Mengenal Kecombrang dan Rusa Timor, Dua Ikon Hari Cinta Puspa dan Satwa 2020

oleh -299 kali dilihat
Merayakan Hari Kehidupan Liar Sedunia dengan Merawat Ekosistem Hutan
BBKSDA Sulsel dan PT Pertamina Serahkan Indukan Rusa ke Penangkar di Takalar beberapa bulan lalu - Foto/Ist

Klikhijau.com – Kecombrang (Etlingera elatior) dan Rusa Timor (Cervus timurensis) ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun ini sebagai ikon Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang diperingati setiap  tanggal 5 November.

Pemilihan tumbuhan dan satwa ini bukan tanpa alasan. Dikutip AntaraNews, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, amengatakan, pilihan keduanya didasarkan pada sebuah harapan masa depan tentang ketahanan pangan dan kesehatan.

Alue Dohong berharap, masyarakat semakin menyadari pentingnya menjaga kelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia sebagai aset bangsa dan menjadi faktor penting dalam akses dan ketahanan pangan.

Kecombrang mewakili tanaman yang kaya manfaat sedangkan Rusa Timor mewakili spesies endemik yang sudah mulai langka. Berikut perkenalan singkat mengenai Kecombrang dan Rusa Timor, ikon di hari cinta puspa dan satwa 2020:

KLIK INI:  Kisah 9 Ekor Rusa Timor Berlarian ke Gunung Tunak di Penghujung Tahun
Kecombrang

Kecombrang (Etlingera elatior), sebuah nama yang mungkin tak familiar di telinga. Tapi, begitu melihat gambarnya, pastikan Anda mengenalnya. Kecombrang, kantan, atau honje adalah sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan tahunan berbentuk terna yang bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran.

Di daerah, tumbuhan ini punya nama lainnya antara lain Kincung (Medan), Bunga Rias (Tapanuli Utara), Asam Cekala (Tanah Karo), Kumbang Sekala (Lampung), Sambuang (Minangkabau) serta Siantan (Malaya).

Orang  Thai menyebutnya daalaa. Di Bali disebut kecicang sedangkan batang mudanya disebut bongkot dan keduanya bisa dipakai sambal (sambel matah).

  • Manfaat kecombrang

Berikut 10 manfaat kecombrang:

  • Mengatasi bau badan. Khasiat kecombrang yang terdapat di bagian batangnya dapat dijadikan sebagai sabun, yang dapat menghasilkan busa dan bau yang wangi. Dengan begitu kecombrang dapat digunakan untuk mengurangi serta mengatasi bau badan yang Anda alami.
  • Melancarkan ASI. Manfaat kecombrang untuk wanita menyusui yaitu dapat digunakan untuk melancarkan produksi ASI (Air Susu Ibu). Anda dapat mengkonsumsi bunga kecombrang baik diolah sebagai rempah atau menjadi lalapan yang bermanfaat untuk memperlancar dan meningkatkan produksi ASI.
KLIK INI:  Banjir di Sulsel, Sinyal Kuat Krisis Iklim yang Sungguh Nyata?
  • Mengatasi beragam masalah kulit. Tanaman ini dapat digunakan untuk mengatasi beragam masalah pada kulit seperti penyakit campak, cacar, dan beberapa jenis penyakit kulit lainnya yang disebabkan karena kekurangan vitamin, virus, maupun dikarenakan bakteri.
  • Memperkuat tulang dan gigi. Bunga kecombrang mengandung berbagai mineral yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kandungan kalsium dan mineral yang terkandung di dalamnya juga dapat digunakan untuk menguatkan gigi dan membentuk gigi yang kuat dan sehat.
  • Mencegah dehidrasi. Salah satu cara untuk mempertahankan cairan tubuh yaitu dengan cara mengkonsumsi bunga kecombrang. Hal ini dikarenakan bunga kecombrang mengandung air dan mineral yang cukup tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan akan cairan tubuh dan menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas yang dilakukan atau karena cuaca yang panas.
  • Meningkatkan fungsi otak. Otak merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Oleh karena itu otak harus selalu dijaga nutrisinya agar pasokan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak tersuplai dengan baik. Dengan mendapat nutrisi yang terpenuhi, maka fungsi otak dapat meningkat.
  • Mengobati luka. Kecombrang dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi luka, selain menggunakan obat-obatan kimiawi. Hal ini dikarenakan kecombrang memiliki sifat anti mikroba yang dapat membantu mencegah terjadinya infeksi pada yang bagian yang terluka.
KLIK INI:  7 Filosofi Daun Hijau yang Membuat Hidup Anda Semakin Bermakna
  • Cocok sebagai menu diet. Kecombrang memiliki kandungan lemak yang sangat rendah, yaitu sekitar 1mg per 1 ons. Dengan begitu dapat dipastikan bahwa sayuran kecombrang ini tidak akan membuat Anda mengalami kegemukan. Sehingga, combrang ini sangat ideal untuk dikonsumsi sebagai menu diet Anda.
  • Menetralkan ssam lambung. Jika Anda memiliki masalah pada lambung, terutama asam lambung berlebih, Anda dapat segera mengkonsumsi kecombrang atau yang disebut dengan bunga honje ini untuk mengatasinya. Hal ini dikarenakan kecombrang mengandung suatu senyawa yang berperan secara efektif untuk mengatasinya.
  • Membersihkan darah. Manfaat kecombrang yang pertama adalah kemampuannya yang dapat membersihkan darah. Hal ini dikarenakan kecombrang mengandung suatu senyawa yang dapat membantu menyehatkan tubuh dengan cara membersihkan darah. Sehingga aliran darah akan menjadi lebih lancar sehingga tidak ada organ tubuh yang terganggu akibat darah yang kurang bersih.
  • Rusa Timor

