5 Cara Mengajak Anak Peduli Lingkungan dari Rumah

Publish by -256 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
5 Cara Mengajak Anak Peduli Lingkungan dari Rumah
Ilustrasi anak membersihkan rumah- Foto/Pixabay

Klikhijau.com – Mengajak anak sejak dini agar peduli lingkungan sebaiknya dimulai dari rumah. Keteladanan orang tua akan membentuk karakter anak agar respek terhadap pentingnya bertindak yang benar dalam menjaga lingkungan.

Hal ini sangat penting mengingat generasi saat ini akan mendiami bumi di masa depan. Ketika lingkungan rusak akibat pencemaran, sampah atau deforestasi, anak-anak masa depan akan menderita karenanya.

Tidak ada jalan lain, anak-anak harus lebih baik dari generasi sebelumnya. Mereka harus tumbuh sebagai generasi baru yang memikirkan tentang pelestarian lingkungan dan bahaya yang mengancam bila ekspolitasi sumber daya dilakukan berlebihan.

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk mengajak anak-anak peduli lingkungan sejak dini dari rumah. Berikut 5 cara sederhana yang bisa dilakukan.

KLIK INI:  Benda-Benda yang Dapat Menyimpan COVID-19 dan Durasinya Bertahan!
#Hadirkan suasana alami di rumah

Suasana rumah yang alami jauh lebih penting dari sekadar menata rumah dengan barang-barang antik yang mahal. Nuansa alami dalam rumah justru bisa dibangun dengan harga murah namun memberi manfaat luar biasa bagi penghuninya.

Nuansa alami di rumah sangat bermanfaat untuk mengedukasi anak-anak tentang kecintaan lingkungan. Dengan nuansa hijau dan alami, anak-anak dapat merasakan langsung betapa lingkungan sangat berarti dan itulah alasan kuat menjaganya.

Nuansa alami dapat dilakukan dengan membuat taman di halaman rumah atau merawat tanaman hias. Tanaman yang bervariasi juga dapat dijadikan objek pembelajaran pada anak. Ajak anak-anak mengetahui nama-nama tumbuhan dan manfaat di baliknya.

#Mengajak anak memilah sampah

Mengajak anak memilah sampah dari rumah adalah cara terbaik mengedukasi anak tentang pentingnya mengelola sampah. Dengan begitu, anak-anak dapat memahami jenis sampah sejak dini sekaligus terbiasa memilah sampah.

KLIK INI:  Tips Sederhana Membeli Tempat Sampah untuk di Rumah

Biar sedikit fun, sampah tertentu dapat dikreasi menjadi benda-benda berharga seperti mainan anak atau kreasi daur ulang bunga plastik. Aktivitas daur ulang juga memberi pesan pada anak bahwa tak semua jenis sampah harus dibuang ke tempat pembuangan.

Aktivitas memilah sampah bisa dilakukan secara bersama-sama, bahkan bisa dijadikan momen quality time bersama keluarga.

#Mengajak anak menggambar keindahan alam

Menggambar adalah aktivitas yang paling disenangi anak-anak. Momen baik ini juga dapat dilakukan bersama-sama. Ajak mereka menggambar keindahan alam seperti hutan, sungai atau satwa tertentu.

Beri penilaian pada karya mereka yang diselingi dengan pesan-pesan lingkungan. Akan lebih baik lagi bila anak-anak diajak bicara tentang pesan di balik gambarnya.

KLIK INI:  Banyak Berinteraksi dengan Alam, Resep Terbaik Agar Tetap Waras
#Menonton film bertema lingkungan

Untuk momen quality time di rumah juga bisa dimanfaatkan untuk menonton film bersama dengan anak-anak. Tak ada salahnya memilih film-film anak yang bertema lingkungan. Film lingkungan akan sangat baik untuk mengedukasi anak.

Siapkan waktu berbincang bersama setelahnya untuk membahas secara ringan tentang film yang baru dilihatnya. Minta mereka memberi testimoni singkat atau pesan penting yang didapatnya dari film tersebut, sebelum Anda menjelaskan kepada mereka tentang pesan lingkungan dalam film yang dinonton.

#Terapkan budaya bersih rumah

Kebersihan rumah harus dijaga dan yang terbaik adalah melibatkan semua anggota keluarga dalam aksi bersih. Beri peran pada anak-anak Anda untuk mulai terlibat membersihkan sendiri mainannya, tempat tidur atau kamarnya.

Sebelum mengajak mereka, ada baiknya Anda melakukannya secara rutin. Tunjukkan pada anak-anak bahwa membersihkan rumah sangat penting dan tanggungjawab bersama. Kedisiplinan Anda akan dilihat dan ditiru oleh anak-anak.

Itulah 5 cara sederhana yang bisa ditumbuhkan untuk mengajak anak kita peduli lingkungan sejak di rumah. Semua dimulai dari rumah dengan keteladanan dan sikap tulis. Ayo memulai!

KLIK INI:  Ingin Berperan Ciptakan Bumi yang Lebih Hijau? Simak Tips Mencuci Pakaian Berikut!
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!