14 Manfaat Daun Pandan, Selain Aroma Khasnya yang Wangi

oleh -9,773 kali dilihat
14 Manfaat Daun Pandan, Selain Aroma Khasnya yang Wangi
Daun pandan-Foto/Eko Budiarto
Anis Kurniawan

Klikhijau.com – Manfaat Daun pandan wangi atau biasa juga disebut pandan wangi (Pandanus amaryllifolius) memang tidak bisa disepelekan. Pantas saja banyak yang membudidayakannya di halaman rumah.

Lebih dikenal sebagai pelengkap bumbu masakan terutama kue karena aromanya yang wangi. Tanaman dari family Pandanaceae ini memang tumbuh subur di Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya.

Daun pandan yang berakar tunggang termasuk tanaman yang mudah tumbuh, terutama di tempat-tempat yang lembap. Sahabat hijau, selain aromanya yang wangi manfaat daun pandan sangatlah penting.

KLIK INI:  Kaya Manfaat, Kacang Mete Bagus Dijadikan Camilan di Pagi Hari

Berikut 14 manfaat daun pandan wangi

  • Pewangi nasi

Orang-orang di kampung menggunakan daun pandan sebagai pewangi alami saat masak nasi. Selain alami dan segar, aroma daun pandang melekat pada nasi sehingga rasanya lebih renyah dan dapat menambah nafsu makan.

Bagaimana caranya? Ambil daun pandan mudah sekitar 4 atau 5 helai lalu taruh di bagian atas nasi yang hampir matang. Lalu tutup rapat agar aromanya menyatu. Setelah matang, singkirkan daun pandang tersebut dan nikmatilah nasi segar beraroma pandan.

  • Membantu detoksifikasi

Radikal bebas dalam tubuh semakin sulit terhindarkan terutama Anda yang yang tinggal di perkotaan. Untuk diketahui, rebusan air daun pandan dapat dikonsumsi sebagai bahan alami detoksifikasi agar tubuh dan hati tetap stabil.

  • Pengusir Serangga

Aroma daun pandan ternyata tidak disukai serangga. Pengemudi taksi di singapura dan malaysia bahkan menggantung tanaman ini di mobilnya guna mencegah serangga. Daun pandan ternyata mengandung beberapa bahan alami pembasmi serangga.

KLIK INI:  Ternyata Makanan Ini Masih Bisa Dikonsumsi Meski Telah Kadaluwarsa
  • Mengatasi imsomnia

Daun pandang mengandung alkaloid yang dapat memicu sensasi rileks pada tubuh. Dengan konsumsi rebusan air daun pandan plus madu saat malam tiba Anda dapat tidur lebih nyenyak. Bahan alami ini tentu baik bagi penderita imsomnia akut.

  • Sebagai bumbu

Di balik aromanya yang memang menggoda selera makan, daun pandan memiliki rasa manis. Tidak salah bila banyak dimanfaatkan sebagai bahan dalam makanan atau minuman, seperti membuat puding.

Daun pandan juga sering dimanfaatkan bersama serai, santan, gula dan ketan. Selain itu, warnanya yang hijau daun murni juga dimanfaatkan sebagai pewarna alami masakan khususnya kue.

  • Menambah nafsu makan

Bila Anda kehilangan selera makan karena sesuatu hal, daun pandang bisa dipakai sebagai penangkanya. Bagaimana caranya? Rebus sekitar 10 gram daun pandan dengan 3 gelas air hingga tersisa satu  gelas. Konsumsi di pagi dan sore hari untuk meningkatkan nafsu makan Anda yang menurun.

KLIK INI:  Kenapa Banyak Orang Minum Kopi di Pagi Hari? Ternyata Begini Sejarahnya
  • Bahan kosmetik

Daun pandan dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai masalah kulit. Aromanya yang manis dan kuat membuatnya banyak dijadikan sebagai bahan kosmetik atau parfum pewangi lainnya.

  • Terapi sakit kanker

Daun pandan mengandung efek antimiotic, antiproliferative, dan apoptotic yang dapat dijadikan bahan terapi kanker. Konsumsi teh pandan 2 kali sehari dapat menghambat pertumbuhan sel-sel penyebab kanker.

  • Pembungkus alami makanan

Di sejumlah restoran di Indonesia kerap menggunakan daun pandan sebagai pembungkus alami makanan. Aromanya yang khas akan meresap dalam makanan sehingga memberi nuansa alami.

Bahkan, para koki di beberapa negara Asia membungkus pandan dengan daging sapi, ikan, ayam dan nasi ketan untuk pewangi dan pelindung baunya saat mengukus makanan atau memanggang.

KLIK INI:  Rebung, Bahan Makanan Potensial yang Belum Dilirik
  • Atasi rematik

Daun pandan dapat membantu mengatasi rematik. Anda dapat mencobanya dengan memotong tiga lembar daun pandan lalu masukkan ke dalam rebusan minyak kelapa. Setelah dingin, oleskan pada bagian sendi  yang mengalami rematik.

  • Pengharum Ruangan

Daun pandan juga dapat digunakan sebagai penyegar udara? Caranya mengolahnya begitu mudah cukup mengirisnya kecil-kecil kemudian meletakkannya di kamar Anda.

  • Alat Rumah Tangga

Manfaat daun pandan tidak hanya untuk bahan makanan. Ketika daun pandan telah kering, sangat sulit dan tidak fleksibel. Di masa lalu, rumah jemari menggunakan daun pandan kering untuk atap rumah mereka.

Daun pandan dapat diolah juga menjadi tikar, pakaian dan keranjang. Menurut beberapa sumber wanita yang ada di kepulauan pasifik menenun daun pandan untuk dijadikan rok.

KLIK INI:  Bubur Khas Sulawesi, Apa Beda Barobbo dan Tinutuan?
  • Menurunkan tekanan darah

Dengan rebusan 10 gram daun pandan dengan dua gelas air dapat menjadi alternative menurunkan tekanan darah tinggi. Saat rebusan tersisa satu gelas, silakan dikonsumsi. Cara ini dapat menormalkan tekanan darah bagi Anda yang mengalami hipertensi.

  • Mengusir ketombe

Ketombe jadi penghalang banyak aktivitas yang juga dapat mengurangi rasa percaya diri. Jika telah melakukan banyak tips mengusir ketombe tapi belum juga beranjak, cobalah dengan daun pandan.

Caranya dengan menghancurkan 10 lembar daun pandan  segar dan campurkan dengan 100 ml air bersih. Oleskan pada kulit kepala lalu diamkan selama 30 menit lalu bilas sampai bersih. Usahakan melakukannya dengan rutin untuk manfaat terbaik dan ketombe segera menghilang.

Itulah manfaat daun pandan yang membuatnya layak ditanam di sekitar rumah. Selamat menyeduh kebaikan dari tanaman ini!

KLIK INI:  Tentang Barongko, Warisan Budaya Tak Benda yang Berbalut Daun Pisang