Berkunjung ke PT Mitra Pengelola Limbah, Dirjen PSLB3 KLHK: Ini Bagus Sekali!

oleh -357 kali dilihat
Berkunjung ke PT Mitra Pengelola Limbah, Dirjen PSLB3 KLHK Ini Bagus Sekali!
Dirjen PSLB3 KLHK, Rosa Vivien Ratnawati didampingi Tenaga Ahli Menteri LHK, Dr Ilyas Asaad dan Direktur PT MPL Riory Rivandy saat melihat aktivitas press kardus di Makassar - Foto/Ist

Klikhijau.com – Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (PSLB3) KLHK, Rosa Vivien Ratnawati berkunjung ke gudang daur ulang limbah kardus PT Mitra Pengelola Limbah (MPL) di kawasan Pergudangan Mitra Makassar, Senin (24/5/2021).

Rosa Vivien mengapresiasi progres PT MPL yang sejauh ini telah berkontribusi dalam pengurangan dan daur ulang limbah kardus khususnya di Indonesia Timur.

“Saya sangat senang sekali karena perusahaan ini sangat membantu dalam pengurangan sampah. Dan bagaimana sampah itu dapat menjadi bahan baku ekonomi. Karena selama ini sampah yang terpilah dan kemudian menjadi bahan baku daur ulang, sekitar 50 persennya masih impor,” kata Vivien.

Vivien mengatakan, perusahaan ini (PT MPL) sangat membantu pemerintah dalam menangani besaran timbulan sampah khususnya sampah kardus agar tak terbuang ke TPA.

“Perusahaan ini bagus sekali. Dia kemudian bisa mengambil sampah kardus dari bank sampah, dari pelapak dan dari masyarakat. Lalu, kemudian dikumpulkan, dipilah dan dibawa ke perusahaan-perusahaan daur ulang yang akan mengelola lebih lanjut,” tambahnya.

KLIK INI:  Manfaatkan Potensi Limbah Kardus, PT MPL Beroperasi

Menurut Vivien, progres PT MPL sangat membantu pemerintah dalam mencapai target pengurangan sampah yakni 70 persen penanganan dan 30 persen pengurangan sampah di tahun 2025.

Direktur PT MPL, Riory Rivandy mengatakan pihaknya terus bergerak dalam menangani sampah kardus, plastik bekas dan besi tua sebagai bagian dari upaya mengatasi masalah persampahan tanah air.

“Sejak didirikan pada 2017 lalu, kami telah  berjejaring dengan sejumlah pelapak dan bank sampah khususnya di Sulawesi. Kami juga sudah memiliki fasilitas berupa mesin press kardus serta mobil penjemputan,” jelasnya.

Menariknya, PT MPL melibatkan tenaga kerja dari perempuan, remaja putus sekolah, IRT dan kaum disabilitas. Perusahaan ini telah terkoneksi dengan 50 titik pengumpul di wilayah Sulsel, Sulteng dan Sultra. Adapun kardus yang telah dipress selanjutnya dikirim ke Surabaya.

Dalam kunjungannya, Dirjen PSLB3 bersama rombongan melihat langsung proses pemilahan dan press sampah kardus. Vivien juga sempat berdialog dengan manajemen dan karyawan PT MPL dalam upaya memastikan bahwa bahan baku yang dikelola tetap berjalan selama pandemi Covid-19.

Tentang PT MPL

PT Mitra Pengelola Limbah (MPL) merupakan anak perusahaan dari PT Mitra Hijau Asia (MHA), sebuah perusahaan pengelola limbah B3 terbesar di Indonesia.

Sejak berdiri, perusahaan ini terus memperluas jaringannya dengan melibatkan pengepul dan bank sampah. Saat ini, PT MPL telah dilengkapi mesin press type M100 dengan kapasitas lebih kurang 200 kg/bal dan mesin type big press kapasitas 700 kg/bal.

KLIK INI:  30 Orang dari Negara Asal Sha Rukh Khan Serbu Kantor KLHK