Cara Merawat Aglonema Agar dapat Memanen Manfaat Terbaiknya

Publish by -18.870 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
aglonema tanaman hias
Tanaman aglonema dengan pot ukuran kecil ternyata mendukung pertumbuhan yang maksimal - Foto/FB:Robi Yansah

Klikhijau.com – Bagaimana cara merawat Aglonema yang benar? Pertanyaan ini sering diajukan banyak pencinta ‘sang ratu daun’, khususnya pemula.

Aglonema atau aglaonema alias sri rezeki memang idola banyak orang khususnya ibu-ibu muda. Si ratu daun ini tiada henti-hentinya jadi incaran para penggemarnya. Memajangnya di rumah, tentu satu kebanggaan tersendiri plus beragam manfaat terbaiknya.

Namun demikian, tidak sedikit yang punya pengalaman kurang happy saat menanam aglonema. Misalnya, pertumbuhannya terganggu, layu bahkan mati. Ini berarti ada yang salah dalam perawatannya.

Yuk, cari tahu cara merawat aglonema agar tanaman ini dapat bertumbuh-kembang sebagaimana mestinya. Bila perlu, dan bila sudah semakin piawai, budidaya aglonema tentu bisa menghasikan rupiah, ditengah massifnya peminat tanaman ini.

KLIK INI:  Daffodil, Bunga Hias Sarat Simbolis yang Tebar Banyak Manfaat
#Perhatikan pencahayaan

Seperti pengalaman Ella (pegiat aglonema) pada artikel sebelumnya, pencahayaan satu aspek penting dalam tanaman ini.

Tanaman yang bisa tumbuh ideal di kawasan dataran rendah hingga ketinggian 300 sampai 400 mdpl ini memang menyukai lingkungan yang teduh dengan pencahayaan sedang.

Sebaiknya sinar matahari tidak langsung mengenai tanaman atau hanya 10% hingga 30% dan lingkungan memiliki kelembaban sekitar 50% hingga 70% dengan suhu maksimal 30 derajat Celcius dengan sirkulasi udara yang baik.

#Media tanam yang tepat

Aglonema harus ditanam memakai media tanam yang tepat. Umumnya memakai media tanaman yang memiliki porositas yang baik dengan komposisi yang terdiri dari pakis, sekam bakar, pasir malang dan humus. Seluruh media tanam tersebut harus steril dan bebas dari penyakit dengan tingkat pH 7 yang kaya akan unsur hara.

KLIK INI:  Araceae, Tumbuhan Potensial yang Terancam Degradasi Hutan

Intinya adalah media tanam tidak boleh mengeras/memadat atau menggumpal. Ada pula pegiat tanaman aglo yang memakai campuran sekam mentah, sekam bakar, pakis oven halus dan cocopeat. Perbandingannya kira-kira 1:1:2:0,5.

#Penyiraman

Pengalaman Ella menarik jadi pertimbangan, ternyata tanaman aglo tidaklah terlalu memerlukan penyiraman intens dengan kadar air berlebihan. Mengapa demikian? Alasan utamanya karena media tanamnya poros, jadi penyiraman berlebihan atau keseringan justru akan membuat akarnya membusuk.

Disarankan menyiram aglonema dengan tidak langsung yakni dengan menggunakan spray pada daunnya agar tetap lembat. Cara ini bisa dilakukan2 atau 3 kali sehari. Ada baiknya, aglo Anda tidak ditaruh di tempat yang terkena desiran air hujan berlebihan.

#Pemupukan dan perawatan

Kebanyakan pegiat tanaman aglo hanya mengandalkan pupuk organik (kompos atau pupuk kandang) untuk nutrisi tanaman ini. Untuk perawatan maksimal, jagalah kebersihan lingkungan dan media tanam agar tanaman tidak terserang penyakit.

KLIK INI:  Selain Merawat Tanaman, 4 Aktivitas Ramah Lingkungan Ini Sangat Bermakna Saat di Rumah!

