaman dan alasan ideologis mengapa harus membelinya.

Untuk mendalami literasi tanaman hias, Anda dapat mencari informasi di internet atau melalui buku-buku. Atau informasi dari kawan atau kerabat yang lebih awal menggeluti tanaman hias. Saat sudah berada di penjual tanaman hias, fokuslah pada tanaman yang Anda inginkan dan diskusikan secara detail dengan penjualnya.

  • Cek harganya dengan tuntas

Sekadar catatan bahwa harga tanaman hias saat ini sangat fluktuatif. Kadang ada jenis tertentu dapat terjual dengan harga tinggi, namun di waktu tertentu harganya dapat melorot turun secara drastis.

Sebelum membeli tanaman hias, Anda harus memahami harga tanaman yang sedang diincar. Caranya adalah dengan menanyakan jenis tanaman tersebut di beberapa agen penjualan. Informasi dari beberapa agen penjualan akan jadi referensi khusus buat Anda sebelum membeli. Jangan lupa, setiap tanaman juga dijual di Marketplace, Anda bisa membuka dan menelusuri harga setiap jenis tanaman yang diinginkan sebagai perbandingan.

KLIK INI:  Memotret Landscape Alam Raya dengan Smartphone, Ini Tipsnya!
  • Sesuaikan pilihan dengan minat dan kebutuhan

Setiap individu punya minat dan kebutuhan yang berbeda-beda dengan tanaman hias. Sebagai contoh, di rumah Anda mungkin paling tepat bila dihiasi dengan tanaman hias gantung, maka pilihlah tanaman jenis ini yang memungkinkan bisa tumbuh menjuntai. Pilihan ini bisa jadi terkait dengan luas ruangan atau tata dekorasi di rumah Anda.

Bila Anda seorang kolektor yang tertarik menyimpan tanaman khusus yang otentik, mungkin Anda cocok membeli tanaman bonsai atau tanaman esklusif semisal sekulen atau jenis Monstera. Bila menyukai kembang warna-warni, angrek atau bunga pukul sembilan bisa jadi pilihan. Pendeknya, ada banyak pilihan yang bisa diambil, tergantung kebutuhan.

Tak sedikit tanaman hias khusus yang bisa ditanam justru untuk mendapatkan udara segar dan oksigen terbaik di halaman rumah.

  • Sesuaikan dengan keuangan

Harga tanaman hias memang sangat bervariasi. Namun ada jenis tertentu yang memang super mahal, ada pula yang murah-meriah. Mahal atau murahnya sebuah tanaman seringkali dipengaruhi oleh kelangkaan spesiesnya atau kekhasan yang dimilikinya.

KLIK INI:  Perihal Perbanyakan Tanaman Secara Vegetatif, Kelemahan, dan Kelebihannya

Sejatinya, setiap tanaman punya daya tarik masing-masing. Mengoleksi tanaman hias tidak selalu yang mahal-mahal. Ada banyak pula yang penampilannya bagus, tetapi murah dan layak menghiasi halaman rumah.

  • Jangan tergoda dengan sekadar penampilan

Hampir semua tanaman hias yang dipajang untuk dijual pastilah telah dipersolek sedemikian rupa agar menarik minat pembelinya. Karenanya, jangan menjadikan standar penampilan sesaat sebagai alasan utama membeli sebuah tanaman.

Daun yang kinclong misalnya bisa jadi karena bersifat instan dan tidak alami. Hal utama yang harus diingat adalah pastikan tanaman itu sehat, tidak ada potensi busuk akar, dan tumbuh dengan proses yang baik.

Itulah 5 trik jitu dalam membeli tanaman hias. Bila masih ragu, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli tanaman hias. Atau belilah tanaman hias pada galery tanaman yang juga ahli dan paham luar dalam mengenai perawatan tanaman.

Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Varian Ukuran Polybag dan Pemanfaatan Jenis Tanaman yang Tepat