Pantas Sereh Jadi Bumbu Idola, Begini Manfaat Istimewanya!

Publish by -51 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
Pantas Sereh Jadi Bumbu Idola, Begini Manfaat Istimewanya!
Sereh atau serei/foto-klikhijau

Ia tampak gemulai, namun tangguh, baunya khas

Klikhijau.com – Sereh atau serei adalah tumbuhan yang sangat familiar bagi siapa pun. Bumbu dapur tak lengkap tanpa sereh. Rasanya yang khas memberi pengaruh kuat bagi makanan. Sereh juga dapat direbus dan diminum sebagai minuman alami.

Dikutip Wikipedia, sereh adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai pengharum makanan. Nama ilmiahnya adalah Cymbopogon Citratus.

Selain sebagai bumbu dapur, sereh juga dapat diolah untuk menghasilkan minyak atsiri. Minyak ini diperoleh dengan jalan menyuling bagian atas tumbuhan tersebut.

Minyak serai dapat digunakan sebagai pengusir (repelen) nyamuk, baik berupa tanaman ataupun berupa minyaknya. Kandungan serai antara lain adalah sitronela, yang tidak disukai oleh nyamuk. Maka dari itu, serai dapat dibuat menjadi obat nyamuk dan serangga lainnya.

KLIK INI:  Mengagetkan, Lidah Mertua Ampuh Atasi Polusi Udara

Dikutip dari Hellosehat.com, berikut kandungan dan manfaat istimewa sereh yang membuatnya layak jadi bumbu idola.

Apa saja kandungan gizi dan manfaat serai untuk tubuh?

Serai memiliki sumber-sumber vitamin dan gizi seperti vitamin A dan C, asam folat, magnesium, zat besi, kalium, fosfor, dan kalsium. Tidak hanya vitamin dan energi saja, serai juga memiliki sifat antibakterial yang menguntungkan, antara lain analgesik, anti-inflamasi, antidepresan, antipiretik, antiseptik, antibakteri, antijamur, zat karminatif, diuretik, dan insektisida. Daun, batang dan umbi serai semua bagian dari tumbuhannya bisa digunakan menjadi khasiat kesehatan tubuh seperti contoh di bawah ini:

  • Menangkal penyakit

Aktivitas antioksidan yang terdapat pada ramuan serai dapat melindungi terhadap antibiotik membantu dalam menjaga kadar kolesterol tetap seimbang serta meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumi teh atau minuman mengandung serai juga efektif dalam mengobati diabetes tipe 2, kanker, dan obesitas.

KLIK INI:  Daun Sirsak, Obat Murah dan Efektif Atasi Berbagai Jenis Penyakit
  • Sebagai aromaterapi pengusir nyamuk

Serai juga juga diketahui dan dimanfaatkan sebagai aromaterapi oleh bangsa India dan Timur Tengah. Di Indonesia sendiri batang serai ditumbuk dan didiamkan beberapa saat setelah tidur, untuk membantu mengusir nyamuk yang menyebabkan gatal dan demam berdarah.

  • Mencegah naiknya kolesterol

Daun dan akar serai memiliki sifat anti-hiperlipidemia dan sifat anti-hiperkolesterolemia yang membantu menghasilkan kadar kolesterol yang sehat. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi rutin teh serai, telah menunjukkan hasil yang signifikan dalam mempertahankan tingkat trigliserida dan mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

  • Detoksifikasi

Manfaat serai lainnya adalah dapat membantu membersihkan zat-zat beracun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Detoksifikasi dengan tanaman serai membantu membantu melancarkan fungsi berbagai organ tubuh, termasuk fungsi hati dan ginjal. Mengonsumsi teh serai juga dapat berkhasiat melancarkan buang air kecil.

KLIK INI:  Punya Tanaman Kecubung di Sekitar Rumah Anda? Ini Bahaya dan Manfaatnya
  • Mengobati insomnia

Serai didapuk berkhasiat membantu untuk menenangkan otot-otot dan saraf yang membantu Anda lebih nyenyak saat tidur. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh serai memiliki obat penenang dan zat hipnotis yang bisa membantu dalam meningkatkan waktu dan kualitas tidur.

  • Mengobati infeksi dan penyakit kulit

Sereh dapat bekerja sebagai antiseptik dan efektif dalam mengobati infeksi kulit seperti kurap, luka, kudis, dan infeksi saluran kencing karena mengandung sifat anti-mikrobanya yang mampu membasmi jamur pada tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak serai menimbulkan efek baik pada infeksi kulit. Jamur patogen pada kulit akan lenyap jika Anda rajin mengoleskan ekstrak serai pada kulit yang bermasalah.

***

Sereh juga dipercaya dapat mencegah keputihan, meredakan rasa sakit, bengkak, demam, batuk, sakit perut, dan sakit kepala. Meski demikian, manfaat sereh untuk kesehatan masih perlu untuk terus diteliti lebih lanjut.

Dikutip dari alodokter.com, berikut aturan konsumsi sereh yang perlu diperhatikan.

KLIK INI:  Cabai Jawa, Tanaman Obat Asli Indonesia yang Kaya Manfaat
Aturan Konsumsi Sereh yang Harus Diperhatikan

Tidak ada aturan pasti penggunaan atau konsumsi sereh untuk kesehatan. Namun, disarankan untuk mengonsumsi satu cangkir teh sereh saja setiap hari, atau tanyakan kepada dokter mengenai takaran yang disarankan. Jika dikonsumsi secara berlebihan, sereh dapat menimbulkan efek samping berupa pusing, mulut kering, kelelahan, hingga kelaparan.

Apabila Anda menggunakan minyak sereh sebagai minyak oles, jangan oleskan secara langsung ke kulit. Tetapi encerkan terlebih dahulu dengan minyak pembawa untuk meminimalkan terjadinya iritasi kulit. Jangan pula menghirup minyak sereh secara langsung tapi teteskan pada kain ataupun pada diffusersebagai aromaterapi.

Meski manfaat sereh untuk kesehatan beragam, Anda harus tetap hati-hati dalam memanfaatkannya. Pada kondisi tertentu seperti sedang hamil dan menyusui, hindari konsumsi sereh atau penggunaan sereh untuk sementara waktu. Demi keamanan, tanyakan kepada dokter terlebih dahulu terkait penggunaannya.

Mari menanamnya agar berkesempatan memanennya di saat yang tepat!

KLIK INI:  Menurut Genetika, Begini Alasan Satwa Langka Rentan Punah
Editor: Ian Konjo
Sumber: Beberapa sumber

KLIK Pilihan!