Rusa Timor bahkan diklaim sebagai rusa otentik Indonesia yakni berasal dari Jawa dan Bali. Sayangnya, populasi Rusa Timor di Indonesia semakin mencemaskan. Berikut 5 fakta menarik tentang rusa timor yang menarik diketahui.

KLIK INI:  BBKSDA Sulsel Serahkan Rusa Timor ke Penangkar di Takalar
  • Populasinya menurun

Data dari International Union for Conservation of Nature (IUCN), sejak tahun 2008 populasi rusa timor termasuk rentan (vulnarable).

Sebelumnya, yakni tahun 1996 rusa timor berstatus risiko rendah (low risk). Perubahan status ini disebabkan oleh populasi asli rusa timor di daerah penyebaran aslinya diperkirakan kurang dari 10.000 individu dewasa.

Perkiraan penurunan sekurangnya 10 persen selama tiga generasi sebagai akibat hilangnya habitat dan perburuan (IUCN, 2015).

  • Ikon di 4 Taman Nasional

Sebagai hewan yang otentik Indonesia, rusa timor memang layak dijadikan ikon. Faktanya, terdapat 4 Taman Nasional (TN) di Indonesia yang menjadikan rusa timor sebagai ikon dalam logo organisasinya, antara lain: TN Gunung Rinjani, TN Gunung Tambora, TN Alas Purwo, TN Rawa Aopa.

Ikon rusa timor bahkan jadi ikon dua UPT KSDA antara lain BBKSDA NTT dan BKSDA NTB. Jadi Ikon Provinsi NTB Rusa jadi ikon provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Walau begitu, kota di Indonesia yang dikenal sebagai kota rusa justru Merauke, Papua. Di Merauke, rusa bahkan sudah jadi hama yang diburuh warga karena populasinya yang cukup banyak.

KLIK INI:  Apakah di TPS Anda Ada Tempat Sampah?
  • Sex rasio tidak seimbang

Rusa tergolong unik dalam hal sex rasio populasinya yang tidak seimbang. Kelahiran jantan lebih banyak ketimbang betina. Hal ini membuat banyak penangkar melakukan pendekatan khusus agar peluang kelahiran rusa betina dapat terjadi lebih banyak.

  • Sangat memperhatikan kebersihan

Rusa tergolong hewan yang tidak menyukai kotoran. Tidak heran bila makanannya kebetula sudah terkontaminasi kotorannya sendiri, rusa cenderung menolaknya.

  • Tidak menyukai wewangian

Umumnya rusa menolak wawangian. Itulah sebabnya, penjaga di penangkaran rusa dilarang memakai wewangian karena akan membuat rusa semakin liar dan menjauh.

Lebih berkembang pesat di luar negeri Walau merupakan hewan khas Indonesia, faktanya rusa timor saat ini banyak berkembang biak di luar negeri. Negara-negara yang massif mengembangkannya antara lain Malaysia, Mauritus hingga di Selandia Baru.

Itulah fakta menarik soal dua ikon hari cinta puspa dan satwa 2020, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  11 Juli Diperingati sebagai Hari Populasi Sedunia, Begini Sejarahnya!