Hama yang sering menyerang aglaonema antara lain kutu putih, ulat dan belalang, sedangkan penyakit yang sering menyerang biasanya disebabkan oleh cendawan, bakteri dan virus. Jika tanaman terserang, kita dapat menggunakan insektisida, bakterisida atau fungisida untuk pengendalian.

#Perhatikan ukuran pot

Ini pengalaman menarik yang dibagi seorang pencinta bunga bernama Robi Yansah di facebook dan juga telah diterapkan banyak penggemar aglonema. Tampaknya sepele, tapi bagian pot termasuk sisi yang paling elementer untuk tanaman bertumbuh maksimal.

Ada yang mengira bahwa memakai pot yang besar akan mendukung pertumbuhannya. Faktanya, pemakaian pot kecil ukuran 20 cm (bahkan disarankan pot lebih kecil yakni 10,12,15 atau 17 cm) ternyata lebih tepat untuk perkembangan aglonema.

Logikanya sederhana, semakin besar pot yang digunakan semakin banyak pula media tanam yang dipakai. Hal ini berpotensi terjadinya penyimpanan air dalam pot yang juga banyak yang justru berdampak pada pembusukan akarnya.

KLIK INI:  Berkenalan dengan Akasia, Pohon Kenangan yang Kembali Diidamkan

Untuk mendeteksi terjadinya kerusakan pada akar, perhatikanlah dengan seksama dedaunnya. Aglo yang akarnya tak sehat biasanya terlihat dari daun paling bawahnya yang  menguning. Kemudian disusul lagi daun di atas berikunya dan seterusnya, hingga tanaman aglo Anda mati perlahan.

Itulah cara  merawat aglonema yang penting diperhatikan untuk si ratu daun yang menyegarkan. Tutorial sederhana ini penting diperhatikan agar manfaatnya dapat dirasakan.

Manfaat tanaman aglonema

Di balik penampilan cantiknya, agonema menyimpan manfaat istimewa yang membuatnya diburu para pencinta tanaman hias. Berikut beberapa manfaat terbaiknya yang dapat Anda peroleh dengan menanam aglonema.

1. Tanaman hias

Bentuk daun warna daun yang beragam dan menarik menjadikan tanaman ini salah satu pilihan utama para dekorator untuk memperindah ruangan. Kelebihan lain yang dimiliki tumbuhan sri rejeki adalah daya tahannya terhadap lingkungan ber-AC maupun tidak, oleh sebab itu tanaman ini dapat ditanam di dalam ruangan maupun di ruang terbuka.

KLIK INI:  Cara Simpel Menanam Rumput Gajah Mini sebagai Karpet Alami di Halaman Rumah
2. Potensi bisnis

Tingginya minat masyarakat untuk menanam dan mengoleksi tanaman sri rejeki menjadi peluang bisnis yang menguntungkan bagi para pembudidaya tanaman hias. Hingga saat ini, semakin banyak orang yang budidaya aglonema karena potensi bisnisnya yang menjanjikan.

3. Menyerap Polutan

Terdapat penelitian yang mengatakan jika tanaman aglaonema dikombinasikan dengan tanaman lidah mertua dapat menggantikan fungsi dari AC dalam memfilter udara. Perpaduan keduanya dapat menyerap polutan di udara, seperti asap rokok dan menetralisirnya. Sri rejeki juga bisa jadi anti bakteri yang dapat menekan jumlah populasi spora jamur hingga 50%.

4. Tanaman hoki

Benar atau tidak tentu tergantung pada pemilikya, namun banyak yang percaya bahwa aglonema atau sri rezeki merupakan satu tanaman hoki.

Itulah cara merawat aglonema, selamat menanam dan memanen manfaatnya!

KLIK INI:  Mekar Hanya Sesaat, Luangkan Waktu Menikmati Keindahan 5 Bunga Ini!
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!