Yuk, Intip Keberhasilan Gakkum KLHK!

oleh -96 kali dilihat
Peroleh 3 Penghargaan di Asia, Ini Keberhasilan Gakkum KLHK!
Rasio Ridho Sani/foto-Klhk
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Dalam empat tahun sejak dibentuk, Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum KLHK). Telah berhasil melaksanakan lebih dari 1.180 operasi pengamanan hutan.

Selain itu, Gakkum  juga membawa 760 kasus ke pengadilan, dan menegakkan 1.094 sanksi administratif kepada perusahaan-perusahaan pelanggar hukum lingkungan hidup dan kehutanan (LHK).

Gakkum KLHK juga telah berhasil memenangkan gugatan perdata senilai 1,3 Miliar USD, menyelamatkan jutaan hektar hutan tropis dan tumbuhan serta satwa dilindungi dari pembalakan liar, perambahan hutan, perburuan dan perdagangan satwa liar ilegal, serta kebakaran hutan dan lahan.

Keberhasilan itu diganjar dengan penghargaan . Penghargaan tersebut merupakan penghargaan organisasi dan individu di Asia yang dinilai telah melakukan pemberantas kejahatan LHK lintas batas.

KLIK INI:  Tak Ada dari Sulsel, Ini Daftar Lengkap Penerima Nirwasita Tantra Tahun 2022
Peraih penghargaan terbanyak

Gakkum KLHK berharap pemberian Environmental Enforcement Awards tahun 2019 menjadi motivasi untuk semakin meningkatkan kinerjanya. Utamanya dalam menjaga integritas, terus berinovasi dan mengarustamakan gender.

Selain itu, diharapkan dapat mendorong kepercayaan publik bagi upaya penegakan hukum LHK serta memperluas jejaring internasional untuk memberantas kejahatan lintas batas.

Gakkum KLHK menerima 3 penghargaan dari 6 kategori penilaian, yakni kolaborasi, dampak, inovasi, integritas, kepemimpinan gender serta kerja sama Asia-Afrika. Dan yang berhasil diperoleh Gakkum KLHK, yakni inovasi, integritas dan kepemimpinan gender.

Hal ini menjadikan Gakkum  sebagai peraih penghargaan dengan kategori terbanyak dalam penghargaan Asia Environmental Enforcement Awards 2019. Penerimaan tersebut diterima langsung oleh Direktur Jenderal Gakkum KLHK, Rasio Ridho Sani.

KLIK INI:  Tergiur Nilai Ekonomi Sisik Trenggiling, S Diamankan Pihak Gakkum