Berbunga Indah, 7 Tanaman Rambat Ini Bisa Jadi Pilihan untuk Dekorasi Rumah

Publish by -1.139 kali dilihat
Penulis: Idris Makkatutu
Berbunga Indah, 7 Tanaman Rambat Ini Jadi Pilihan untuk Dekorasi Rumah
Tanaman rambat kuku macan/foto-Ist

Klikhijau.com – Tanaman rambat banyak dimanfaatkan untuk membuat dekorasi rumah agar tampak lebih eksotis.

Banyak tanaman rambat yang memiliki keindahan menakjubkan. Beberapa tanaman rambat memiliki bunga, sehingga bisa menjadi tanaman hias untuk mengindahkan  halaman dan balkon rumah, bahkan kebun.

Tanaman yang bisa merambat memiliki karakteristiknya yang tumbuh menjalar. Ia bisa tumbuh dengan cepat yang memiliki sistem perawatan yang tidak rumit alias mudah dirawat.

Tanaman ini juga bisa langsung ditanam pada tanah atau pot kecil untuk rumah yang memilik ruang yang sempit.

KLIK INI:  Peperomia dan Tali Hati, Penghias Teras yang Estetik Bermahar Selangit

Jangan keliru menaman jenis tanaman ini, sebab tanaman yang bisa merambat tidak semuanya memiliki bunga. Jenis tanaman ini terbagi dua, yakni  berbunga dan tanaman rambat tidak berbunga.

Ini 7 tanaman rambat yang berbunga yang bisa jadi pilihan untuk Anda tanam:

  •  White clematis

tanaman ini memiliki bunga berwarna putih yang mirip bunga melati. Selain itul ebih cocok ditanam di dataran tinggi yang memiliki suhu udara sejuk.

Ia juga  nama janggut orang tua. Ia merupakan tanaman asli Amerika Utara dan kemudian tersebar luas di Amerika Serikat bagian barat di belukar tepi sungai, lereng bukit berhutan, dan hutan jenis konifera.

KLIK INI:  Kenali 7 Jenis Pot, Tanaman yang Pas dan Plus Minusnya!
  •  Kuku macan

Tanaman ini juga dikenal dengan nama Flame of irian. Merupakan  tanaman rambat yang berbunga.

Bunga flame of Irian atau kalau dalam bahasa Indonesia berarti Bunga Api Irian, adalah tanaman asli Indonesia yang berasal dari Irian atau papua sekarang.

Tanaman ini tampak indah menggantung dengan warna merah merona. Ia dapat dapat tumbuh dengan baik pada hutan dataran rendah dengan suhu panas berkisar 30-35 derajat celsius.

Tanaman ini itu dapat berbunga selama 3-5 kali dalam satu bulan. Tidak hanya sebagai tanaman hias, kuku macan juga bisa bermanfaat sebagai obat.

Tanaman  yang mempunyai nama latin Mucuna Bennetti ini sebenarnya masih termasuk keluarga bunga Anggrek.

Harga bunga flame of Irian dewasa dimulai dari Rp.225.000 hingga bisa mencapai Rp.380.000. Sedangkan harga bibit bunga kuku macan dimulai dari Rp.40.000 ke atas.

  • Blue sky vine

Tanaman ini bisa tumbuh hingga 20 meter. Cara pertumbuhannya dengan cara merambat. Memiliki akar yang panjang dan tunggal yang bisa menancap sangat dalam.

Daun-daunnya yang berpetiol dan saling berlawanan memeiliki permukaan yang kasar dan ukuran yang bervariasi.

Blue sky vine dapat ditemukan di China, India, Nepal, Indochina, dan Burma, serta dinaturalisasi secara luas di berbagai tempat lain.

Tanaman dengan nama Thunbergia grandiflora ini dikenal juga dengan nama anggur langit biru. Merupakan keluarga Acanthaceae.

Ia tumbuh dengan cara  melilit dengan menawarkan bunga biru pucat yang indah. Blue sky vine  adalah tanaman yang cepat tumbuh.

KLIK INI:  Bunga Chamomile, Antibakteri dan Kaya Manfaat untuk Kecantikan
  • Dipladenia

Dipladenia adalah keluarga Mandevilla, sehingga biasa juga disebut mandevilla. Memilik  pola pertumbuhan yang jelas berbeda.

Ia tumbuh merambat dengan   memanjat struktur vertikal untuk mencari cahaya kanopi. Dipladenia adalah tanaman semak yang batangnya tumbuh dan menggantung.

Jenis tanaman ini  berbunga dan menyukai sinar matahari. Selain itu tanaman rambat yang berbunga satu ini memiliki batang tanaman yang tumbuh menggantung serta memiliki daun yang halus dan sangat runcing. Daun itu juga sangat hijau dan berkilau.

  •   Black eyed susan vine

Tanaman ini dapat ditemukan di vegetasi Cerrado di Brazil dan Hawaii, bersama dengan Australia bagian timur dan Amerika Serikat bagian selatan di negara bagian Texas dan Florida, serta di Puerto Riko.

Ia dapat tumbuh dengan  cepat dan memiliki bunga dengan warna, uning, oranye, atau putih cerah. Sehingga tampak eksotis sebagai tanaman hias.

KLIK INI:  Bunga Iler, Tanaman Hias Berfungsi Herbal dan Cara Merawatnya
  •   Trumpet vine

Trumpet vine adalah spesies dari berbunga tanaman dari keluarga bignoniaceae. Tanaman ini merupakan tanaman asli ke Amerika Serikat bagian timur dan Ontario selatan.

Saat ini Trumpet vine telah dinaturalisasi di beberapa bagian Amerika Serikat bagian baratserta di Ontario dan Quebec bagian selatan , sebagian Eropa , dan lokasi yang tersebar di Amerika Latin .

Ia bisa tumbuh  hingga 10 meter, merupakan tanaman merambat kayu yangkuat dan meranggas . memiliki bunga yang mencolok  berbentuk terompet.

Bunganya berwarna oranye atau merah ini mekar pada sepanjang musim panas. Tanaman rambat dinding trumpet vine ini paling baik ditanam pada tempat yang sejuk.

Setelah berkembang, tanaman ini menghasilkan biji seperti kacang yang menarik. Selain itu bunga tanaman ini sangat menarik bagi burung kolibri, sang burung pun berfungsi untuk menyebarkan serbuk bunga.

KLIK INI:  Lidah Mertua Berbunga? Temukan Pesona dan Berjuta Manfaatnya!
  •  Morning glory

Morning  glory termasuk dalam famili Convolvulaceae yang memiliki variasi warna dan pola lebih dari 1000 jenis di seluruh dunia.

Tanaman bernama latin nama ilmiah Ipomea ini lebih suka paparan sinar matahari penuh sepanjang hari.

Sebagian besar bunga  morning glory terurai menjadi mekar penuh di pagi hari. Bunga-bunga biasanya mulai memudar beberapa jam sebelum kelopaknya mulai menunjukkan keriting yang terlihat.

Nah, itulah 7 tanaman hias yang merambat yang bisa membuat rumah Anda tampak indah dan tidak menoton.

KLIK INI:  Bunga Kenop, Tanaman Hias yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan
Editor: Idris Makkatutu

KLIK Pilihan!