6 Cara Merawat Tanaman Indoor agar Tumbuh Bersahaja

oleh -51 kali dilihat
6 Cara Merawat Tanaman Indoor agar Tumbuh Bersahaja
Ilustrasi tanaman - Foto: Ist

Klikhijau.com – Merawat tanaman dalam ruangan (indoor) rasanya memang gampang-gampang susah. Hal itu karena tanaman indoor tidak berada di ruang terbuka dimana akses cahaya matahari dan udara dapat menyentuhnya langsung.

Selain kepiawaian dalam memilih tanaman indoor yang tepat, tentu penting untuk tahu tips praktis merawat tanaman dalam ruangan. Hal ini penting agar tanaman tetap subur dan memberi kebermanfaatan.

Setidaknya ada dua manfaat yang bisa dirasakan dengan menaruh tanaman dalam ruangan, pertama menambah estetika ruangan, kedua memberi kesegaran tersendiri dalam ruangan.

Manfaat lainnya tentu berkaitan dengan kepuasan psikologis. Tanaman membuat kita lebih bergairah dan berbahagia.

KLIK INI:  4 Cara Menanam Jahe Merah agar Bertumbuh Subur dan Melimpah

Tips merawat tanaman indoor

Berikut ini beberapa tips praktis yang bisa dilakukan demi menjaga kesegaran tanaman indoor:

  • Kenali karakteristik tanaman

Hal pertama dan tentu paling utama yang perlu diperhatikan dalam merawat tanaman indoor adalah mengenali karakteristik tanaman. Kamu harus memahami secara detail mengenai kecocokan sebuah tanaman ditempatkan dalam ruangan. Mulai dari varietas tanaman, jenis, rekomendasi suhu, kelembapan, cahaya, air hingga metode perawatannya.

Dengan memahami semua hal tersebut kamu akan tahu cara merawat tanaman indoor. Juga memahami cara mengantisipasi jika ada hal-hal yang menerpa tanaman semisal hama, daun menguning dan seterusnya.

  • Atur suhu dalam ruangan

Tanaman indoor tentu harus diperhatikan suhu udara dalam ruangan. Pastikan ruangan tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Suhu ada di kisaran 22 – 24 derajat celcius—suhu ini terbilang ideal untuk pertumbuhan tanaman.

KLIK INI:  Temukan Bahagia yang Istimewa dengan Memeluk Pohon, Begini Caranya!
  • Atur penyiraman

Kebanyakan tanaman yang cocok di dalam ruangan tidak perlu penyiraman intensif. Karenanya, kamu tidak perlu melakukan penyiraman setiap hari. Indikatornya ada pada media tanamnya. Jika media tanamnya masih lembab, jangan disiram dulu yah Sahabat Hijau.

Kelebihan air pada tanaman indoor dapat memicu terjadinya busuk akar. Siram tanaman saat media tanamnya benar-benar sudah mengering.

  • Perhatikan akses pencahayaan

Akses cahaya sangatlah dibutuhkan tanaman meski ditempatkan dalam ruangan. Hal itu karena semua tanaman melakukan proses fotosintetis. Beri pencahayaan yang baik pada tanaman agar tetap segar dan tidak layu.

  • Beri nutrisi yang cukup

Tetap perhatikan nutrisi tanaman dengan memberikan pupuk atau mengganti media tanam yang lebih baik. Pemberian pupuk organik tentu lebih baik dan lebih murah untuk memenuhi nutrisi tanaman.

  • Jaga dari hewan peliharaan

Jika di rumahmu ada hewan peliharaan seperti kucing, pastikan tanaman tidak disentuh oleh hewan peliharaan. Pastikan pula pot tanaman tidak menjadi tempat hewan peliharaan buang air. Baca selengkapnya panduan merawat tanaman dalam ruangan di SINI!

Demikian, tips menjaga tanaman dalam ruangan, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  5 Tips Sederhana Merawat Tanaman Pot di Musim Hujan