5 Kejadian tak Terpuji Perihal Kebersihan Lingkungan dan Ide Mengatasinya

Publish by -350 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
5 Kejadian tak Terpuji Perihal Kebersihan Lingkungan dan Ide Mengatasinya
Seorang gadis di India melakukan swafoto berlatar sampah sebagai kritik atas polusi sampah di lingkungannya - Foto/Ist

Klikhijau.com – Kebersihan lingkungan merupakan sesuatu yang patut dijaga secara bersama-sama. Lingkungan yang bersih memberi manfaat untuk kesehatan, memberi kenyamanan dan sedap dipandang mata.

Secara naluri, setiap orang memiliki keinginan untuk hidup bersih secara pribadi. Lihat saja, betapa setiap orang senantiasa berupaya untuk menjauhkan dirinya dari sesuatu yang kotor dan bau. Hanya orang-orang gila saja yang tak risau berada di tempat kotor atau memakan sesuatu yang tidak steril.

Sayangnya, masih banyak di antara kita yang justru tidak peduli dengan kebersihan lingkungan. Sebagai contoh, ada-ada saja yang membuang sampah sembarangan dengan tujuan menjauhkan kotoran dari dirinya.

Kejadian ini dipicu oleh adanya persepsi yang keliru yang mengira bahwa urusan kebersihan di ruang tertentu adalah tanggungjawab pihak tertentu.

Padahal, menjaga kebersihan lingkungan adalah tanggungjawab bersama, selain kewajiban menjaga kebersihan diri sendiri. Ada pameo yang mengatakan “kebersihan adalah sebagian dari iman”. Ini berarti menjaga kebersihan merupakan sebuah keharusan yang pada hakikatnya menjadi cerminan diri kita sebagai mahluk beragama.

KLIK INI:  Sayembara Berhadiah Uang Digelar Demi Menangkap Pembuang Sampah di Selokan Mataram
Kejadian buruk perihal kebersihan lingkungan

Faktanya, di keseharian, masih lazim dijumpai kejadian tak menyenangkan perihal kebersihan lingkungan. Klikhijau merangkum 7 kejadian tak terpuji yang selayaknya tidak terulang lagi, berikut penjelasannya:

  • Melempar sampah dari atas kendaraan

Apakah Anda pernah menyaksikan ada pengendara mobil atau motor yang mendadak melemparkan sampah dari atas kendaraannya? Kalau saya sering, bahkan tak jarang saya jumpai di kota-kota besar di jalan protokol. Ini benar-benar menyebalkan apalagi kalau sempat mengenai tubuh kita yang sedang berkendara di sekitarnya.

Perilaku tak terpuji ini tak layak ditiru dan tentu merugikan orang lain dan lingkungan. Mereka mengira telah menjaga kebersihan, tetapi dengan memindahkan kotoran pada alam terbuka. Semoga saja orang-orang semacam ini segera insaf dan menyadari bahwa bumi sesungguhnya bukan tempat sampah terbuka.

  • Tempat umum yang membakar sampah

Menemukan tempat umum yang menangani sampahnya dengan cara membakar juga masih kerap kita jumpai. Tidak saja di kantor-kantor, kampus dan rumah ibadah pun kerap mengurus sampahnya dengan cara membakar. Padahal cara ini sangat berbahaya bagi kesehatan dan tentu tidak ramah lingkungan.

KLIK INI:  Pengendara Buang Sampah Sembarangan, Ini Sebabnya!

Mereka mengira sedang menuntaskan masalah sampahnya dengan meniadakannya, faktanya mereka sedang memanen masalah baru dan dampak yang lebih buruk.

  • Mobil pengangkut sampah yang lalai

Coba perhatikan bagaimana mobil pengangkut sampah berjalan. Tumpukan sampah yang penuh seringkali membuatnya lalai sehingga ada saja sampah yang beterbangan lagi ke mana-mana. Kejadian ini kerap terjadi diperkotaan, terutama saat volume sampah meningkat yang dipaksakan harus diangkut sekaligus.

  • Sampah plastik yang diseret ke selokan

Saat hujan tiba, air selokan meluap dan diperparah lagi dengan adanya tumpukan sampah plastik yang menyumbat. Ini bisa memicu banjir akibat saluran air tidak lancar. Darimana sampah-sampah plastik itu datang? Bolehjadi dari kiriman orang-orang yang iseng menyeret sampahnya ke saluran drainase. Atau sampah yang terbuang sembarangan, lalu tertiup masuk ke drainase karena terlambat diambil dan ditaruh di tempat sampah.

  • Pelegalan kantong plastik

Berjalanlah ke pasar rakyat dan temukanlah pesta kantong plastik beredar secara legal di sana. Setiap pembeli yang datang dengan tangan kosong akan diberi satu kantong plastik setiap item belanjaannya. Jadi, setiba di rumah akan ada puluhan kantong plastik yang akan jadi sampah.

KLIK INI:  Ajaib! Koran Ini Bisa Jadi Tanaman di Jepang

Ini menyedihkan, karena pemakaian kantong plastik kadang sudah dilihat sebagai sesuatu yang harus ada. Faktanya, Indonesia sedang mengalami darurat sampah plastik yang menurut data, sebagian besar bergelayut di lautan dan mencemari biota laut.

Ide mengatasinya

Lalu, bagaimana mengatasi semakin massifnya tindakan tak terpuji perihal kebersihan lingkungan? 5 ide ini bisa dilakukan:

  • Bersikap tegas dan menegur siapa saja yang ditemukan melemparkan sampahnya dari atas kendaraan. Orang-orang tersebut memang patut dipahamkan bahwa tindakannya itu salah dan tidak etis agar tidak mengulangnya di lain waktu. Namun, untuk lebih kuat lagi, pihak pemerintah perlu memberi sanksi tegas pada oknum seperti ini agar ada efek jera.
  • Bagi Anda yang sudah paham mengenai bahaya membakar sampah plastik, selayaknya menyampaikan pesan dan informasi mengenai hal ini pada orang-orang yang masih melakukannya. Agar aksi membakar sampah tak terjadi di tempat umum, penanganan sampah yang lebih ramah lingkungan perlu dibuat semisal aktivitas daur ulang, bank sampah atau gerakan diet plastik.
  • Agar mobil pengangkut sampah tak lalai saat mengangkut sampahnya. Ada baiknya memang pemilahan sampah dari rumah dilakukan. Namun, setiap petugas kebersihan harus pula melakukannya saat menjemput sampah dari rumah warga. Pengaturan sampah yang sudah diangkut sangat penting agar lebih rapi dan terpilah.
  • Bersihkan selokan di sekitar rumah Anda setiap saat terutama sebelum musim hujan tiba. Ambil setiap sampah plastik yang berpotensi memicu banjir. Sebagai informasi, keberadaan sampah plastik pada drainase juga mengganggu kehidupan dan habitat organisme di dalamnya.
  • Agar kantong plastik tidak beredar massif dan berakhir sebagai sampah yang sulit terurai, biasakan membawa tas belanja sendiri atau membawa tumbler. Namun, penguatan dalam bentuk regulasi dari pemerintah juga diperlukan agar ada pengurangan penggunaannya khususnya di pasar rakyat dan supermarket.

Itulah 5 kejadian tak terpuji perihal kebersihan lingkungan dan ide mengatasinya, semoga bermanfaat! Salam sehat!

KLIK INI:  Musim Salju Tak Selamanya Indah, Ia Juga Menyimpan Kecemasan
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!