Kaktus dan Sukulen Menjadi Tanaman Hias Favorit, Ini Perbedaan Keduanya!

Publish by -732 kali dilihat
Penulis: Zakiyatur Rosidah
Kaktus dan Sukulen Menjadi Tanaman Hias Favorit, Ini Perbedaan Keduanya!
Kaktus dan sukulen - Foto/Sisternet

Klikhijau.com – Tanaman hias saat ini lagi digandrungi, tak di kota tapi juga di desa, dari bunga unik hingga tanaman kecil seperti kaktus atau sukulen. Nah bicara soal kaktus dan sukulen, rasanya penting mengetahui perbedaan kaktus dan sukulen.

Sukulen atau succophyte adalah tumbuhan yang memiliki setidaknya satu jaringan sukulen. Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa sifat sukulen bisa terdapat dalam satu atau lebih dari bagian tubuh tumbuhan.

Jika dilihat sepintas, baik kaktus dan juga sukulen memang memiliki kemiripan. Keduanya sama-sama memiliki bentuk yang unik juga ukuran yang mungil.

Nah, sebelum melanjutkan pembahasan, pertama-tama Anda harus memahami bahwa sukulen merupakan istilah yang merujuk pada tanaman yang memiliki kemampuan untuk menyimpan air dalam jumlah banyak sehingga bisa bertahan dalam kondisi kering sekalipun.

Jadi, sukulen bukanlah sebuah nama family tumbuhan seperti kaktus. Sukulen ini bisa terdapat di berbagai tubuh tumbuhan, bisa dalam daun, batang, dan lain sebagainya.

KLIK INI:  Berkenalan dengan Aglonema Sang Ratu Daun, Primadona Ibu-Ibu Muda

Dari penjelasan di atas, jelaslah bahwa kaktus adalah tanaman sukulen dan sebaliknya tak semua sukulen adalah kaktus.

Sifat sukulen ada di dalam kaktus karena kaktus menyerap dan menyimpan air pada batang tumbuhannya. Dari segi fisik tanamannya sendiri, sukulen memiliki kelopak yang seperti daun, sementara kaktus memiliki duri sebagai pengganti jaringan daun.

Keduanya memang tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Untuk perawatannya sendiri pun sama antara kaktus dan juga sukulen.

Agar bisa tumbuh dengan sempurna, baik kaktus dan juga sukulen membutuhkan intensitas cahaya yang banyak. Hanya saja, bukan berarti keduanya harus ditanam di bawah sinar matahari langsung.

Anda bisa menempatkannya di tempat yang terang, namun tidak langsung terkena sinar matahari. Oleh sebab itu, kaktus dan juga sukulen seringkali ditempatkan di dalam ruangan.

Fitur sukulen daun (jaringan sukulen yang berada pada daun) ada pada beberapa keluarga tumbuhan. Biasanya ada pada tumbuhan yang hidup di lingkungan dengan masa kekeringan yang tidak terlalu panjang.

KLIK INI:  Bunga Pukul Empat Tebar Manfaat, dari Kanker hingga Usir Jerawat

Sukulen batang seperti kaktus memiliki jaringan sukulen pada batangnya. Sukulen batang memiliki daun-daun yang ukurannya sangat kecil bahkan tidak ada. Fotosintesis dilakukan oleh batangnya yang berwarna hijau.

Sukulen batang dapat bertahan di lingkungan yang lebih kering. Penyimpanan air di dalam batang tersebut terlindung oleh kulit tebal dan duri tajam dari cuaca ekstrim dan predator.

Baik kaktus dan sukulen tidak memerlukan pasokan air setiap harinya. Sebab terlalu banyak air justru bisa membuat keduanya membusuk. Anda bisa menyemprotkan air setiap beberapa kali sehari, atau menyiramnya dengan jumlah air yang tidak terlalu banyak.

Tumbuhan yang termasuk sukulen bisa berupa monokotil atau dikotil. Pertumbuhan, pembuahan, dan struktur bunga sangat bervariasi satu sama lain. Sebab, tumbuhan yang termasuk pada kategori sukulen berasal dari sejumlah besar famili tumbuhan. Beberapa di antaranya yaitu Agavaceae, Crassulaceae, Euphorbiaceae, Liliaceae, dan masih banyak lagi.

Itu dia perbedaan antara kaktus dan juga sukulen. Semoga bisa membantu, ya!

KLIK INI:  Fantastis, Harga Terbaru Tanaman Hias Janda Bolong Tembus Rp 100 Juta!
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!