Praktis Dibuat, Teh Madu Serei Menyegarkan Diseduh Pagi Hari

oleh -33 kali dilihat
Praktis Dibuat, Teh Madu Serei Menyegarkan di Seduh di Pagi Hari
Teh serei, praktis dibuat sebagai minuman awal pagi yang sehat - Foto/Ist

Klikhijau.com – Minum teh hangat pagi-pagi sudah jadi tradisi orang Indonesia. Selain menyegarkan, kebiasaan nge-teh juga menjadi pelengkap sarapan pagi.

Nah, biar teh yang diminum punya manfaat lebih besar lagi, tak ada salahnya menambahkannya dengan rempah andalan seperti serei, jahe atau daun jeruk.

Dengan tambahan bahan alami, teh yang diseduh tentu punya nilai plus untuk kebugaran bahkan dapat menaikkan imunitas tubuh. Uniknya, walau dicampur bahan lain, aroma dan rasa teh tetap terjaga.

Sahabat Hijau, minum teh madu plus madu sepertinya bisa jadi pilihan di pagi hari. Untuk membuatnya pun ternyata tidak serumit minuman lain. Bahkan, bisa diramu dalam waktu kurang dari 10 menit.

Mari kita simak resep praktisnya berikut ini:

KLIK INI:  Jalangkote Penganan yang Terus Survive di Tengah Gempuran Modernitas
Cara meracik teh madu serei
teh serei
Masak serei yang telah dicuci bersih agar kandungannya meresap ke dalam air – Foto/Ist

Meracik minuman satu ini sepertinya bisa dilakukan segala umur. Langkah pertama yang dilakukan adalah menyiapkan bahan inti yakni serei. Kamu bisa menambahkan bahan lain bila tersedia seperti madu dan daun jeruk muda.

Potong batang serei seukuran 15-20 cm. Kupas sebagian kulit luarnya yang tebal hingga muncul bagian kulit yang putih atau bagian inti dari serei.

Bersihkan terlebih dahulu serei dan bahan lainnya pada air yang mengalir. Geprek batang serei, tetapi tidak membuatnya remuk berlebihan.

Masak air secukupnya sesuai kebutuhan hingga mendidih. Lalu, siapkan teh celup dalam gelas yang telah ditambahkan madu secukupnya.

Langkah berikutnya adalah geprek serei dan masukkan ke dalam air yang dimasak. Biarkan airnya mendidih agar kandungan dan aroma serei dapat meresap ke dalam air.

Angkat terlebih dahulu batang serei lalu masukkan ke dalam gelas berisi teh. Kemudian tirikan air mendidih ke dalam gelas.

KLIK INI:  Jangan Dibuang, Ini Manfaat Tulang Ikan bagi Kesehatan!

Aduk teh dan madu dengan menggunakan batang serei yang ada agar bisa bercampur maksimal. Biarkan beberapa saat dan minum saat mulai hangat.

Nah, bila Sahabat hijau menambahkannya dengan jahe, caranya tidaklah jauh berbeda. Potong kecil-kecil jahe segar yang telah dicuci bersih, lalu masak dengan air berisi potongan serei. Lalu, tirisikan ke dalam teh berisi madu, kemudian aduk rata.

Bagaimana bila hanya tersedia serei dan teh saja? Tak perlu repot, kamu juga bisa menikmati teh serei dengan dua bahan ini saja. Ganti madu dengan bahan pemanis lain, namun sesuaikan dengan takaran minimum agar tak terlampau tinggi kandungan gulanya.

Sahabat Hijau, dari racikan sederhana ini juga menginspirasi kita untuk menanam serei. Perlu dipahami bahwa serei merupakan tanaman paling mudah ditanam karena tidak perlu dipupuk bahkan dengan tanpa disiram secara intensif.

Serei bisa ditanam dalam pot bila halaman rumah kamu tidak tersedia. Memanen serei segar tentu lebih bagus agar manfaat tanaman herbal ini bisa didapatkan. Simak pula manfaat dan kandungan serei di Sini!

Semoga bermanfaat, selamat mencoba racikan ini, salam sehat bahagia!

KLIK INI:  Meresepi Manfaat Olahan Kakao dan Cokelat untuk Kesehatan