SMK Kehutanan Makassar Mewisuda 97 Siswa Berwawasan Lingkungan

oleh -536 kali dilihat
foto
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui SMK Kehutanan Negeri (SMKKN) Makassar, Sabtu tanggal 4 Mei 2019 mewisuda 97 orang, terdiri dari 19 perempuan dan 78 laki-laki.

Mereka adalah hasil seleksi siswa tahun 2016 dan 2015 dari 9 provinsi wilayah pelayanan SMKKN Makassar ( Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku Utara, NTB dan NTT). Wisudawan berjumlah 97 orang telah mengikuti pembelajaran dan mengikuti Ujian Nasional tahun 2019 dan dinyatakan lulus 100 %.

Kepala SMKKN Makassar Haryono, dalam laporannya berharap profil wisudawan sesuai tujuan SMKKN Makassar, yaitu menyiapkan tenaga teknis kehutanan tingkat menengah yang berakhlak mulia, sehat, profesional, mandiri dan berwawasan lingkungan serta terbinannya sikap disiplin dan tertanamnya jiwa korsa rimbawan.

KLIK INI:  Menanamkan Pendidikan Lingkungan Hidup Sejak Kecil, Pentingkah?

Haryono dalam mencapai tujuannya juga tetap berupaya terus meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana, kerjasama dengan berbagai badan usaha dan industri kehutanan dalam rangka tempat Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Kepala sekolah juga melaporkan 3 wisudawan terbaik, yaitu terbaik ke 1 Gery Vovrian (Teknik Inventarisasi dan Pemetaan Hutan), ke 2 Grace Mylinda (Teknik Rehabilitasi dan Reklamasi Hutan), dan ke 3 Brigita Geby (Teknik Konservasi SDH).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan (BP2) SDM KLHK yang diwakili Sekretaris BP2SDM Ir. Sudayatna, mewisuda 97 lulusan di Plaza SMKKN Makassar dengan mengalungi medali setiap wisudawan. Sekretaris BP2SDM didampingi Kepala SMKKN Makassar dalam prosesi wisuda  dengan melepas topi dan evolet, serta memberi ijazah kepada setiap lulusan.

KLIK INI:  KLHK Libatkan Masyarakat dalam Penanganan Karhutla

Sudayatna dalam sambutan BP2SDM menyatakan, akan menyelenggarakan Pelatihan Tenaga Teknis PHPL –Penguji Kayu Bulat Rimba (Ganis PKBR) bagi lulusan SMKKN Kompetensi Keahlian Teknik Produksi Hasil Hutan.

Pelatihan ini diharapkan lulusan memiliki kompetensi lebih lengkap dan lebih diterima industri primer sektor kehutanan. Pelatihan ini adalah tindak lanjut kerja sama dengan Direktorat Jendral Pengelolaan Hutan Produksi KLHK.

Ke depan BP2SDM akan bekerja  sama dengan sektor swasta dan BUMN yang terkait seperti Perum Perhutani, usaha pertambangan, dan jasa konsultasi.  Lulusan SMKKN juga dapat mengisi lapangan kerja pada program pemerintah melalui Perhutanan Sosial dan KPH.

Acara kegiatan selain kegiatan prosesi wisuda, adalah penyambutan dan pengalungan bunga pada tamu kehormatan oleh perwakilan siswa yang diiringi “angngaru” sejenis puisi dalam sastra Makassar.

Di sela-sela acara wisuda, SMKKN Makassar sebagai UPT LHK BP2SDM KLHK memperkenalkan 5 calon siswa dari Timor Leste. Penerimaan calon siswa tersebut sebagai tindak lanjut kerjasama luar negeri antara Indonesia dengan Timor Leste melalui Kementerikan KLHK.

KLIK INI:  Selamat, KLHK Raih Juara Pertama Unit Kearsipan Kementerian Terbaik Nasional