Spiderman Melawan Sampah di Kota Kelahiran BJ Habibie

oleh -648 kali dilihat
Spiderman Melawan Sampah di Kota Kelahiran BJ Habibie
Spiderman asal Pare-pare beraksi memungut sampah/foto-Ichsan Anshar
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Rudi Hartono, nama yang cukup asing ditelinga. Jika saja bukan karena aksi uniknya “melawan sampah”, ia pasti tak akan jadi bahan berita.

Aksi uniknya tak terbilang norak atau asal-asalan. Aksinya patut diacungi jempol dan tentu patut diteladani.

Ketika Rudi melihat saluran air dan tumpukan sampah di sungai. Ia tak banyak “bacot” apalagi mengkritik. Ia melakukan aksi membersihkan seorang diri.

Dan yang unik dari aksinya itu adalah Rudi mengenakan kostum superhero Spiderman.

KLIK INI:  Keren, Nelayan di Pelabuhan Sunda Kelapa Kompak Bersihkan Koran Bekas

Siapa sebenarnya si Rudi itu. Rudi adalah pria asal Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ia mengenakan kostum Spiderman melakukan aksi aksi heroiknya melawan lawan yang cukup tangguh, yakni sampah.

Ia rela masuk ke dalam saluran drainase hingga kolong jembatan bawah sungai untuk menaklukkan sampah. Lawan yang cukup tangguh dan rumit dihadapi dan musnahkan.

“Ini bukan aksi pertama. Sebenarnya sudah kesekian kalinya seperti ini,” kata Rudi santai, Jumat, 3 Januari 2020.

Rudi melawan sampah seorang diri karena merasa tergerak. Sebab beberapa hari terakhir ini hujan deras menerjang Pare-pare dan sekitarnya.

Jika saja hanya hujan, Rudi mungkin tak akan turun tangan, hanya saja hujan bukan hanya membawa air, tapi sampah. Apalagi air hujan telah dihadang sampah di saluran air dan sungai.

Spiderman asal Pare-pare itu tak ingin gara-gara sampah yang menumpuk, banjir menerjang daerahnya.

KLIK INI:  Apa Itu Folu Net Sink 2030?

“Saya merasa terpanggil, karena selama ini melihat medsos itu hanya saling kutuk dan menyalahkan. Padahal kalau kita turun membersihkan sampah bersama-sama, pasti masalah banjir tidak sampai terjadi,” ujarnya

Rudi berharap, aksinya turun langsung membersihkan sampah dengan kostum Spiderman bisa menjadi pemicu warga, khususnya di Kota Parepare untuk bekerja sama, membersihkan daerahnya.

Dengan bergotong royong akan lebih nyata hasilnya nanti. Lebih baik daripada saling hujat,” katanya.

Aksi unik Rudi Hartono tersebut sontak membuat warga penasaran ingin tahu, semoga rasa penasaran itu melahirkan rasa peduli untuk turu bersama Rudi membersihkan Kota Pare-pare dari kepungan sampah.

KLIK INI:  Lantaran Senggol Isu PLTA Batang Toru dan Orangutan Tapanuli, Diskusi Diintimidasi?